Ingin Tinggal di Kanada? Ini Syarat dan Biaya Hidup di Kanada

tips tinggal di luar negeri Mar 2, 2022

Kanada dikenal sebagai negara dengan keragaman etnisnya. Kanada juga menjadi salah satu negara di dunia yang banyak dijadikan tujuan untuk menimba ilmu atau bahkan membangun karir. Bagi kamu yang berkesempatan untuk tinggal di Kanada, kamu perlu tahu apa saja syarat dan biaya hidup di Kanada mulai dari biaya akomodasi, transportasi, makanan, hingga biaya kesehatan dan kebugaran. Untuk tahu rinciannya, yuk simak rincian biayanya berikut ini.

Rincian Biaya Hidup di Kanada

Tempat Tinggal

Khusus biaya akomodasi untuk tempat tinggal, kamu bisa menyesuaikan antara lokasi tempat tinggal dengan budget yang kamu miliki. Kamu perlu mengeluarkan biaya sekitar 8.000-10.000 dolar Kanada per tahun untuk biaya akomodasi dalam kampus. Sedangkan untuk menyewa rumah di luar kampus, kamu perlu mengalokasikan sekitar 675-875 dolar Kanada per bulannya. Pilihan lainnya yang bisa kamu pertimbangkan adalah bertempat tinggal di homestay.

Di homestay, kamu akan tinggal bersama keluarga lokal Kanada dan mengikuti kehidupan sehari-harinya. Umumnya biaya awal yang dibutuhkan untuk menggunakan homestay adalah 600 dolar Kanada dan biaya bulanan yang dibutuhkan berkisar antara 900-1.100 dolar Kanada.

Jika kamu memiliki rencana tinggal dalam jangka panjang, kamu bisa membeli rumah dengan kisaran harga 200.000 hingga 1.000.000 dolar Kanada. Kalau kamu ingin memiliki rumah dengan harga yang relatif murah, kamu bisa membeli rumah di lokasi pedesaan.

Transportasi

Pengeluaran untuk transportasi tentu juga perlu diperhatikan dan diperhitungkan dengan matang. Sebab, transportasi juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Kamu bisa memilih jenis transportasi apa yang paling mudah dicapai dari tempat tinggalmu di Kanada. Kamu juga bisa membeli karcis transportasi bulanan.

Karcis transportasi bulanan tersebut bisa kamu gunakan untuk naik kereta tanpa batas. Untuk menggunakan TTC (Toronto Transit Commission), kamu cukup mengeluarkan 156 dolar Kanada per bulannya. Sedangkan untuk menggunakan STM (Société de transport de Montréal) kamu perlu membayar 90.50 dolar Kanada untuk membeli tiket bulanan.

Makanan

Di Kanada, kamu bisa memilih hidangan yang cukup beragam, mulai dari hidangan lokal bahkan makanan dari Timur Tengah dan Amerika Latin. Kamu juga bisa memilih jenis restoran yang sesuai budget. Bagi kamu yang ingin mencoba restoran dengan menu terlezat di kota, kamu perlu merogoh kocek sekitar 70 dolar Kanada. Jika ingin berhemat dan mencoba makanan cepat saji, kamu hanya perlu mengeluarkan budget sebesar 10 dolar Kanada.

Selain mencoba makanan yang tersedia dari restoran, kamu juga bisa memasak makanan sendiri loh! Untuk kisaran harga yang perlu kamu keluarkan bisa beragam, tergantung keperluan masakan yang kamu butuhkan. Sebagai referensi, harga roti berkisar harga 2,86 dolar Kanada, untuk 12 butir telur 3,46 dolar Kanada, sedangkan untuk 1 kilogram dada ayam tanpa tulang, kamu perlu mengeluarkan 14,07 dolar Kanada, dan untuk 1 kilogram kentang kamu perlu mengeluarkan biaya sekitar 2,69 dolar Kanada.

Biaya makan yang tak sedikit ini tentu perlu kamu alokasikan secara khusus agar kebutuhan makan harian selalu terpenuhi. Untuk mengatasinya, kamu bisa memanfaatkan uang saku yang diberikan orang tuamu di Indonesia untuk membeli bahan makanan yang dibutuhkan.

Soal transfer antar negara, kamu bisa gunakan layanan remitansi Topremit. Dengan Topremit, kamu nggak perlu waktu yang lama untuk menunggu dana sampai ke rekening tujuan. Karena mulai dari 5 menit saja, kamu langsung bisa menggunakan dana tersebut untuk berbelanja berbagai kebutuhan selama tinggal di Kanada. Tunggu apa lagi? Selalu percayakan Topremit untuk layanan transfer dana yang cepat dan aman ya!

Kesehatan & Kebugaran

Alokasi dana untuk kesehatan dan kebugaran tentunya tak boleh dilewatkan. Namun jangan khawatir, karena di Kanada kamu akan menemukan layanan kesehatan gratis. Layanan gratis ini juga berlaku khususnya bagi mahasiswa internasional di provinsi Alberta, British Columbia, Manitoba Newfoundland dan Labrador, Northwest Territories, dan Saskatchewan. Di luar provinsi ini, kamu perlu membeli asuransi kesehatan swasta sendiri.

Khusus untuk mahasiswa internasional, pertanggungan asuransi kesehatan bergantung pada masa berlaku visa belajar yang kamu miliki. Jika tanpa asuransi kesehatan, kamu perlu merogoh kocek untuk biaya konsultasi dokter sebesar 100 dolar Kanada. Sedangkan untuk biaya antibiotik dan obat flu, kamu perlu biaya masing-masing sekitar 25 dolar Kanada dan 10 dolar Kanada.

Untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh, kamu bisa menikmati layanan gym dengan mendaftarkan diri sebagai anggota. Untuk biaya keanggotaan gym kamu membutuhkan biaya sekitar 60 dolar Kanada sebulan.

Itu dia rincian biaya hidup di Kanada yang perlu kamu persiapkan sebelum pindah ke Kanada. Jangan lupa persiapkan dokumen dan persyaratan yang diperlukan untuk tinggal di Kanada. Selain itu, siapkan pula lupa dana darurat untuk berjaga-jaga saat ada kebutuhan mendesak, ya!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.