GRE Test, Tes Wajib Yang Perlu Kamu Ketahui Kalau Mau Kuliah Pascasarjana di Luar Negeri

GRE Test Feb 7, 2023

Berkesempatan untuk melanjutkan pendidikan tinggi di luar negeri merupakan momen terbaik yang perlu kamu manfaatkan semaksimal mungkin. Untuk menempuh pendidikan ke luar negeri khususnya strata dua (S2), terdapat berbagai program pendidikan pascasarjana yang bisa kamu tempuh, mulai dari MBA hingga MsC. Namun tentu saja kamu perlu tahu apa persyaratan yang harus dipenuhi untuk kuliah pascasarjana di mancanegara.

Salah satu persyaratan yang perlu kamu penuhi untuk melanjutkan program pascasarjana di luar negeri adalah memiliki skor GRE dengan tingkatan tertentu. Skor GRE bisa kamu peroleh dengan menjalani ujian GRE. Lantas apa itu GRE?

Nah, untuk mengenal tes GRE lebih lanjut, langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Apa Itu GRE Test?

Graduate Record Examination (GRE) adalah ujian penilaian yang menjadi salah satu syarat untuk kamu yang akan melanjutkan pendidikan program pascasarjana. Tes GRE diadakan dengan tujuan mengukur tingkat kemampuan yang kamu miliki dalam menganalisis informasi kuantitatif dan memahami bacaan rumit.

Skala nilai dari tes GRE berada di rentang 260-340 dengan masa berlaku selama lima tahun. Sementara total waktu pengerjaan tes GRE yang kamu butuhkan adalah 3 jam 45 menit. Dalam waktu tersebut, kamu perlu menyelesaikan sejumlah soal dengan baik untuk mendapatkan skor semaksimal mungkin.

Pada tes GRE, kamu memiliki beberapa bagian tes yang perlu diselesaikan. Apa saja bagian-bagian tes GRE? Berikut rinciannya. Catat baik-baik, ya!

Bagian - Bagian Tes GRE

1. Analytical Writing

Bagian analytical writing merupakan salah satu rangkaian tes GRE yang perlu kamu selesaikan dengan menulis dua buah essay yang dikerjakan dalam bahasa Inggris. Kamu akan diarahkan untuk menyusun essay yang berisi tentang perspektif yang kamu miliki terhadap suatu isu yang diberikan. Tak hanya itu, kamu juga perlu menyusun essay yang berisi analisis terhadap suatu argumen. Dalam tes ini, kamu harus mengerjakan kedua essay dalam waktu 60 menit.

2. Verbal Reasoning

Tes verbal reasoning termasuk ke dalam salah satu jenis tes yang disajikan dalam format pilihan ganda. Pada bagian tes ini, kamu akan mengerjakan dua set soal dan tiap setnya terdiri dari 20 soal. Setiap set soal yang diberikan perlu kamu selesaikan dalam waktu 30 menit sehingga total waktu yang kamu butuhkan untuk menyelesaikan bagian tes ini adalah 60 menit.

3. Quantitative Reasoning

Dalam tes quantitative reasoning, kamu perlu mengandalkan kemampuan berhitung matematika dasar untuk menyelesaikannya. Soal-soal matematika yang berisi konsep dasar dari aritmatika, aljabar, geometri, dan analisis data ini terdiri dari 20 soal. Kamu perlu mengerjakan dua set soal dengan durasi pengerjaan 35 menit untuk setiap setnya.

4. Unscored Test / Research Question

Pada bagian research question, kamu akan dihadapkan pada sederet pertanyaan yang perlu kamu jawab untuk kepentingan penelitian. Tenang saja, bagian tes ini tidak mempengaruhi penilaian tes GRE yang kamu jalankan sehingga kamu bisa menjawabnya sesuai dengan apa yang kamu ketahui.

Sudah tahu kan, apa itu tes GRE? Nah, buat kamu yang masih kebingungan soal uang saku selama berkuliah di luar negeri, kamu nggak perlu khawatir. Dengan Topremit, kamu bisa langsung transfer uang ke luar negeri dengan aman, mudah, dan cepat.

Dalam waktu mulai dari 5 menit saja, uang yang kamu transfer ke luar negeri bisa langsung sampai, loh! Sangat mudah dan praktis, kan? Selalu percayakan Topremit untuk transfer uang hingga ke 60 negara di dunia, ya!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.