Cara Atur Keuangan Untuk Bisnis Kamu

May 10, 2024

Manajemen keuangan adalah salah satu kunci kesuksesan menjalankan sebuah bisnis. Sektor keuangan menjadi landasan operasional perusahaan yang harus dikelola dengan baik melalui manajemen keuangan yang teratur dan terstruktur agar perusahaan dapat melangsungkan bisnisnya dalam jangka waktu panjang.

Tujuan Manajemen Keuangan

Tujuan dari manajemen keuangan adalah untuk meningkatkan keuntungan, memastikan kelanjutan usaha, memelihara aliran kas yang stabil, meningkatkan pangsa pasar, menggunakan keuangan secara efektif, memaksimalkan nilai perusahaan, meningkatkan efisiensi departemen-departemen di perusahaan, dan optimalisasi struktur modal.

Manajemen keuangan dilakukan oleh seorang manager keuangan yang bertanggung jawab atas pengelolaan keuangan organisasi, mulai dari perencanaan kebutuhan dana, mencari peluang investasi, membuat kebijakan keuangan perusahaan dan mengambil keputusan finansial.

Fungsi Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan memiliki beberapa fungsi utama seperti planning, budgeting, controlling, auditing, dan reporting. Planning meliputi perencanaan arus kas jangka pendek ataupun panjang perusahaan, penetapan tujuan keuangan yang perlu dicapai, hingga penyusunan strategi untuk mencapai tujuan tersebut.

Budgeting melibatkan alokasi sumber daya keuangan secara efisien untuk memaksimalkan dana yang dimiliki perusahaan kepada masing-masing departemen. Budgeting memastikan pengeluaran dialokasikan dengan baik agar tidak melebihi apa yang telah direncanakan.

Controlling berfokus pada pemantauan dan penyesuaian operasional untuk memastikan kepatuhan terhadap anggaran dan target finansial. Sedangkan, auditing melibatkan pemeriksaan dan evaluasi ketelitian data keuangan untuk memastikan akurasi dan kepatuhan terhadap standar akuntansi.  

Terakhir, reporting mencakup penyajian berbagai informasi keuangan secara periodik kepada pemangku kepentingan untuk mendukung pengambilan keputusan strategis dan operasional berdasarkan kondisi keuangan perusahaan.

Cara Mengatur Keuangan Bisnis Kamu

Demi kelancaran dan keberlangsungan bisnis dalam jangka waktu lama, diperlukan manajemen keuangan yang matang. Yuk simak beberapa tips untuk mulai mengatur keuangan perusahaan kamu.

1. Buat Rencana Anggaran

Melakukan planning dan budgeting menjadi langkah awal dalam manajemen keuangan perusahaan. Rencana keuangan meliputi proyeksi jangka panjang maupun pendek sesuai dengan target perusahaan.  Hal ini sangat penting agar pengeluaran perusahaan dapat lebih terarah dan tidak melebihi anggaran yang sudah ditetapkan.  Planning dan budgeting yang baik akan menuntun perusahaan untuk dapat mencapai tujuan yang telah disepakati.

2. Catat Pemasukan dan Pengeluaran

Pemasukan dan pengeluaran memerlukan catatan dan perekaman yang baik. Hal ini dilakukan guna mencegah masalah dalam pengelolaan keuangan dikemudian hari. Catatan arus kas mencakup semua jenis kas yang masuk dan keluar, mulai dari kegiatan produksi hingga pemasaran. Pencatatan ini mempermudah pembuatan laporan keuangan yang dapat menjadi refleksi kemajuan usaha dalam periode tertentu karena mencakup pelacakan laba rugi. Analisis kas dapat dilakukan supaya masalah pengelolaan keuangan dapat diidentifikasi dan diselesaikan.

3. Bayar Tagihan dan Biaya Operasional

Pajak menjadi kewajiban yang perlu dibayarkan oleh suatu usaha kepada pemerintah. Oleh karena itu, perusahaan perlu menyiapkan anggaran tersendiri untuk membayar pajak agar usaha dapat terus beroperasi dan tidak dikenai denda. Selain itu, biaya operasional bulanan juga perlu dibayar dan dikontrol sesuai kebijakan yang telah berlaku, termasuk biaya produksi dan non produksi agar perusahaan dapat terus berjalan tanpa hambatan.

4. Buat laporan keuangan

Laporan keuangan menjadi bagian dari proses evaluasi guna menarik semua informasi dari seluruh pemasukan dan pengeluaran perusahaan. Laporan keuangan akan membantu perusahaan menentukan strategi bisnis kedepannya secara lebih detail karena memiliki informasi acuan yang jelas. Manajemen strategis menjadi penting untuk memetakan apa yang akan perusahaan lakukan kedepannya berdasarkan laporan keuangan periode tertentu.

Dalam menjalankan usaha, pastikan kamu memahami betul cara mengelola keuangan perusahaan kamu ya! Semoga informasinya bermanfaat!

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.