Ini Tradisi di Singapura yang Masih Ada dan Harus Kamu Ketahui

Tradisi Luar Negeri Apr 28, 2022

Tidak hanya menjadi destinasi wisata untuk turis, namun Singapura juga memiliki banyak sekali tradisi atau budaya yang tidak banyak diketahui oleh turis mancanegara. Banyak sekali festival budaya yang digelar di Singapura dengan tampilan yang indah, budaya yang unik, dan beragam.

Tradisi Singapura Yang Terkenal

Singapore Night Festival

Festival ini merupakan festival jalanan dan selalu diselenggarakan setiap 2 akhir pekan untuk merayakan seni serta warisan dari budaya Singapura yang begitu kaya dan beragam. Banyak sekali kegiatan yang dapat dilakukan saat menghadiri festival ini.

Mulai dari menonton pagelaran musik, teater, pemutaran film, hingga lampu cahaya yang menerangi jalanan hingga ke di salah satu gedung di Singapura. Festival ini sangat cocok untuk berfoto-foto.

Hungry Ghost Festival

Festival ini merupakan dari tradisi Tao dan Buddha dimana penganut ritual memberi makanan serta menghormati orang yang telah meninggal namun masih berkeliaran di bumi. Festival ini berlangsung selama 2 bulan lamanya dengan begitu banyak makanan sebagai persembahannya.

Festival Pertengahan Musim Gugur

Festival ini merupakan pertanda sebagai akhir panen di musim gugur sekaligus waktu untuk berdoa dan memanjatkan syukur kepada dewa. Festival ini diselenggarakan pada setiap hari ke 15 bulan delapan kalender Han Cina.

Festival ini dimeriahkan dengan lentera dengan beragam bentuk di jalanan Singapura. Tidak lupa juga, festival ini dimeriahkan pula oleh makanan Kue Bulan.

Ritual Waisak

Hari raya Waisak di Singapura dirayakan dengan melepaskan burung merpati dari kandang ke udara. Hal ini dikarenakan Hari raya Waisak melambangkan hari baru serta perayaan akan adanya nilai yang telah ditinggalkan sang Buddha bagi umatnya.

Festival Sungai Hong Bao

Festival ini merupakan perayaan untuk tahun baru Imlek di Singapura. Dilaksanakan di NS Square Marina Bay, kamu dapat melihat kemeriahan lentera unik yang memiliki gambar dari tokoh atau legenda Tiongkok atau 12 hewan zodiak China. Selain itu, kamu juga dapat menikmati opera, karnaval, kembang api, makanan, hingga pertunjukkan jalanan.

Parade Chingay

Festival ini dirayakan pada saat tahun baru Imlek dan parade ini ditujukan kepada semua etnis yang ada di Singapura. Kamu dapat menyaksikan berbagai macam budaya dengan berbagai kemeriahan dan kemegahan yang ditawarkan.

Festival Thaipusam

Festival Thaipusam merupakan acara agama Hindu untuk menghormati dewa Subramaniam. Festival ini menghadirkan Kavadi, yaitu kanopi berbentuk setengah lingkaran yang dihiasi oleh batang kayu yang dibawa oleh peziarah. Bahkan, kamu dapat menyaksikan beberapa orang yang merusak tubuhnya dengan menggunakan batangan besi.

Festival Perahu Naga

Festival ini berawal dari kisah warga terhadap penyair besar Qu Yuan yang melemparkan diri karena kecewa terhadap korupsi yang telah terjadi di negaranya. Meski pada akhirnya tidak ditemukan, peristiwa ini justru menjadi cikal bakal festival perahu naga.

Selain kamu dapat melihat kompetisi perahu naga, kamu juga dapat melihat tradisi warga lokal yang melempar nasi berbungkus daun pisang yang dipercaya dapat menenangkan dewa-dewa penjaga sungai.

Festival Pongal

Festival ini merupakan acara penghormatan kepada dewa Indra atas hasil panen yang sangat berlimpah. Kamu dapat melihat desain warna-warni dari tepung beras di rumah-rumah warga. Kamu juga dapat menikmati berbagai makanan seperti puding nasi, aneka makanan India, dan berbagai outlet makanan lainnya.

Hari Raya

Sama seperti negara Indonesia yang merayakan Hari Raya bagi umat Muslim, penganut agama Islam di Singapura juga merayakan Hari Raya. Ada acara silaturahmi yang menghidangkan berbagai makanan terutama di daerah Kampong Glam dan Geylang Serai. Selain makanan, kamu juga dapat melihat hiasan-hiasan yang indah di sekitar rumah warga seperti lampu-lampu dengan pola khas Timur Tengah.

Itulah beberapa festival tradisi di Singapura yang sampai saat ini masih ada dan masih sering dirayakan di Singapura. Setiap mengikuti festival, tentu kamu membutuhkan uang dalam bentuk Dollar Singapura agar dapat melakukan belanja berbagai souvenir hingga makanan. Nah, kamu dapat menggunakan aplikasi Topremit untuk melakukan transfer uang ke Singapura dengan waktu yang sangat singkat, hanya 5 sampai 15 menit. Tidak perlu ragu karena Topremit sudah terdaftar secara resmi di Bank Indonesia sehingga transaksi kamu sudah pasti aman.

Segera gunakan Topremit untuk melakukan transfer dari Indonesia ke luar negeri dengan mudah, aman dan cepat!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.