Kenali 11 Jenis Visa untuk Kamu yang Mau Ke Luar Negeri

Aug 1, 2023

Saat ini, bepergian ke luar negeri telah menjadi salah satu pilihan bagi masyarakat untuk berbagai macam keperluan, misalnya liburan, urusan bisnis, hingga mengunjungi anggota keluarga yang berada di negara yang berbeda. Untuk kepentingan tersebut, selain memerlukan paspor, biasanya orang yang bepergian ke luar negeri juga memerlukan visa.

Visa merupakan salah satu dokumen penting yang dapat menjadi bukti bahwa kamu diizinkan untuk masuk ke suatu negara dalam kurun waktu tertentu. Berikut adalah jenis-jenis visa yang wajib diketahui jika kamu ingin ke luar negeri.

Visa on Arrival (VoA)

Visa on arrival adalah visa yang diberikan sebagai izin masuk sementara kepada warga negara asing yang ingin memasuki negara tertentu. Berbeda dengan jenis visa lain, VoA dapat dibuat dengan mudah di bandara atau pelabuhan tempat kedatangan dengan menyediakan dokumen-dokumen lengkap yang dibutuhkan. Jenis visa ini juga hanya dapat berlaku di negara-negara tertentu.

Di indonesia sendiri, VoA hanya dapat digunakan untuk enam kegiatan tertentu, yaitu kunjungan wisata, kunjungan tugas pemerintahan, kunjungan pembelian barang, transit, kunjungan rapat, dan kunjungan pembicaraan bisnis.

Visa Kunjungan Wisata (Tourist Visa)

Visa kunjungan wisata atau visa turis adalah jenis visa untuk kamu yang ingin jalan-jalan ke luar negeri karena dapat memungkinkan kamu mendapat izin untuk masuk ke negara tujuan wisata. Syarat dan masa berlaku visa ini juga berbeda-beda, bergantung pada kebijakan dari negara tujuan tersebut.

Visa kunjungan wisata biasa digunakan untuk beberapa keperluan, seperti tugas pemerintahan, pendidikan, sosial budaya, keluarga, bisnis, jurnalistik, atau pariwisata. Di Indonesia sendiri, visa kunjungan wisata termasuk salah satu jenis visa yang paling banyak diajukan oleh masyarakat sehingga diharuskan untuk melakukan pengajuan pembuatan visa sejak jauh-jauh hari sebelum tanggal keberangkatan.

Visa Kunjungan Keluarga (Relative Permits)

Visa kunjungan keluarga adalah visa yang dapat kamu gunakan untuk mengunjungi sanak keluarga di negara lain. Biasanya, jenis visa ini juga harus diajukan jauh-jauh hari sebelum keberangkatan dan berlaku selama 90 hari atau tiga bulan sejak diterbitkan. Pengurusan visa kunjungan keluarga membutuhkan surat undangan  dan surat pernyataan bahwa kamu akan menjadi tanggung jawab keluarga kamu yang berada di luar negeri tersebut.

Visa Kunjungan Bisnis

Visa kunjungan bisnis adalah visa yang biasa digunakan oleh para pebisnis yang akan pergi ke luar negeri dalam jangka waktu pendek. Biasanya visa ini dipakai untuk kunjungan ke kantor pusat/cabang, seminar, rapat bersama klien, serta mengunjungi pameran.

Visa Bisnis

Visa bisnis sekilas terlihat mirip dengan visa kunjungan bisnis. Bedanya, visa bisnis diperuntukkan bagi para pebisnis yang ingin menjalankan kegiatan bisnis atau membangun perusahaan di negara lain dalam jangka waktu tertentu yang cukup lama. Jenis visa ini dapat diperpanjang jika pebisnis tersebut ingin tinggal permanen di suatu negara.

Visa Kerja (Work Visa)

Visa kerja adalah visa yang dipakai oleh orang-orang yang akan menjadi pekerja asing di negara lain. Visa kerja dibagi atas beberapa macam, yaitu visa kerja sementara, semi-permanen, dan permanen. Jenis visa kerja yang dipilih biasanya disesuaikan dengan lama kontrak kerja yang diterima dan dapat diperpanjang atau beralih ke visa tinggal setelah jangka waktu tertentu.

Visa Diplomatik

Visa diplomatik dikhususkan bagi orang-orang pemegang paspor diplomatik. Untuk mendapatkan visa ini, seseorang harus mendapatkan tugas yang bersifat diplomatik dari negara dan akan dibantu pengurusan visanya oleh instansi negara yang menugasinya.

Exit Visa

Exit visa digunakan oleh warga negara asing yang harus meninggalkan suatu negara karena ditahan maupun dipenjara atau warga negara yang ingin meninggalkan negaranya sendiri untuk menuju negara lain.

Visa Pegawai Internasional (Corporate Permits)

Visa pegawai internasional adalah visa untuk orang yang menjadi perwakilan suatu negara untuk perusahaan internasional atau orang yang bekerja untuk instansi maupun badan internasional.

Visa Pertukaran Pelajar (Exchange Permits)

Hampir sama dengan visa belajar, visa pertukaran pelajar ini diperuntukkan bagi siswa atau mahasiswa yang ingin belajar di luar negeri, bedanya dalam program pertukaran pelajar. Pembuatan visa jenis ini tergolong cukup mudah karena biasanya dibantu oleh lembaga pelaksana program tersebut.

Visa Pelajar (Student Permits)

Visa belajar memang ditujukan untuk siswa atau mahasiswa yang bersekolah atau berkuliah di luar negeri. Pengajuan visa ini cukup mudah asalkan sudah memenuhi semua syarat untuk belajar di luar negeri dan berlaku selama masa menempuh pendidikan, termasuk pada saat liburan.

Oh iya, bagi kamu para pelajar di luar negeri yang memiliki kebutuhan mendesak, misalnya untuk pembayaran uang sekolah, kamu dapat menggunakan Topremit. Topremit memungkinkan uang kamu sampai dalam hitungan menit dengan full amount tanpa biaya tersembunyi.

Itulah jenis-jenis visa yang harus kamu ketahui jika ingin pergi ke luar negeri. Untuk pembuatan dan masa berlaku, biasanya tergantung dari kebijakan negara yang menjadi tujuan kamu. Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat, ya!

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.