Tradisi Perayaan Idul Adha di Berbagai Negara di Dunia, Unik Banget!

Tradisi Luar Negeri Jun 2, 2022

Hari Raya Idul Adha dikenal sebagai salah satu peringatan besar yang dirayakan oleh seluruh umat Muslim di berbagai penjuru dunia. Dalam perayaan ini, setiap umat Muslim dianjurkan untuk mengamalkan ibadah sunnah khusus yang hanya dapat ditunaikan pada momen hari raya Idul Adha.

Namun tahukah kamu setiap negara di dunia punya tradisi khusus yang unik dan menarik dalam merayakan hari raya Idul Adha. Penasaran apa saja tradisi perayaan Idul Adha di dunia? Yuk cari tahu dalam ulasan berikut ini.

Tradisi Unik Perayaan Idul Adha di Berbagai Negara

1. Arab Saudi

Umumnya di Indonesia, umat Muslim menyembelih hewan kurban berupa kambing atau sapi. Namun di Arab Saudi yang digunakan adalah hewan unta sebagai hewan kurban, sehingga menjadi salah satu keunikan dan tradisi yang umum dijumpai di sana. Setelah menunaikan sholat Idul Adha secara berjamaah, biasanya unta disembelih lalu dibagikan kepada warga setempat.

Daging unta yang dibagikan tersebut dapat diolah menjadi berbagai macam jenis masakan. Salah satu olahan unta yang cukup populer di Arab Saudi yaitu mathghuth hasyi. Mathghuth adalah hidangan berupa nasi yang dimasak menggunakan rempah rempah pilihan bersama daging yang dimasak dalam satu bejana.

2. Turki

Tradisi unik selanjutnya dapat kita jumpai di Turki. Perayaan Idul Adha di Turki juga dimulai dengan pelaksanaan salat ied, dilanjut dengan penyembelihan hewan kurban dan makan bersama. Namun beberapa provinsi di Turki menerapkan tradisi unik yang tak dapat kamu temukan di negara lainnya.

Di beberapa provinsi di Turki, kamu akan menemukan hewan kurban yang dihias terlebih dahulu sebelum akhirnya disembelih. Biasanya, hewan kurban akan dimandikan sampai bersih, dicat dengan henna atau dipasangkan pita warna-warni. Setelah dihias, hewan kurban akan disembelih sesuai sunah dan dimasak secara bersama-sama untuk kemudian disantap dalam momen makan-makan besar.

Hewan kurban tersebut nantinya akan diolah menjadi hidangan khas Idul Adha di Turki, yaitu Kurban Bayrami. Hidangan ini berisi daun anggur yang diberi isian, borek atau roti Turki, dan kayurma yang terbuat dari daging kurban. Makanan ini nantinya dihidangkan dan dinikmati secara bersama-sama.

3. Pakistan

Agar hewan kurban bersih dan siap disembelih, biasanya masyarakat Pakistan akan memandikan hewan kurban hingga bersih sehingga hewan tersebut terlihat senang. Biasanya hewan kurban dimandikan di tempat-tempat pencucian kendaraan.

Umumnya warga Pakistan akan mengeluarkan biaya sekitar 200 hingga 300 rupee Pakistan atau setara dengan 40-60 ribu rupiah untuk mencuci hewan kurban hingga bersih.

4. Bangladesh

Jika di Indonesia biasanya tradisi mudik akan dilaksanakan di Hari Raya Idul Fitri, hal ini rupanya berbeda dengan Bangladesh. Di Bangladesh, kamu akan menemukan warga berbondong-bondong mudik ke kampung halamannya pada hari raya Idul Adha.

Sama seperti di Indonesia, di Bangladesh umumnya warga menggunakan transportasi umum untuk pergi berkunjung ke kampung halamannya agar dapat merayakan Idul Adha bersama keluarga.

5. Inggris

Berbeda dengan negara-negara lainnya, di Inggris kamu akan menemukan perayaan Idul Adha dengan tradisi khusus yang diselenggarakan oleh umat muslim di sana. Perayaan yang biasanya diselenggarakan di hari Raya Idul Adha ini biasanya dijuluki dengan istilah ‘Salty Eid’ atau peringatan pasar malam.

Disebut dengan istilah Salty Eid, sebab sebagian besar hidangan yang disajikan pada hari tersebut memiliki cita rasa yang cenderung asin dan gurih. Hidangan yang populer adalah kebab, haleem, dan biryani. Sementara untuk penutup, biasanya disajikan hidangan manis seperti biskuit dan kue-kue seperti Turkish baklava.

Hidangan olahan daging kurban tersebut biasanya disajikan dan disantap secara bersama-sama dengan umat Muslim lainnya. Selanjutnya, perayaan Idul Adha diakhiri dengan mengunjungi pasar malam atau festival besar yang diadakan di kota-kota di Inggris. Seru banget, kan?

Itu dia sederet tradisi perayaan Idul Adha di dunia dengan keunikan yang sangat beragam. Kamu juga bisa langsung merasakan dan merayakan tradisi Idul Adha di negara impian kamu dengan berwisata ke sana. Jangan khawatir, selama berkunjung ke luar negeri, kamu bisa menggunakan layanan Topremit untuk mengirim uang dari Indonesia ke negara-negara tujuan kamu tanpa rasa khawatir.

Dengan Topremit, proses pengiriman uang menjadi lebih cepat dan praktis. Kamu cuma perlu waktu mulai dari 5 menit aja hingga kiriman uang sampai ke negara tujuan dengan aman. Selalu percayakan Topremit untuk kirim uang ke luar negeri dengan cepat, mudah dan aman, ya!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.