12 Usaha Rumahan Yang Menjanjikan, Laris dan Menguntungkan

Bisnis Mar 30, 2022

Memiliki bisnis sendiri tidak selalu harus memiliki tempat usaha khusus di mal, pasar tradisional, atau ruko. Kamu bisa memulainya dari rumah sendiri. Meski usaha dijalankan di rumah, peluang laris dan mendapatkan keuntungan tetap terbuka asal kamu memiliki pangsa pasar yang besar. Inilah beberapa pilihan usaha rumahan yang bisa kamu pilih.

Usaha Rumahan yang Menjanjikan

1. Bisnis Laundry Kiloan

Bisnis laundry kiloan bisa kamu buka di rumah dengan modal beberapa mesin cuci, mesing pengering, serta setrikaan. Bisnis ini cocok kamu pilih jika tinggal di kota-kota besar dengan target konsumen para karyawan, mahasiswa, atau masyarakat pada umumnya. Beberapa strategi marketing yang bisa kamu jalankan agar menarik para konsumen adalah dengan meningkatkan pelayanan, memberikan promo, serta fasilitas yang lengkap.

2. Bisnis Dropship

Bisnis dropship bisa dibilang tidak memerlukan modal. Kamu hanya perlu menjadi perantara dari toko atau agen produk yang dijual. Peluang bisnis dropship terbuka pada toko e-commerce. Kamu bisa menjadi perantara sebuah toko dan memajang beberapa produk di toko kamu sendiri. Jika ada pesanan, kamu hanya perlu meneruskannya ke toko atau agen pemilik produk.

3. Bisnis Barang Bekas

Tidak semua masyarakat kita memiliki daya beli terhadap barang-barang baru. Solusinya adalah dengan menyediakan barang-barang bekas. Kamu bisa menyediakan barang bekas berupa alat elektronik, pakaian, aksesori, hingga beberapa karya seni tempo dulu. Barang-barang bekas akan memiliki harga yang jauh lebih murah dibandingkan barang baru.

4. Bisnis Makanan Rumahan

Bisnis makan rumahan termasuk yang paling mudah dilakukan. Sebab mayoritas ibu rumah tangga biasa memasak untuk keluarganya. Jika kamu memiliki keterampilan memasak berbagai menu, cobalah buat bisnis sendiri di rumah. Kamu bisa menjajakan masakan kamu sendiri ke para tetangga atau masyarakat lainnya yang lewat depan rumahmu.

5. Bisnis Warung Sembako

Bahan-bahan pokok seperti beras, shampo, sabun mandi, sabun cuci, makan ringan, minuman ringan, hingga telur, banyak dibutuhkan oleh masyarakat sehari-hari. Oleh karena itu kamu bisa membuka warung sembako dengan menjual berbagai produk tersebut di rumah. Meski memiliki keuntungan yang sedikit untuk setiap produk yang dijual, namun jika banyak produk yang disediakan peluang mendapatkan keuntungan yang lebih banyak jadi terbuka.

6. Usaha Frozen Food

Sekarang zamannya serba instan, termasuk soal makanan. Tidak semua ibu rumah tangga juga memiliki waktu untuk memasak. Maka pilihannya adalah membeli makan beku (frozen food) yang siap dipanaskan atau digoreng. Kamu pun bisa menangkap peluang ini dengan menjual berbagai frozen food di rumah.

7. Bisnis Affiliate

Ide usaha rumahan lainnya adalah affiliate atau afiliasi. Salah satunya yang bisa kamu coba dan menguntungkan adalah menjadi afiliator di Topremit. Kamu hanya perlu mempromosikan layanan Topremit kepada teman, sahabat, hingga keluarga. Kamu akan menerima fee sebesar 10% untuk setiap transaksi yang dilakukan oleh teman referal kamu. Lumayan, bukan?

8. Usaha Makanan Ringan

Setiap orang punya waktu ngemil setiap harinya. Kamu pun bisa menyediakan beraneka macam makanan ringan yang biasanya dikonsumsi saat ngemil. Cobalah berkreasi dengan menu-menu yang menarik dan unik dengan menyesuaikan selera pasar. Misalnya yang saat ini banyak disukai adalah croffle, corndog, martabak aneka topping, tteok-bokki, dan lain-lain.

9. Bisnis Kue Kering dan Basah

Alternatif lainnya selain menjual makanan ringan adalah dengan membuat kue kering dan basah. Makanan ini juga termasuk banyak disukai oleh masyarakat sebab rasanya enak. Apalagi di momen tertentu banyak orang mencari keberadaan kue kering dan basah. Misalnya di saat akan menggelar pesta pernikahan, bulan Ramadan, Lebaran, hingga kado ulang tahun.

10. Usaha Fashion

Fashion selalu menjadi daya tarik bagi orang-orang, khususnya perempuan. Kebutuhan produk fashion pun kian meningkat. Apalagi saat ini ditunjang oleh keberadaan e-commerce. Kamu pun bisa menjadi penjual atau pembuat produk-produk fashion. Agar pemasarannya semakin luas, manfaatkan fasilitas digital lainnya seperti media sosial.

11. Menjadi Reseller

Dengan menjadi reseller kamu bisa menjual produk yang sedang naik daun. Misalnya sebuah produk kecantikan A sedang banyak digandrungi masyarakat. Kamu pun bisa mengajukan kerja sama kepada produsen produk tersebut agar bisa menjualnya di toko online kamu. Agar mendapatkan harga yang lebih murah dari produsen atau agen reseller biasanya membeli secara partai atau dengan jumlah yang banyak.

12. Membeli Franchise

Terakhir, kamu bisa membeli usaha franchise dan menjualnya di rumah. Saat ini sudah banyak produk-produk makanan dan minuman yang dijual secara franchise. Misalnya saja adalah ayam goreng crispy, minuman boba, minuman teh aneka rasa, kopi, gorengan, makaroni, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa ide usaha yang bisa kamu lakukan di rumah. Dengan strategi pemasaran yang baik serta didukung oleh target pasar yang banyak, kamu tak perlu khawatir bisnis akan bangkrut. Semoga informasi di atas dapat membantu memberikan ide usaha untuk kamu.

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.