Jadi Negara Favorit, Simak Tips Sebelum Kuliah di Malaysia!

Apr 22, 2024

Malaysia menjadi salah satu negara tujuan para pelajar Indonesia untuk menempuh pendidikan tinggi. Selain menawarkan pengalaman yang unik, universitas di Malaysia juga memiliki reputasi global dengan fakultas yang berkualitas tinggi.

Berdasarkan data dari The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO), sebanyak 8.440 pelajar Indonesia memilih untuk berkuliah di Malaysia. Angka ini menjadikan Malaysia sebagai salah satu negara favorit pelajar Indonesia, di bawah Australia dengan 13.880 pelajar dan di atas Amerika sebanyak 7.984 pelajar.

Nah, sebelum berkuliah di Malaysia, yuk simak beberapa hal penting yang perlu kamu siapkan berikut ini!

1. Pilih Kampus Yang Tepat

Malaysia memiliki banyak kampus negeri dan swasta dengan berbagai fakultas dan jurusan unggul. Bahkan, universitas terbaik di Malaysia, Universiti Malaya, saat ini termasuk kedalam 100 perguruan tinggi terbaik dunia. Beberapa kampus ternama lain seperti Universiti Kebangsaan Malaysia, Universiti Putra Malaysia, dan Universiti Sains Malaysia juga memiliki reputasi akademik dan jumlah mahasiswa internasional yang tinggi.

2. Pahami Alur Pengajuan Visa dan Perizinan

Memahami persyaratan visa dan perizinan untuk berkuliah di Malaysia menjadi langkah krusial yang perlu dipersiapkan. Proses ini memakan waktu yang cukup lama sehingga calon mahasiswa baru perlu memperkirakan jangka waktu yang tepat untuk mengajukan berkas-berkas penting sebelum semester baru dimulai.

3. Cari Beasiswa Untuk Akomodasi Kehidupanmu

Dalam peringkat QS Best Student Cities, Kuala Lumpur dinobatkan sebagai salah satu kota paling terjangkau di dunia bagi pelajar. Meskipun demikian, rata-rata mahasiswa internasional menghabiskan sekitar RM 14.400 atau IDR 49 juta setiap tahunnya untuk memenuhi biaya hidup sehari-hari termasuk makanan, transportasi, dan akomodasi.

Ada berbagai pilihan beasiswa untuk jenjang S-1 yang bisa kamu daftarkan, seperti INTI International Education Scholarship, ASEAN Maybank Scholarship, hingga CIMB ASEAN Scholarship.

4. Hitung Estimasi Biaya Kuliah

Biaya berkuliah di Malaysia cukup bervariasi bergantung dengan perguruan tinggi dan program studi yang diambil. Rata-rata biaya kuliah berkisar antara RM20.000 hingga RM40.000 per tahun atau setara dengan sekitar IDR 70 juta hingga IDR 140 juta.

Nah, untuk bayar kuliah kamu di Malaysia, kamu bisa banget pakai Topremit. Selain biayanya yang murah, mulai dari IDR 45.000 aja, uang kamu juga bakal sampai langsung ke rekening penerima hanya dalam hitungan menit.

Topremit ini cocok banget untuk kamu karena Topremit punya fitur spesial yang bikin transferanmu diterima atas nama kamu sendiri, bukan atas nama pihak ketiga. Keren banget kan!

Dapetin diskon 50% pakai kode promo MYS50 khusus pengguna Topremit. Yuk daftar sekarang!

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.