Cek 7 Tips Jitu Mengembangkan Bisnis Impor

impor Apr 12, 2024

Bisnis impor yang kamu dirikan tidak hanya harus dipertahankan tapi juga dikembangkan agar tetap dapat memenangkan persaingan. Nah, banyak hal yang bisa dilakukan oleh para pemilik bisnis untuk menjaga kemampuan bersaing maupun mengantisipasi tren pasar, di antaranya menjelma menjadi 7 tips jitu mengembangkan bisnis impor berikut. Check it out!

Tetap Lakukan Riset!

Riset masih menjadi hal penting untuk dilakukan meski bisnis sudah berjalan. Riset bertujuan untuk membuka peluang dalam hal ekspansi bisnis, menemukan produk dan konsumen potensial, mengetahui tren pasar, hingga mengenal kompetitor.

Impor Barang-Barang yang Tepat

Memilih barang yang tepat untuk diimpor perlu dilakukan agar bisnis impor kamu dapat menghasilkan keuntungan yang melimpah. Untuk memudahkan memilih mana barang yang tepat untuk diimpor, kamu perlu melakukan riset pasar guna mengetahui segmentasi pasar yang cocok dengan bisnis yang kamu jalankan.

Baca juga:
Rekomendasi Barang Impor Korea untuk Dijual di Indonesia
Apa saja barang impor dari Korea Selatan?1. Produk fashion2. Skincare3. Makanan4. Peralatan rumah tangga5. Merchandise Kpop

Miliki Supplier Lebih dari Satu

Memiliki lebih dari satu supplier untuk suatu produk tertentu harus dilakukan guna menghindari kehabisan stok yang dapat mengakibatkan keterlambatan pengiriman barang kepada konsumen. Jika supplier utama tidak menyediakan stok yang cukup, kamu masih bisa mendapatkan produk yang dibutuhkan dari supplier lain. Hal ini juga dapat membuka peluang baru untuk kamu karena dapat menjual produk-produk yang tidak disediakan oleh kompetitor.

Bentuk Tim untuk Kelola Bisnis Impor Kamu

Memiliki bisnis impor menuntut kamu untuk dapat bekerja secara cepat, mulai dari pesanan yang harus segera diproses, stok barang yang harus selalu up to date, hingga reorder barang dari supplier yang harus dilakukan tepat waktu. Nah, untuk itulah kamu butuh tim yang bisa membantu, misalnya untuk menangani transaksi-transaksi impor dan pengepakan.

Ketahui Peraturan Impor Terkini yang Berlaku

Impor tentunya sangat berkaitan dengan regulasi dari pemerintah. Kamu harus selalu memantau apakah ada perubahan aturan yang berkaitan dengan impor,  misalnya mengenai dokumen atau pembatasan jumlah barang impor. Nah, beberapa website yang bisa kamu jadikan sebagai sumber informasi ini adalah beacukai.go.id dan exim.kemendag.go.id.

Jangan Hanya Bertransaksi dengan Dolar

Dalam bidang bisnis impor, penggunaan mata uang asing khususnya Dolar  Amerika merupakan hal yang lumrah ditemukan. Kondisi ini perlu kamu perhatikan sebaik mungkin agar tak semua transaksi yang kamu lakukan hanya mengandalkan Dolar Amerika saja.

Kamu bisa memberikan kemudahan supplier agar dapat melakukan transaksi dengan menggunakan mata uang yang digunakan di negaranya. Dengan kemudahan ini, supplier bisa terus bertransaksi denganmu tanpa kendala dalam hal mata uang karena tidak semua rekening di negara tertentu dapat menerima dana dalam Dolar Amerika. Jangan lupa pastikan kamu telah menggunakan layanan dengan fitur multi-currency yang memudahkan kamu melakukan konversi mata uang dengan mudah dan cepat.

Pilih Metode Pembayaran Impor Terbaik

Untuk melakukan pembayaran pada transaksi impor, kamu bisa menggunakan beberapa alternatif metode pembayaran impor, seperti dengan layanan remitansi online, offline merchant, dan bank. Namun sebelum memilih salah satu alternatif, kamu harus memastikan kecepatan dan biaya-biaya yang mungkin dibutuhkan dalam pengiriman uang ya.

Itu dia sederet tips mengembangkan bisnis impor yang bisa kamu terapkan untuk memperluas pasar bisnis yang kamu jalankan. Semoga informasinya bermanfaat ya!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.