Netherland Photo

Aplikasi Wajib untuk Mahasiswa di Belanda

Belanda Dec 6, 2023

Ada rencana mau melanjutkan studi kamu ke Belanda? Kalau iya pas banget nih, karena selama di Belanda ada beberapa aplikasi smartphone wajib dan benar-benar sangat kamu butuhkan untuk melakukan aktifitas sehari-hari.

Nah, Negeri Kincir Angin alias Belanda kini sudah sangat mengaplikasikan teknologi dalam kehidupan sehari-hari sehingga ada banyak fasilitas umum seperti transportasi, berita, dan perbankan yang mengharuskan kamu memiliki aplikasi-aplikasi tertentu agar dapat menikmati layanan yang disediakan.

Sehingga sebagai mahasiswa baru ada beberapa aplikasi yang benar-benar wajib ada di smartphone kamu agar mengintegrasikan diri ke kehidupan di negara baru menjadi hal yang mudah. Berikut 7 apps yang penting buat mahasiswa baru di Belanda!

7 Aplikasi Wajib Selama Kuliah di Belanda

1. 9292

9292 App

Aplikasi ini penting banget untuk teman-teman yang senang menjelajahi Belanda. Karena dengan aplikasi ini kita bisa melihat jadwal perjalanan yang kita inginkan. Semua moda transportasi juga bisa terlihat dengan aplikasi ini, seperti jadwal bis dan kereta.

Cara penggunaannya juga cukup mudah, kamu cukup memasukkan estimasi jam keberangkatan dari lokasi terdekat dan destinasi tujuan. Dengan aplikasi ini, kamu jadinya tidak perlu menunggu lama di halte bis atau di stasiun kereta api karena jadwal dan rute terpampang dengan jelas.

2. NS Reisplanner

NS Reisplanner App

Aplikasi ini sebenarnya mirip-mirip dengan aplikasi 9292, namun ada fungsi khusus yang hanya dapat kamu nikmati ketika menggunakan NS Reisplanner yakni layanan download e-ticket sehingga gak perlu repot-repot lagi nge-print tiket yang akan kamu gunakan.

Selain itu, melalui aplikasi NS Reisplanner ini, kamu juga bisa mengetahui jika ada kereta yang dibatalkan karena ada perbaikan ataupun masalah lainnya yang menyebabkan rel kereta api jadi tidak tersedia dan ditutup. Membantu banget kan? Jadinya bisa langsung mencari cara alternatif untuk sampai di tujuan kamu!

3. Buienradar

Buienradar App

Apps ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa baru yang masih melakukan adaptasi dengan cuaca di Belanda. Banyak orang yang sudah tahu bahwa cuaca Belanda sering berubah, sehingga aplikasi ini cocok banget untuk melihat prediksi cuaca.

Jujur aja, cuaca di Belanda terkadang bisa aneh banget. Cerah di pagi hari, tapi siang hari jadi sangat dingin, dan di sore hari tiba-tiba hujan deras. Jadi, aplikasi ini sangat bermanfaat bahkan dapat menginfokan kapan tepatnya hujan akan berhent atau kapan intensitas hujan akan naik atau pun turun.

Meskipun aplikasi Buienradar hanya tersedia dalam bahasa Belanda, namun masih bisa dimengerti bagi kamu yang sudah memahami dasar-dasar bahasa tersebut. Pokoknya aplikasi ini wajib banget buat tahu kapan harus pakai jas hujan dan kapan kamu bisa menggunakan baju yang lebih santai seperti di pantai.

4. ABN Amro Bankieren

ABN Amro Bankieren App

Nah, ada beberapa universitas di Belanda yang mewajibkan mahasiswa internasional untuk menggunakan bank ABN AMRO ketika ingin melakukan pembayaran biaya kuliah atau pun asrama.

Sehingga aplikasi ini wajib banget dimiliki untuk menikmati layanan e-banking yang jauh lebih simpel dan anti-ribet. Aplikasi ini juga bisa divariasikan dengan beberapa aplikasi lain untuk membuat pengelolaan perbankan kamu jadi hal yang mudah, misalnya e-wallet utk membayar via NFC, grip utk mengelola cash flow, dan ada beberapa aplikasi lainnya. Namun ABN Amro Bankieren ini yang paling wajib ya.

5. Blackboard

Blackboard App

Terkadang saat kuliah, ada hal-hal yang perlu kamu pelajari di luar dari ruang kelas untuk menambah amunisi kamu ketika menghadapi ujian semester atau pun tugas-tugas yang berat. Sehingga Blackboard yang merupakan aplikasi untuk belajar materi tambahan bagi para mahasiswa merupakan solusi yang tepat.

Perlu kamu ketahui juga bahwa setiap universitas memiliki aplikasi belajar khususnya sendiri namun yang paling populer adalah Blackboard karena bahkan bisa diakses dari handphone. Sehingga banyak mahasiswa yang hobi travelling tapi males bawa laptop untuk belajar, memilih aplikasi ini untuk membantu mereka menemukan bahan bacaan tambahan untuk kuliah keesokan harinya atau jurnal yang dibutuhkan untuk referensi.

6. OV-Chipkaart

OV-chipkaart Card

Beda dengan Indonesia yang masih banyak banget transportasi non-umum, di Belanda hampir semua mahasiswa menggunakan transportasi umum, kecuali mereka yang punya kendaraan pribadi.

Oleh karena itu, aplikasi OV-Chipkaart ini sangat dibutuhkan karena adanya layanan yang memungkinkan pengguna untuk memeriksa atau pun top-up saldo untuk menggunakan kartu transportasi mereka.

7. Lebara

Lebara App Logo

Kalau di Indonesia kita punya Telkomsel, Tri, XL, dan lain sebagainya. Layanan kuota pra-bayar terbesar di Belanda merupakan Lebara, dan ini dipakai oleh lebih dari 70% penduduk di sana.

Sama halnya seperti aplikasi MyTelkomsel, aplikasi Lebara ini digunakan untuk melihat kredit dan top up khusus Lebara, biar kamu nggak ribet bolak-balik buka websitenya. Jadi praktis banget kan kalau mau top-up kuota?

Terima Uang dari Keluarga di Indonesia

Sebagai mahasiswa yang sedang kuliah di luar negeri, tentunya pasti akan ada kalanya dimana kamu membutuhkan bantuan dana biaya hidup dari keluarga di rumah. Entah itu untuk membayar biaya kuliah atau pun untuk biaya hidup sehari-hari selama melanjutkan studi di Belanda. Nah, tentunya untuk hal ini sendiri kamu pasti ingin mencari layanan terbaik untuk menjamin dana yang dikirimkan oleh keluarga kamu sampai dengan aman dan nyaman.

Topremit - Send Money Abroad

Topremit

Dengan Topremit, keluarga kamu di Indonesia bisa kirim uang ke rekening bank kamu di Belanda dalam waktu 20 menit saja dengan biaya flat IDR 100k doang. Murah dan cepat banget kan, makanya selalu percayakan Topremit untuk urusan kirim uang ke luar negeri dari Indonesia ya!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.