Mau Jadi Digital Nomad? Ini dia Beberapa Negara Terbaik Untuk Work From Anywhere!

Digital Nomad Jan 19, 2023

Sejak pandemi melanda, sistem work from anywhere (WFA) atau bekerja dari mana saja dan work from home (bekerja dari rumah) menjadi hal yang lumrah ditemukan di berbagai negara. Kondisi tersebut membuat banyak pekerja lebih memilih sistem kerja yang fleksibel atau bekerja secara remote, alih-alih ke kantor setiap hari.

Selain WFA dan WFH, ada pula konsep digital nomad yang memudahkan karyawan untuk mengerjakan pekerjaannya di mana saja, tanpa perlu ke kantor pada jam tertentu. Penasaran gak sih sama digital nomad? Yuk, langsung simak penjelasannya!

Apa Itu Digital Nomad?

Digital nomad adalah istilah untuk seseorang yang mengandalkan teknologi untuk menjalani hidup dimana saja sambil berpindah-pindah atau nomaden. Konsep ini membuat seseorang lebih mudah untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya, bahkan bekerja dari jarak jauh dan tetap menghasilkan uang seperti karyawan pada umumnya.

Seperti namanya, seseorang yang menerapkan konsep digital nomad sangat bergantung dengan keberadaan internet dan gawai untuk menyelesaikan pekerjaan mereka. Buat kamu yang tertarik menerapkan konsep ini, kamu bisa mencoba mengunjungi beberapa tempat terbaik dibawah ini yang merupakan surga untuk para digital nomad. Ini dia sederet negara yang bisa kamu kunjungi jika kamu ingin jadi digital nomad. Catat baik-baik, ya!

5 Tempat Terbaik Jika Kamu Ingin Jadi Digital Nomad

1. Jerman

Jerman merupakan salah satu negara terbaik yang bisa kamu kunjungi jika tertarik untuk jadi digital nomad. Di negara ini, kamu bisa menggunakan residence permit Jerman yang berlaku untuk pekerja lepas dan wiraswasta dengan masa berlaku mulai dari tiga bulan hingga tiga tahun. Namun tentunya terdapat sederet dokumen dan persyaratan yang perlu kamu serahkan untuk pengajuan izin tinggal sementara di Jerman selama kamu bekerja di sana.

2. Thailand

Buat kamu yang mencari lokasi yang tepat untuk jadi digital nomad di negara-negara Asia, Thailand bisa jadi opsi yang tepat. Di Thailand, khususnya Phuket, kamu bisa mendapatkan fasilitas internet super cepat sehingga membuat pengalaman bekerja menjadi lebih maksimal. Nggak cuma itu, kamu juga bisa bekerja sambil liburan dengan fasilitas wisata yang nggak kalah menarik dibanding negara lainnya di dunia.

3. Islandia

Tempat yang cocok untuk digital nomad selanjutnya adalah Islandia. Negara ini memberlakukan visa digital nomad hingga 180 hari. Nggak cuma itu, kamu juga nggak butuh visa kunjungan untuk mendapatkannya. Jika kamu tertarik untuk menjadi digital nomad di Islandia, pastikan kamu sudah memiliki dokumen dan memenuhi persyaratan untuk pengajuan visa ya.

4. Norwegia

Norwegia bisa jadi pilihan tepat buat kamu yang ingin jadi digital nomad dengan waktu menetap yang relatif lebih lama. Di Norwegia, kamu bisa tinggal sementara dan bekerja selama dua tahun dengan berbekal Independent Contractor Visa. Eits, kamu perlu memenuhi persyaratan yang berlaku untuk mengajukan Independent Contractor Visa lho! Kamu bisa menyerahkan seluruh dokumen dan persyaratan ke konsulat atau kedutaan Norwegia terdekat.

5. Indonesia

Jika kamu ingin menjadi digital nomad di Indonesia, kamu bisa mengunjungi Bali yang dikenal dengan pemandangan pantai yang indah dan memberi efek relaksasi. Di Bali, kamu bisa bekerja sekaligus healing. Dengan begitu kamu nggak perlu khawatir merasa stress akibat pekerjaan. Kamu bisa mengunjungi berbagai daerah yang direkomendasikan untuk jadi digital nomad di Bali, yaitu Seminyak, Ubud, Canggu, hingga Sanur.

Itu dia sederet tempat terbaik untuk kamu yang berminat jadi digital nomad. Dengan menjadi digital nomad, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan yang nggak bakal kamu dapatkan jika kamu jadi karyawan biasa lho. Apa saja keuntungan jadi digital nomad? Ini dia sederet keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan menjadi digital nomad.

Keuntungan Jadi Digital Nomad

1. Kerja Sambil Liburan dan Healing

Liburan dan bekerja seolah menjadi dua hal berlawanan bukan? Nah, dengan jadi digital nomad, kerja sambil liburan dan healing bisa kamu lakukan sekaligus. Kamu bisa mencoba menjadi digital nomad di tempat-tempat indah impian kamu tanpa perlu repot ambil cuti kerja.

2. Mengurangi Stress Saat Bekerja

Dengan keleluasaan memilih tempat kerja dimana saja, kamu nggak perlu khawatir stress saat bekerja karena bosan dengan kegiatan yang monoton. Selain terhindar dari stress saat bekerja, menjadi digital nomad juga bikin kamu bisa jadi lebih produktif dan terasa lebih bersemangat saat bekerja.

3. Mendapatkan Pengalaman dan Suasana Baru

Jika kamu bosan dan penat dengan aktivitas harian yang relatif monoton, menjadi digital nomad bisa jadi pilihan yang tepat. Dengan kebebasan memilih tempat kerja, kamu bakal merasakan pengalaman dan suasana baru yang nggak bakal kamu dapatkan dengan menjadi karyawan biasa.

Wah, banyak sekali ya keuntungan menjadi digital nomad? Jika kamu tertarik menjadi seorang digital nomad di luar negeri, kamu nggak perlu khawatir kesulitan transfer uang. Dengan Topremit, kamu bisa melakukan transfer uang dari Indonesia ke rekening tujuan luar negeri dengan aman dan cepat. Mulai dari 5 menit saja, uang yang kamu transfer ke rekening luar negeri bisa langsung sampai.

Selalu percayakan Topremit untuk transfer uang dengan aman dan nyaman hingga ke 60 negara di dunia ya!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.