Tips Tinggal di Negara yang Dingin, Ini Cara Membiasakannya!

tips tinggal di luar negeri Mar 10, 2022

Indonesia merupakan negara dengan iklim tropis yang dikenal dengan musim kemarau dan hujan. Lain lagi kalau di Eropa, Amerika, dan sebagian negara Asia lainnya yang memiliki musim salju. Di musim ini, suhu akan turun dan udara menjadi sangat dingin.

Jika kamu berniat tinggal di negara tersebut, maka perlu persiapan untuk menjaga suhu tubuh menjadi tetap hangat. Lalu bagaimana cara membiasakannya?

Menyesuaikan Kondisi Tubuh

Cara agar kamu bisa terbiasa dengan perbedaan udara atau cuaca dingin adalah dengan melakukan beberapa kebiasaan. Jika kebiasaan ini rutin dilakukan maka kemungkinan tubuh akan menyesuaikan dengan kondisi lingkunganmu saat ini. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan di antaranya:

Rasakan Udara Dingin di Luar

Meluangkan waktu beberapa saat untuk merasakan hawa dingin di luar ruangan. Kamu bisa tetap memakai pakaian hangat. Seiring waktu, cobalah mengurangi tingkat ketebalan pakaian. Misalnya, jika pertama kali datang kamu harus memakai dua lapis jaket, maka di minggu pertama, kamu mencoba hanya menggunakan satu lapis jaket.

Mandi dengan Air Dingin

Adaptasi yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah dengan mandi air dingin. Namun, kadar dinginnya jangan sampai membuatmu menggigil ya. Selain itu, tidak perlu terlalu lama. Sebab, jika kamu paksakan lebih lama, kondisi badan akan menurun dan kamu jatuh sakit. Manfaat lain mandi dingin adalah membuat tubuh menjadi lebih segar.

Naikkan Berat Badan

Lapisan lemak dalam tubuh akan membuat kamu menjadi terasa lebih hangat. Namun, cara ini harus dibarengi dengan makanan yang sehat, kaya protein, dan vitamin. Kamu bisa mengonsumsi daging rendah lemak, produk susu, gandum utuh, dan lain-lain.

Turunkan Suhu Penghangat Ruangan

Di negara beriklim salju biasanya memiliki penghangat ruangan. Agar cepat beradaptasi, kamu sebaiknya perlahan-lahan menurunkan suhu ruangan. Kamu bisa mengatur suhu di kisaran 23-25 derajat celcius. Suhu ini dianggap paling 'ramah' terhadap keseimbangan suhu tubuh.

Beraktivitas di Suhu Dingin

Aktivitas membuat suhu dalam tubuh meningkat. Namun, cobalah sekali-kali kamu lakukan di luar ruangan. Misalnya melakukan gerakan olahraga, mengangkat beban, dan lain-lain yang bisa membakar banyak kalori. Kamu juga bisa tetap menggunakan pakaian yang tidak terlalu tebal.

Selain melakukan adaptasi dengan beberapa kegiatan, kamu juga bisa memilih pakaian agar tetap nyaman selama berada di udara dingin. Sebelum pergi ke negara tujuan, ada baiknya kamu sudah mempersiapkan beberapa pakaian khusus untuk menghadapi musim dingin. Berikut ini rekomendasi beberapa pakaian yang wajib kamu miliki:

Longjohn

Longjohn adalah pakaian ketat yang menempel ke tubuh. Di dalamnya terdapat lapisan beludru atau bulu halus yang dapat membuat tubuh menjadi lebih hangat. Pakaian ini cocok digunakan sebagai lapisan dalam sebelum kamu mengenakan jaket. Longjohn tersedia dalam jenis pakaian maupun celana.

Syal

Leher merupakan bagian yang umumnya terbuka. Udara yang dingin dapat dengan mudah masuk melalui leher dan memberikan efek seperti kedinginan bahkan pusing. Maka untuk menutupinya kamu memerlukan syal. Cobalah gunakan syal panjang agar bisa melilit di bagian leher. Agar tampil trendi kamu bisa membentuknya dengan berbagai pola.

Topi Wol

Udara yang dingin juga bisa masuk lewat bagian kepala. Jika kepala terlalu lama terpapar udara dingin, efeknya bisa membuat pusing. Agar terhindar dari masalah tersebut, kamu bisa mengenakan topi khusus yang dirajut dan terbuat dari benang wol. Topi ini cukup ampuh menangkal hawa dingin karena lebih tebal.

Winter Coat

Kalau kamu masih merasa kedinginan, bisa menggunakan winter coat. Jaket khusus untuk musim dingin ini banyak digunakan untuk menjaga suhu tubuh tetap hangat. Pilihlah jaket yang cukup tebal, tidak tembus air, atau udara. Biasanya ada juga yang memiliki kerah panjang untuk melindungi leher atau tambahan bulu-bulu.

Sarung Tangan

Cuaca dingin bisa membuat telapak tangan menjadi kebas. Untuk menghindari masalah itu, kamu bisa mengenakan sarung tangan. Pilihlah sarung tangan yang elastis dan cukup tebal agar lebih efektif mengurangi rasa dingin.

Nah, itulah beberapa tips dan cara membiasakan diri di udara dingin. Selain memberikan informasi yang bermanfaat, Topremit juga melayani pengiriman uang ke luar negeri. Layanan remitansi Topremit sudah dipercaya lebih dari 10 tahun. Kirim uang dengan Topremit juga cepat dan aman karena sudah mendapat izin dari Bank Indonesia. Kamu bisa kirim uang ke lebih dari 60 negara di dunia.

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.