Tips Hemat Pengeluaran Mahasiswa di Luar Negeri

Aug 26, 2020

Setelah cita-cita kamu sekolah di luar negeri terkabul, sekarang kamu masih harus bertahan nih sampai akhirnya pulang membawa gelar.

Hidup sendiri di negara orang kadang gak selalu mudah loh. Apalagi, kalau kamu tinggal di negara yang serba mahal.

Walau orang tua udah kasih kamu uang saku, tapi gengsi dong kalau terus-terusan minta tambah. Nah, berikut ada tips nih buat kalian yang lagi sekolah di luar negeri tapi tetap mau hemat.

Masak Sendiri

Hal pertama yang bisa kamu lakuin adalah masak sendiri. Wow, kayanya challenging yaa. Apalagi buat kalian yang sebelumnya gak pernah ‘sentuh’ dapur. Tapi, jangan khawatir.

Di era serba digital sekarang, semuanya bisa dipelajari dari YouTube. Mulai dari yang simple aja dulu.

Cari menu mudah yang kamu suka. Apalagi kalau kamu ada roommate. Lumayan loh bisa patungan beli bahan makanan. Jadi pengeluaran kamu untuk makan bisa semakin hemat.

Walau, gak ada salahnya kok sekali-kali kamu tetep coba makan di luar. Cuma, inget ya, biasakan masak aja sendiri.

Karena uang yang dikeluarkan jauh lebih sedikit loh.

Tinggal Dekat Kampus

Nah, hal kedua yang bisa kamu coba adalah cari tempat tinggal dekat kampus. Jadi nih, kamu gak perlu ngeluarin ongkos mahal.

Sukur-sukur jarak antara tempat tinggal ke kampus bisa dijangkau jalan kaki atau sepeda. Jadi, sekali mendayung dua pulau terlewati.

Sekalian jalan ke kampus, kamu pun jadi olahraga.

Fasilitas Gratis

Tips berikutnya adalah fasilitas gratis. Nah, penting banget ini buat disimak.

Sebagai mahasiswa, kalian kadang punya fasilitas gratis yang bisa dimanfaatkan seperti perpustakaan atau taman kampus.

Jadi, kalian bisa nih menghindari kerjain tugas di coffee shop. Mending di perpustakaan aja atau taman kampus kalau kalian mau sambil cari udara segar.

Tiga tips tadi sebenernya mudah banget loh dilakuin. Kalau kalian berhasil menghemat dari ketiga tips tadi, uang saku kalian bisa ditabung atau untuk jalan-jalan ketika break kampus.  Selamat mencoba!