5 Tips Ampuh Supaya Kamu Bisa Menabung Setiap Hari

menabung Nov 10, 2021

Membiasakan diri untuk menabung adalah hal yang sangat positif untuk menghindari kemungkinan buruk yang bisa saja terjadi. Mungkin kita tidak pernah tau kapan kita harus mengeluarkan uang untuk hal-hal tak terduga, misalnya seperti biaya pengobatan rumah sakit yang sangat mahal. Atau jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti pemutusan hubungan kerja, setidaknya anda masih memiliki uang tabungan apabila anda sudah biasa menabung sejak lama. Dari hasil tabungan tersebut, anda bisa menggunakannya untuk hal-hal yang sangat darurat. Sehingga anda tidak perlu bingung kekurangan uang ketika harus membayar biaya hidup atau pengeluaran lainnya.

Pasti banyak dari anda yang memiliki keinginan menabung yang sangat tinggi, namun bingung bagaimana cara mengelola uang dengan baik. Jangan khawatir, cukup dengan 5 tips menabung di bawah ini, dipastikan anda bisa lebih mudah mengelola uang untuk ditabung. Berikut tipsnya!

Tips Agar Bisa Menabung Setiap Hari

Sisihkan Uang Ketika Mendapat Penghasilan

Ketika anda mendapat gaji dari perusahaan atau mendapat uang saku bulanan dari orang tua, sebaiknya anda langsung menyisihkan beberapa uang tersebut ke dalam tabungan. Sangat disarankan apabila anda memisahkannya ke dalam dua rekening yang berbeda, sehingga uang tabungan tersebut tidak tercampur ke dalam rekening yang berisi uang untuk pengeluaran harian anda. Cara ini sangat ampuh karena anda tidak lagi memiliki uang pengeluaran harian yang tidak banyak, sehingga anda terpaksa harus menghemat dan tidak tergiur untuk mengeluarkan uang pada hal-hal yang kurang penting.

Kurangi Pengeluaran

Bagi kamu kamu para pelajar atau karyawan yang selalu berada di luar rumah pada jam kerja, sebaiknya anda mengurangi pengeluaran yang kurang penting. Misalnya jika kamu bepergian menggunakan angkutan umum, usahakan anda menggunakan angkutan umum yang terjangkau. Selain itu, kurangi juga pengeluaran dengan tidak membeli makanan di luar. Apabila anda bisa menekan kedua pengeluaran ini, dipastikan anda tidak perlu mengeluarkan uang harian dengan jumlah yang banyak.

Menahan Diri

Banyak orang yang sangat ingin menabung namun seringkali tidak bisa menahan diri ketika ingin membeli sesuatu yang diinginkan. Hal seperti ini harus dihilangkan dari kebiasaan supaya anda bisa lebih mudah ketika ingin menabung. Apabila anda terbiasa membeli barang atau makanan mahal setiap hari, anda bisa menguranginya dengan membelinya seminggu sekali atau sebulan sekali. Membiasakan menahan diri juga sangat baik supaya anda terhindar dari perilaku konsumtif yang dapat mengakibatkan pemborosan.

Membawa Bekal Makanan Ketika Bepergian

Makanan adalah salah satu pengeluaran jumlah besar apabila anda selalu membeli makanan jadi setiap harinya. Apabila anda bisa memasak atau memiliki asisten rumah tangga yang bisa membuat bekal makanan, sebaiknya anda membawa bekal sendiri ketika bepergian. Dengan uang 50 ribu rupiah, anda hanya bisa membeli satu porsi makanan jadi. Jika anda memasak makanan sendiri, uang 50 ribu rupiah bisa membeli bahan makanan yang cukup untuk dijadikan dua porsi makanan atau lebih.

Kurangi Porsi Makanan

Banyak orang yang tidak cukup dengan satu porsi makanan, bahkan banyak dari mereka yang memerlukan dua porsi atau lebih untuk sekali makan. Selain tidak baik untuk kesehatan tubuh, kebiasaan ini juga tidak baik untuk kesehatan dompet anda. Mengkonsumsi satu porsi makanan saja sudah cukup untuk menghilangkan rasa lapar. Apabila anda sudah membiasakan hal ini, lama-lama anda akan terbiasa untuk tidak mengkonsumsi makanan secara berlebihan. Kurangi juga membeli jajanan di luar jam makan yang bisa membuat pemborosan dan tidak baik bagi kesehatan.

Nah bagi anda yang ingin menabung karena berencana mengirimkan uang kepada kerabat atau keluarga di luar negeri, Topremit bisa memberikan fasilitas untuk anda. Cukup melalui aplikasi di smartphone, anda bisa langsung mengirim uang hingga ke lebih dari 60 negara dalam hitungan menit. Pokoknya dijamin mudah, cepat, dan 100% aman. Makanya, download aplikasi Topremit sekarang juga!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.