Beberapa Negara di Dunia Yang Sudah Menerapkan Sistem Pembayaran Cashless

cashless Aug 16, 2022

Perkembangan teknologi dan komunikasi saat ini memicu beragam inovasi dalam berbagai bidang kehidupan mulai diterapkan. Salah satu inovasi yang saat ini banyak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari adalah pembayaran cashless atau non-tunai.

Dengan metode pembayaran cashless, kamu bisa melakukan transaksi tanpa memerlukan uang tunai seperti cara tradisional. Hal inilah yang membentuk masyarakat non-tunai atau juga dikenal dengan cashless society.

Penerapan metode pembayaran cashless sudah mulai dilakukan secara masif oleh berbagai negara di dunia. Kemudahan dan keamanan yang ditawarkan metode pembayaran cashless membuat banyak negara di dunia mulai menggalakkan penggunaan metode pembayaran ini. Lantas negara mana saja yang sudah menerapkan sistem cashless? Yuk langsung simak daftarnya berikut ini!

5 Negara di Dunia Yang Menerapkan Sistem Cashless

1. Swedia

Menyandang sebagai salah satu negara maju di dunia, Swedia menjadi negara yang menerapkan sistem pembayaran non tunai dengan cakupan yang cukup luas. Di negara ini, kamu akan kesulitan mencari pembayaran dengan uang tunai. Mayoritas masyarakat Swedia mengandalkan layanan perbankan online dan aplikasi pembayaran bernama Swish. Aplikasi ini sangat populer dan digunakan untuk berbagai macam pembayaran dan transaksi.

2. Australia

Australia termasuk ke dalam salah satu negara yang mulai menerapkan sistem pembayaran cashless secara massal. Bahkan di Australia mesin cash mulai dihilangkan dan jumlah total transaksi tunai hanya 4%. Saat ini, masyarakat Australia mulai beralih pada metode pembayaran cashless dengan digital banking yang disediakan pihak bank. Dengan sistem pembayaran ini, masyarakat dapat melakukan berbagai transaksi dengan mudah dan aman.

3. China

Negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia ini disebut sebagai negara yang menerapkan sistem pembayaran cashless dalam skala besar. Di China, transaksi cashless telah dilakukan hingga 55% dari total transaksi. Metode pembayaran cashless yang banyak digunakan di negara ini adalah melalui aplikasi WeChat Pay atau Alipay yang dimiliki oleh Alibaba. Selain mulai banyak diterapkan masyarakat setempat, metode pembayaran cashless ini juga sudah diterapkan untuk turis asing.

4. Inggris

Sistem pembayaran cashless di Inggris sudah mulai diterapkan untuk berbagai transaksi. Mulai dari pembayaran tiket untuk transportasi umum, hingga pembelian barang di minimarket. Metode pembayaran cashless yang banyak digunakan masyarakat Inggris adalah pembayaran dengan kartu kredit, pembayaran online, dan pembayaran tanpa kontak langsung (contactless).

5. Korea Selatan

Korea Selatan juga menerapkan sistem pembayaran secara non-tunai atau cashless payment. Mayoritas masyarakat Korea Selatan mengandalkan aplikasi Alipay dan Wechat Pay untuk berbagai macam pembayaran. Mulai dari pembelian tiket subway atau kereta bawah tanah hingga tiket bus juga sudah didukung pembayaran cashless.

Jadi sudah tahu kan negara mana saja yang sudah menerapkan sistem pembayaran cashless secara massal di dunia?

Nah, sistem cashless tidak digunakan hanya untuk keperluan pembayaran saja, lho. Kalian juga bisa kirim uang ke luar negeri dengan metode cashless seperti yang disediakan Topremit. Dengan Topremit, kamu bisa mengirimkan uang hingga ke 60 negara di dunia secara aman dan cepat. Tenang saja, Topremit juga sudah mendapatkan izin dari Bank Indonesia, sehingga keamanan transaksinya terjamin.

Tunggu apa lagi? Selalu pilih Topremit untuk transfer uang secara mudah, aman, dan cepat ya!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.