Mau Liburan ke Malaysia? Simak 5 Tips Tukar Rupiah ke Ringgit Berikut!

Malaysia Apr 29, 2024

Malaysia adalah salah satu negara yang kerap dikunjungi oleh orang Indonesia saat musim liburan. Biasanya ketika ingin berlibur ke negara lain, para pelancong melakukan tukar uang rupiah ke mata uang negara tujuan, dalam hal ini adalah ringgit Malaysia, untuk kebutuhan sehari-hari selama di sana.

Nah, sebelum melakukan penukaran rupiah ke ringgit, kamu perlu melakukan beberapa tips berikut agar tidak mengalami kerugian. Simak sampai akhir ya!

Tips Tukar Rupiah ke Ringgit

Pantau Perubahan Nilai Kurs secara Teratur

Tips pertama yang bisa kamu terapkan sebelum tukar rupiah ke ringgit adalah memantau perubahan nilai kurs secara teratur. Hal ini dapat kamu gunakan untuk memprediksi waktu yang paling menguntungkan untuk tukar uang, jangan sampai kamu menukar saat nilai kurs jual sedang tinggi ya.

Selain itu, kamu juga dianjurkan untuk menukar uang saat kurs sedang stabil, misalnya di awal pekan maupun di pagi hari. Untuk memantau nilai kurs yang berlaku, kamu bisa banget nih cek di situs resmi Bank Indonesia maupun situs konverter mata uang seperti halaman pengiriman uang ke Malaysia milik Topremit.

Tukar Uang Jangan Mepet!

Usahakan untuk menukar uang sejak jauh-jauh hari atau tidak terlalu dekat dengan hari keberangkatan. Jika menukar uang secara terburu-buru, dikhawatirkan kamu tidak mendapat kurs yang menguntungkan sebab kamu tidak mengetahui kurs di hari-hari tersebut sedang naik atau turun.

Riset Perbandingan Nilai Kurs di Beberapa Tempat

Kamu mungkin juga sudah tahu kalau penukaran rupiah ke ringgit bisa dilakukan di bank maupun money changer. Inilah mengapa riset untuk membandingkan nilai kurs di beberapa alternatif tersebut harus dilakukan guna memastikan kamu mendapat kurs yang paling menguntungkan.

Khusus untuk money changer, kamu juga perlu mengetahui legalitas mereka agar terhindar dari potensi penipuan.

Baca juga:
10 Tips Liburan ke Malaysia yang Wajib Kamu Tahu!
Sebelum mengunjungi Malaysia, ada beberapa tips liburan yang perlu dicatat agar perjalanan & liburanmu bersama teman atau keluarga jadi berkesan.

Jangan Tukar Uang di Currency Exchange Booth

Currency Exchange Booth umumnya berbentuk seperti mesin ATM yang berada di bandara. Kamu tidak disarankan untuk menukar uang di tempat ini sebab potongan biaya yang dikenakan umumnya cukup tinggi sehingga jumlah uang ringgit yang nantinya kamu terima bisa lebih sedikit dari yang seharusnya.

Tukar Uang Secukupnya

Buat perencanaan keuangan secara rinci agar tidak kelebihan maupun kekurangan uang tunai saat liburan ya. Tukar uang secukupnya guna menghindari terjadinya transaksi yang impulsif di luar rencana yang sudah kamu persiapkan.

Selain itu, menukar uang secara berlebihan juga dapat merugikan kamu karena biasanya nilai tukar mata uang asing akan cenderung merosot saat kamu menukarnya kembali  ke rupiah.

Tukar Uang Ringgit di Indonesia vs Malaysia

Umumnya, menukar uang rupiah ke ringgit di Indonesia lebih murah dan menguntungkan karena bank di Indonesia menawarkan nilai tukar yang lebih baik. Menukar uang di Indonesia juga akan membuat kamu lebih tenang karena tidak perlu repot lagi ketika tiba di negara tujuan, jadi kamu bisa langsung melakukan pembayaran saat belanja di Malaysia.

Alternatif Pembayaran di Malaysia Selain dengan Uang Tunai

Alternatif pembayaran di Malaysia

Kalau kamu gak mau ribet melakukan pembayaran dengan uang tunai, apalagi ketika membeli barang mewah ataupun berbelanja dalam jumlah banyak, kamu bisa mencoba Topremit.

Dengan Topremit, kamu bisa membayar dengan cara transfer langsung ke rekening banl supplier di Malaysia, lho. Gak perlu takut mahal karena biaya transfernya flat, cuma IDR 65K, jadi berapapun jumlah uang yang kamu kirim, biaya transfernya akan tetap sama. Bukan itu aja, uang juga akan sampai ke rekening penerima hanya dalam 20 menit!

Jadi tunggu apa lagi? Yuk cobain Topremit sekarang!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.