CNY dan CNH, Apa Bedanya?

China Apr 26, 2024

China menjadi salah satu negara adidaya dengan perekonomian yang kuat. Banyak impor dan ekspor yang keluar masuk China sebagai bentuk kerja sama antar negara. Seiring berjalannya waktu, sebagian dari kita mengira kalau mata uang resmi China adalah Yuan.  Sebenarnya anggapan ini tidak sepenuhnya benar, loh.

Hal ini bisa menciptakan kebingungan ketika kita ingin membeli barang menggunakan mata uang China. Berbeda dari Indonesia, China menganut sistem yang berbeda untuk menyebut satuan hitung dan mata uang. Ditambah lagi, China memiliki Remimbi CNY dan CNH yang menambah kompleksitas dalam sistem mata uang mereka.

Untuk kamu yang masih bingung, baca artikel ini sampai habis ya!

Apa Perbedaan Yuan dan Renmimbi?

Yuan adalah nama unit atau satuan mata uang Renminbi. Renminbi sendiri merupakan sebutan resmi mata uang yang berlaku di Tiongkok. Misal, sebuah barang disebut memiliki harga 100 yuan. Tapi, akan keliru jika barang tersebut disebut memiliki harga 100 renminbi. Dengan kata lain, "Yuan" berlaku sebagai sebuah satuan atau nilai dari dari barang, sedangkan "Renminbi" adalah nama mata uangnya.

Sebenarnya, tidak ada perbedaan antara keduanya karena Renminbi dan yuan sering digunakan secara bergantian. Sebagai contoh, apabila kamu bertanya kepada penduduk Tiongkok berapa uang yang mereka miliki, maka mereka akan menjawab dalam yuan, misal 10 yuan, 50 yuan, atau 100 yuan. Namun, jika kamu bertanya kepada mereka, "Apa mata uang negara Tiongkok?", maka mereka akan menjawab Renminbi.

Berikut merupakan mata uang Renminbi dengan nominal 100 yuan.

Sumber foto: AP/Kin Cheung

CNY vs CNH

Saat ini, ada dua jenis Renminbi yang dapat digunakan untuk melakukan jual beli, yakni CNY (Chinese Yuan) dan CNH (Chinese Yuan Hong Kong). CNY adalah Yuan China yang diperdagangkan di pasar dalam negeri dan diatur peredarannya oleh negara. Sedangkan, CNH adalah Yuan China yang diperdagangkan di pasar internasional guna berbagai transaksi di banyak negara seperti di Hong Kong, Singapura, Makao, dsb. CNH disebut juga dengan offshore Yuan / offshore Renminbi.

CNY dan CNH memiliki kesamaan nilai yang sama dalam Reminbi. Itu berarti, jika CNH ditukarkan dalam CNY maka rasionya adalah 1:1. Meskpun demikian, CNY dan CNH bukanlah mata uang yang sama. Keduanya dipertukarkan dengan nilai yang berbeda mengingat harga CNH yang fluktuatif di pasar mata uang dunia.

Di sisi lain, CNY diatur oleh Bank Rakyat China atau PBOC dan hanya dapat diakses oleh penduduk China Daratan. Sebaliknya, CNH diperdagangkan bebas di luar China sesuai dengan hukum permintaan dan penawaran di pasar mata uang asing.

Transfer CNY di Topremit

Kamu nggak perlu khawatir kalau kamu mau kirim uang ke China. Pakai Topremit, kamu bisa langsung transfer uang ke China cuma lewat smartphone. Gak pakai lama, uang yang kamu kirim akan sampai di rekening penerima dalam 20 menit. Dengan biaya flat IDR 100K, kamu bisa tambah hemat karena berapapun nominal yang dikirim, biaya transfernya akan tetap sama.

Beragam Layanan Lain Tersedia untuk Penuhi Kebutuhanmu

Selain layanan Bank Transfer Mode Normal dan Mode Instan, kamu juga bisa memilih alternatif lain yang sesuai dengan kebutuhan. Untuk kirim uang ke China melalui Topremit, tersedia juga layanan E-Wallet seperti UnionPay, Alipay & WeChat Pay buat akomodasi kebutuhanmu kalau kamu perlu uang diterima dalam mata uang lokal, yaitu CNY, serta layanan Bank Transfer USD dan SWIFT jika butuh uang diterima dalam Dollar AS.

Cara Kirim Uang ke China

  1. Download Topremit langsung dari Playstore atau Appstore
  2. Isi data diri dan verifikasi identitas kamu
  3. Setelah verifikasi identitas kamu selesai, kamu bisa klik tombol kirim dan pilih China sebagai negara tujuan. Pastikan kamu mengisi jumlah uang sesuai dengan nominal yang mau kamu kirimkan.
  4. Pilih layanan Bank Transfer CNY, Unionpay, Alipay atau Wechat Pay dan isi detail penerima dengan benar.
  5. Selesaikan pembayaran dan uang kamu siap dikirim.

Nah, tunggu apa lagi? Yuk cobain Topremit sekarang untuk nikmati layanan kirim uang ke luar negeri yang mudah digunakan, punya kurs kompetitif, dan bisa memenuhi berbagai kebutuhanmu. Untuk info selengkapnya, jangan ragu hubungi Customer Support kami melalui fitur Live Chat/WhatsApp: 0823 6196 0569.

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.