13 Rekomendasi Peluang Usaha Modal Kecil Yang Menguntungkan

Bisnis Nov 24, 2021

Keuntungan dari menjalankan bisnis atau usaha pribadi memang sangat menggiurkan. Tapi, sebagian orang berpatok dengan modal awal ketika ingin memulai usaha. Padahal, modal besar tidak selalu menjamin usaha menjadi sukses. Asal kamu mempersiapkannya dengan matang, kamu pasti bisa mendapatkan keuntungan besar dan mengembangkan usaha agar dapat bertahan lama.

Persiapan matang berarti kamu harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan rinci dan penuh pertimbangan, mulai dari proses perencanaan usaha, modal, hingga implementasinya. Nah, di bawah ini adalah hal-hal yang perlu kamu ketahui sebelum memulai usaha.

Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Memulai Usaha

- Pastikan Sesuai Passion

Dalam menjalankan usaha pribadi, kamu adalah CEO-nya. Ini salah satu keuntungan yang dapat kamu manfaatkan dalam merencanakan usaha. Jadikan hal yang kamu sukai dan kuasai sebagai subjek usahamu. Misal, banyak penggemar K-Pop yang memiliki usaha menjual merchandise boy group atau girl group Korea. Ada juga yang membuka jasa titip album mereka dari Korea Selatan.

- Manfaatkan Teknologi

Di zaman yang serba modern ini, orang-orang mempromosikan bisnisnya melalui media sosial. Ini juga cara yang cepat dan mudah untuk menggaet calon konsumen, apalagi jika usaha kamu menargetkan anak muda millenial. Kamu juga harus kreatif dan konsisten dalam membuat konten yang bertujuan untuk mempromosikan usahamu.

- Ketahui Persaingan

Usaha yang matang adalah usaha yang sadar akan persaingan. Dalam merencanakan usaha, kamu perlu melakukan riset terkait produk, harga, lokasi, dan promosi, atau yang dikenal dengan Marketing Mix 4P. Dengan mendalami 4 hal tersebut, kamu dapat menentukan langkah yang tepat agar bisa bertahan dalam persaingan. Salah satunya dengan berinovasi.

Tiga hal di atas perlu kamu lakukan dengan benar, sebelum lanjut ke proses merealisasikan usaha. Jika kamu masih bingung usaha apa saja yang bisa dimulai dengan modal kecil, berikut rekomendasinya.

Rekomendasi Peluang Usaha Modal Kecil Yang Menguntungkan

1. Usaha Makanan Ringan / Camilan

Usaha makanan ringan atau camilan semakin populer sejak masa pandemi. Usaha ini tergolong membutuhkan modal yang kecil karena bisa dilakukan di rumah, sehingga tidak mengeluarkan biaya sewa tempat. Agar usahamu dilirik banyak orang, bungkus makanan dengan kemasan yang unik. Sebab, kemasan adalah hal pertama yang dilihat oleh calon konsumen.

2. Usaha Kaos Sablon

Menyablon baju tidak memerlukan skill khusus. Kamu hanya membutuhkan desain serta alat sablon manual yang cukup terjangkau. Lebih baik lagi kalau kamu mempunyai bakat desain grafis. Jadi, kamu bisa mengeksplorasi desainmu sendiri dan menjualnya.

3. Jasa Titip Luar Negeri

Jastip menjadi ladang usaha bagi kamu yang suka bolak balik ke luar negeri. Selain itu, kamu juga bisa memesannya ke orang yang kamu kenal di negara tersebut. Masalah transfer uang, kamu bisa gunakan Topremit yang menyediakan jasa transfer uang ke luar negeri dengan aman dan tentunya terjangkau. Layanan Topremit juga sudah menjangkau lebih dari 60 negara di dunia.

4. Jasa Ketik + Edit Tugas

Untuk mahasiswa atau pelajar yang membutuhkan uang tambahan, usaha jasa ketik dan edit juga cocok dicoba. Selain tidak memerlukan banyak modal, usaha ini juga tidak terlalu banyak menguras waktumu. Patok harga mulai dari Rp1000-an per lembar untuk jasa yang kamu tawarkan, misalnya mengetik makalah, mengedit skripsi, atau membuat tabel.

5. Jasa Penerjemah

Bagi kamu yang mempunyai keahlian lebih dari 1 bahasa, mungkin akan tertarik membuka jasa penerjemah. Jasa ini bisa kamu tawarkan ke konsumen lintas generasi. Semakin banyak bahasa yang kamu kuasai, semakin besar peluang sukses usahamu.

6. Usaha Laundry

Usaha selanjutnya adalah laundry. Usaha ini terbilang murah karena dapat memanfaatkan barang-barang yang sudah ada di rumah, seperti mesin cuci, sabun, dan pewangi pakaian. Mungkin kamu hanya perlu menyiapkan modal untuk biaya listrik. Jika rumah kamu di kawasan kosan, usaha ini dijamin akan lebih menguntungkan lagi.

7. Usaha Potong Rambut

Apa yang dibutuhkan untuk potong rambut selain gunting dan sisir? Tidak, peralatan lain sebenarnya hanyalah tambahan. Jika kamu ingin memulai usaha potong rambut dengan modal yang kecil, mungkin akan lebih menghasilkan jika dibuka di daerah pedesaan atau perkampungan.

8. Jual Pulsa & Aksesoris HP

Setiap orang membutuhkan pulsa untuk membeli paket internet atau sekadar menelepon. Untuk itu, di mana pun kamu membuka usaha pulsa, pasti akan mendapatkan konsumen. Jika usaha pulsamu sudah berkembang, kamu bisa menambahkan perhiasan HP untuk dijual di etalase.

9. Usaha Merchandise K-Pop

Bagi kamu penggemar K-Pop, bisa menjual pernak-pernik boy/girl group Korea yang kamu sukai. Mulai dari gantungan kunci, photocard, poster, stiker dan lainnya. Membuatnya pun tidak sulit, kamu hanya perlu mengambil gambar dari internet, mengeditnya, kemudian ke percetakan untuk mencetaknya.

10. Usaha Baju Thrift

Usaha baju thrift juga banyak digandrungi anak muda. Kamu bisa membeli 1 bal baju thrift dari pemasok yang dibanderol mulai dari Rp500 ribuan, kemudian menjualnya kembali. Jika beruntung, kamu bisa mendapatkan baju berkualitas tinggi dan menjualnya kembali dengan harga tinggi.

11. Jasa Driver Good Looking

Jika sudah memiliki SIM A, kamu bisa memulai usaha dengan menawarkan jasa supir. Agar lebih menarik, kamu bisa mempromosikannya di media sosial dengan embel, “driver good looking.” Tentu saja ini bukan sekadar embel, kamu harus berpenampilan rapi dan baik.

12. Jasa Pembuatan Website

Usaha menjanjikan lainnya yang tidak membutuhkan modal besar adalah jasa pembuatan website. Karena banyak perusahaan yang mulai beralih ke platform online, jasa kamu pasti akan banyak dicari.

13. Usaha Franchise

Franchise atau waralaba menjadi pilihan usaha bagi mereka yang tidak ingin ribet. Meskipun membutuhkan modal awal yang cenderung besar, namun kamu sudah mendapatkan paket lengkap untuk usaha tersebut, seperti peralatan, bahan, serta kemasan jika usahanya masuk kategori makanan atau minuman.

Nah, itu dia 13 rekomendasi usaha modal kecil yang dapat kamu coba. Jangan takut untuk memulai usaha, karena ada banyak peluang yang bisa kamu coba satu per satu. Selain itu, jangan mudah menyerah kalau percobaan pertama kamu gagal. Karena dari kegagalan itu, kamu bisa berkembang dan menjadi pengusaha yang lebih baik.

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.