5 Tips Agar Kamu Tetap Aman Saat Transaksi Online

Transaksi Online Feb 15, 2023

Saat pandemi melanda, banyak kegiatan masyarakat yang beralih menggunakan layanan berbasis digital, termasuk transaksi keuangan yang dilakukan secara online. Seiring dengan meningkatnya mobilitas masyarakat, transaksi online juga membantu pengguna dalam berbagai aspek, mulai dari belanja online melalui e-commerce hingga pembayaran kebutuhan rumah tangga setiap bulannya.

Oleh karena itu, transaksi online di zaman sekarang ini menjadi hal yang lumrah untuk ditemukan di tengah masyarakat. Kalau kamu termasuk pengguna yang mengandalkan transaksi secara online, kamu perlu berhati-hati dan menjaga diri dari tindak kejahatan siber ya, karena risikonya bisa sangat merugikan.

Sebagai langkah preventif, yuk simak beberapa tips di bawah ini agar transaksi online kamu bisa tetap berjalan dengan aman.

5 Tips Supaya Tetap Aman Saat Transaksi Online

1. Pilih Seller Yang Terpercaya

Belanja online melalui e-commerce ataupun media sosial merupakan hal yang sangat berkaitan dengan transaksi online. Namun sebelum membeli, sebaiknya pastikan seller adalah toko yang terpercaya. Kamu bisa memastikannya dengan melihat tingkat reputasi seller yang biasanya tertera di awal profil toko. Semakin tinggi ratingnya, maka kamu bisa lebih mempercayai seller tersebut.

2. Perhatikan Deskripsi dan Spesifikasi dengan Cermat

Selain memilih seller terpercaya, kamu juga harus memperhatikan deskripsi dan spesifikasi produk yang akan dibeli. Baca dengan cermat dan teliti, sehingga tidak terjadi kesalahan saat membeli. Untuk memastikan lebih detail tentang produk, kamu juga bisa memanfaatkan fitur pesan untuk berkomunikasi dengan penjual. Jangan lupa perhatikan syarat atau ketentuan yang berlaku pada toko yang kamu tuju agar transaksi online bisa dilakukan dengan baik.

3. Coba Lihat dan Baca Ulasan Produk Tersebut

Setelah memperhatikan deskripsi produk, yang bisa kamu lakukan selanjutnya agar transaksi online berjalan dengan aman adalah dengan melihat ulasan produk yang dibeli oleh konsumen lainnya. Ulasan yang menggunakan foto akan lebih membantu kamu untuk membandingkan kesesuaian produk dengan display yang ditampilkan seller. Dengan membaca berbagai ulasan dari konsumen lainnya, kamu bisa lebih terhindar dari penipuan.

4. Jangan Sebarkan Data Pribadi Kamu Yang Bersifat Sensitif

Melakukan transaksi online memang sangat rentan dengan peretasan data oleh pelaku yang tidak bertanggung jawab. Maka dari itu, kamu harus berhati-hati jika terdapat pihak yang mengaku sebagai seller dan menanyakan data pribadi sensitif seperti password, kode OTP, NIK, nomor rekening, atau PIN melalui media lain. Sebab, dengan data-data tersebut pihak lain dapat memanfaatkannya untuk melakukan peretasan sehingga merugikan pembeli. Lebih baik abaikan pesan atau telepon yang masuk, jika bertanya mengenai data pribadi yang bersifat sensitif.

5. Gunakan Platform Pengiriman Uang Yang Terpercaya

Satu hal yang paling penting untuk bertransaksi online dengan aman adalah gunakan platform pengiriman uang yang terpercaya. Kamu dapat memastikannya dengan mengecek perizinan dari pihak berwenang seperti Bank Indonesia dan OJK. Selain itu, kunjungi website resmi platform pengiriman uang yang kamu gunakan. Dengan mengunjungi website resmi, kamu bisa mengetahui lebih lengkap lagi mengenai platform tersebut. Kamu jadi nggak perlu khawatir mau kirim uang kemana saja dan melakukan transaksi online kapan saja.

Itulah beberapa cara transaksi online dengan aman. Tips-tips di atas bisa dilakukan untuk berbelanja online maupun melakukan pembayaran secara online.

Untuk platform pengiriman uang yang terpercaya, kamu bisa gunakan Topremit, khususnya ketika bertransaksi ke luar negeri. Dibekali lisensi dari Bank Indonesia, kamu nggak perlu khawatir lagi untuk kirim uang hingga ke 60 negara di dunia menggunakan Topremit. Selalu gunakan Topremit untuk transaksi online ke negara manapun dengan aman ya!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.