Ini Metode Pembayaran yang Lebih Murah Dibanding BI Fast

finance Apr 26, 2024

Transaksi perbankan kian mudah berkat kemajuan teknologi. Sekarang, transaksi online dapat dilakukan hanya dalam hitungan menit melalui berbagai metode. Salah satu metode transaksi yang paling populer saat ini adalah BI Fast yang disediakan oleh Bank Indonesia sejak akhir 2021 lalu.

Apa Itu BI Fast?

BI Fast adalah singkatan dari Bank Indonesia Fast Payment. Dilansir dari situs resmi Bank Indonesia, BI Fast merupakan infrastruktur sistem pembayaran ritel nasional yang dapat memfasilitasi pembayaran ritel secara real-time, aman, efisien, dan tersedia setiap saat. BI Fast sendiri bisa digunakan untuk transfer dana antar bank di Indonesia.

Meskipun belum lama dirilis, BI Fast cukup populer karena biaya layanannya yang murah, hanya IDR 2,500. Fitur proxy yang disediakan BI Fast memberikan opsi transfer menggunakan email atau nomor telepon sehingga pengguna tidak memerlukan nomor rekening penerima untuk mengirimkan uang.

Selain BI Fast, terdapat banyak alternatif pembayaran murah lainnya yang bisa pengguna pilih untuk melakukan transaksi dalam negeri, seperti

1. E-Wallet

E-Wallet menjadi salah satu metode pembayaran paling populer di Indonesia. Berdasarkan survei Insight Asia yang bertajuk “Consistency That Leads: 2023 E-Wallet Industry Outlook”, 74% responden lebih memilih E-Wallet untuk melakukan pembayaran online. Gopay, OVO, dan Dana menjadi E-Wallet yang paling banyak digunakan oleh mayoritas responden dalam bertransaksi.

Rata-rata E-Wallet mengenakan biaya top up sekitar IDR 1,000 hingga IDR 2,000 untuk setiap transaksi.

2. QRIS

Metode pembayaran berbasis QR code, Quick Response Code Indonesian Standard atau QRIS menjadi salah satu metode pembayaran yang popularitasnya semakin meningkat. Dilansir dari situs resmi Bank Indonesia, QRIS adalah standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia agar proses transaksi menjadi lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.

Melalui QRIS, pengguna tinggal melakukan scan pada QR Code yang tertera dan transaksi dapat langsung diproses dalam sekejap.

3. Virtual Account

Virtual Account atau VA merupakan alternatif praktis untuk melakukan berbagai pembayaran. Seperti namanya, Virtual Account merupakan akun tidak nyata yang diatur untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Setiap pelanggan akan mendapatkan nomor virtual unik yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran. Metode ini terbilang mudah karena pembeli tidak perlu memasukkan nomor rekening penerima secara manual dan penjual tidak perlu memvalidasi data satu per satu.

4. Paylater

Paylater jadi salah satu metode pembayaran yang paling digemari anak muda saat ini. Layanan ini menjadi populer karena menawarkan kemudahan serta keamanan saat melakukan transaksi online. Selain itu, fitur paylater menjadi solusi bagi masyarakat yang membutuhkan pinjaman dalam waktu cepat, membuatnya dikenal sebagai uang instant.

5. Lokal Transfer Topremit

Selain menyediakan transfer uang ke luar negeri, sekarang kamu bisa pakai Topremit untuk transfer antar bank di Indonesia, lho! Dengan layanan transfer lokal, kamu bisa transfer ke lebih dari 130 bank di indonesia.

Kamu bisa transfer sampai IDR 250 juta per transaksi dengan biaya transfer flat, cuma IDR 1,500 aja. Biaya ini lebih murah dari biaya transfer yang ditawarin BI Fast yaitu IDR 2,500. Kamu juga bisa pilih mode instan yang bikin transferanmu sampai hanya dalam 5 menit saja. Keren banget kan?

Yuk cobain layanan Transfer Domestik dari Topremit biar kamu bisa kirim uang antar bank di Indonesia dengan lebih mudah, murah, dan cepat!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.