Jurusan Kuliah di Massachusetts Institute of Technology (MIT)

Kuliah di luar negeri Feb 25, 2022

Massachusetts Institute of Technology atau yang juga dikenal dengan dengan sebutan MIT merupakan lembaga institusi riset swasta dan universitas yang berlokasi di kota Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat. Universitas kelas dunia ini dikenal dengan program pendidikan serta kurikulum yang berkualitas. Tak hanya itu, MIT juga telah menghasilkan penelitian serta riset yang cukup berpengaruh di dunia. Nggak heran kalau universitas ini menempati peringkat nomor 1 menurut QS World University Rankings.

MIT menawarkan berbagai program pendidikan dan jurusan yang diajarkan oleh tenaga pengajar yang kompeten di bidangnya. Universitas ini juga membuka peluang baik bagi mahasiswa lokal maupun internasional untuk menimba ilmu. Penasaran kan jurusan apa saja yang ada di Massachusetts Institute of Technology? Yuk kita simak pemaparan lengkapnya berikut ini!


Jurusan Kuliah Terbaik di Massachusetts Institute of Technology (MIT)

1. Bioengineering and Biomedical Engineering

MIT dikenal unggul dalam ilmu rekayasa biologi. Oleh karena itu, universitas ini membuka jurusan bioengineering and biomedical engineering. Di jurusan ini, mahasiswa akan mendalami ilmu teknik berbasis biosains sehingga mahasiswa dapat memecahkan masalah dalam dunia kedokteran.

2. Aerospace Engineering

Jurusan aerospace engineering di MIT adalah jurusan tertua dan paling disegani di Amerika Serikat. Maka dari itu, jurusan ini banyak dicari baik oleh mahasiswa lokal maupun mahasiswa internasional. Di jurusan ini, mahasiswa akan dipersiapkan untuk meniti karir di bidang industri penerbangan komersial, telekomunikasi, hingga militer.

3. Computer Science

Terkenal sebagai jurusan terbaik di MIT, computer science juga menjadi jurusan dengan pelamar terbanyak yang terus bertambah dari tahun ke tahun. Di jurusan computer science Massachusetts Institute of Technology, mahasiswa akan diajari tentang teknologi komputer masa kini dan masa depan, sehingga lulusannya dapat bersaing di industri mana pun di seluruh dunia.

Sama seperti mahasiswa jurusan lainnya, mahasiswa yang berkesempatan untuk menimba ilmu di jurusan computer science juga membutuhkan sederet perlengkapan kebutuhan untuk menunjang kegiatan perkuliahan. Maka dari itu, kamu perlu mempersiapkan dana yang cukup agar kehidupan selama berkuliah di MIT dapat tercukupi.

Eits, kamu nggak perlu khawatir jika suatu saat kamu kehabisan uang saku. Kamu dapat menggunakan uang kiriman dari orang tuamu di Indonesia dengan mudah. Kamu hanya perlu menggunakan Topremit untuk melakukan transfer uang ke luar negeri dengan aman dan cepat.

Kamu hanya membutuhkan waktu mulai dari 5 menit saja hingga dana yang dikirim orang tuamu berhasil sampai ke rekening tujuan. Dengan begitu, kamu nggak perlu khawatir kebutuhanmu kurang tercukupi saat kuliah di negeri seberang. Jangan khawatir, Topremit juga telah diawasi dan tersertifikasi oleh Bank Indonesia, sehingga keamanannya terjamin.

4. Mechanical Engineering

Jurusan mechanical engineering di MIT merupakan jurusan yang meluluskan mahasiswa dengan jumlah terbanyak setiap tahunnya, setelah jurusan computer science. Jurusan ini juga banyak melakukan penelitian tentang kemajuan khususnya dalam bidang teknik mesin di dunia.

5. Mathematics

MIT yang dikenal dengan jurusan computer science juga memiliki jurusan mathematics yang berkualitas terbaik di dunia. Di jurusan ini, mahasiswa akan mendapatkan pembelajaran secara khusus dan terfokus pada materi matematika terapan, matematika murni, dan matematika umum.

6. Physics

Mahasiswa yang lulus dari jurusan physics di Massachusetts Institute of Technology menjadi mahasiswa berkualitas yang mampu bersaing di dunia. Hampir setengah dari jumlah mahasiswa yang lulus dari jurusan ini mengambil program double degree dengan jurusan computer science, mathematics, atau economics.

7. Electrical and Electronics Engineering

Jurusan electrical and electronics yang juga dikenal sebagai salah satu dari jajaran jurusan favorit di Massachusetts Institute of Technology ini, mempersiapkan mahasiswa lulusannya untuk dapat bersaing dan bekerja di berbagai bidang industri di dunia.

8. Economics

Seperti namanya, jurusan ini mengkaji ilmu ekonomi yang berfokus pada produksi, konservasi, dan alokasi sumber daya. Mahasiswa yang mengambil jurusan economics di MIT akan mengkaji teori ekonomi, ekonomi mikro dan makro, sistem ekonomi komparatif, sistem uang dan perbankan, ekonomi internasional, metode analisis kuantitatif, hingga masalah kebijakan publik.

9. Management Science

Dalam jurusan management science, mahasiswa akan mempelajari penerapan pemodelan statistik, data warehousing, data mining, pemrograman, peramalan, dan teknik riset operasi untuk analisis masalah organisasi bisnis dan kinerja. Setelah lulus dari sini, mahasiswa akan jauh lebih siap menghadapi persaingan global dengan lebih baik.

10. Mass Communication/Media Studies

Jurusan ini berfokus pada analisis dan kritik terhadap institusi media dan teks media, bagaimana orang mengalami dan memahami konten media, dan peran media dalam kehidupan bahkan mengubah budaya. Dalam jurusan ini, mahasiswa akan mendapatkan materi etika komunikasi, hukum, dan kebijakan; sejarah media; estetika media, interpretasi, dan kritik; efek sosial dan budaya media massa; studi budaya; ekonomi industri media; literasi visual dan media; dan aspek psikologi dan perilaku pesan, interpretasi, dan pemanfaatan media.

Nah, itu dia sederet informasi tentang jurusan kuliah di Massachusetts Institute of Technology atau MIT yang bisa kamu jadikan sebagai referensi untuk melanjutkan pendidikan tinggi di perguruan tinggi terbaik di dunia. Semoga berhasil, ya!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.