Ingin Kerja di Luar Negeri? Kenali Terlebih Dahulu Tentang Work Permit!

work permit Aug 15, 2022

Berkesempatan untuk bekerja di luar negeri mungkin menjadi impian bagi sebagian kalangan masyarakat. Namun satu hal penting yang perlu kamu persiapkan sebelum bekerja di luar negeri adalah dokumen izin bekerja di luar negeri. Dokumen ini biasanya dikenal dengan nama work permit.

Tanpa work permit, kamu akan mengalami berbagai hambatan bahkan tidak mendapat izin tinggal di negara tujuan. Lantas apa itu work permit? Yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Penjelasan Tentang Apa Itu Work Permit

Work permit atau juga disebut sebagai visa kerja merupakan dokumen berisi perizinan untuk warga negara asing agar dapat bekerja di negara lain. Dokumen ini menjadi persyaratan bagi calon pekerja untuk dapat bekerja atau mencari pekerjaan di negara lain. Dengan dokumen ini, seorang warga negara asing yang menetap untuk keperluan pekerjaan dapat memperoleh hak dan fasilitas yang disediakan suatu negara.

Ada banyak sekali jenis work permit yang bisa kamu gunakan sesuai dengan jangka waktu dan kontrak kerja yang kamu miliki. Apa saja jenis work permit tersebut? Berikut sederet jenis work permit yang bisa kamu gunakan.

Jenis Work Permit Yang Umum Dijumpai

1. Permanent Work Permit

Seperti namanya, permanent work permit merupakan dokumen yang digunakan karyawan asing untuk menjalani kontrak kerja tetap dalam suatu negara. Untuk mendapatkan jenis work permit ini, tentunya seorang karyawan perlu memenuhi syarat tertentu. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah karyawan asing yang dipekerjakan secara tetap tersebut tidak akan berdampak buruk terhadap upah dan kondisi tenaga kerja dari dalam negeri jika dipekerjakan pada posisi yang sama. Itu berarti pengusaha yang akan mengajukan dokumen ini perlu memastikan terlebih dahulu apakah kemampuan tenaga kerja asing memang belum bisa dicukupi dari tenaga kerja dalam negeri.

2. Temporary Work Permit

Dokumen izin kerja satu ini akan diberikan kepada karyawan asing untuk kepentingan bekerja dalam jangka waktu tertentu. Seperti namanya, dokumen ini bersifat sementara dan terbatas sehingga tidak dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Dokumen ini dapat diberikan pula pada atlet asing yang akan melakukan pertandingan di luar negeri atau bahkan pekerja seni yang memiliki kepentingan pekerjaan di negara lain.

3. Open Work Permit

Tidak seperti permanent work permit dan temporary work permit, open work permit ini tidak diberlakukan semua negara di dunia. Dokumen yang juga dikenal sebagai visa kerja terbuka ini tidak spesifik pada pekerjaan tertentu. Untuk mengajukan dokumen ini, kamu tidak diwajibkan menyertakan bukti offering letter dari perusahaan di negara tujuan. Biasanya, dokumen ini digunakan freelancer asing yang bekerja di luar negeri.

Persyaratan Untuk Mendapatkan Work Permit

Untuk dapat memiliki work permit atau dokumen izin kerja di luar negeri, tentunya kamu perlu memenuhi persyaratan yang berlaku. Secara umum, persyaratan untuk mendapatkan work permit antara lain:

  • Bekerja di bidang non-strategis pemerintah.
  • Pekerjaan tersebut tidak akan berdampak buruk terhadap upah dan kondisi tenaga kerja lokal yang memiliki pekerjaan serupa.
  • Merupakan karyawan yang bekerja bidang pekerjaan yang tidak memiliki cukup tenaga kerja lokal.
  • Bersedia mengikuti undang-undang ketenagakerjaan yang berlaku di negara tujuan.

Sebagai informasi, persyaratan pengajuan work permit ini tentu berbeda-beda antara satu negara dengan negara lainnya. Maka dari itu kamu perlu memastikan kembali syarat khusus yang diberlakukan di negara tujuan kamu bekerja. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah mengurus pengajuan dokumen.

Nah, untuk urusan pengiriman uang ke luar negeri di tempat kamu bekerja, kamu bisa mengandalkan Topremit yang dijamin aman dan terpercaya. Dengan Topremit, kamu dapat melakukan transfer uang ke berbagai negara di dunia dengan mudah dan cepat. Kamu hanya perlu waktu mulai dari 5 menit saja hingga uang yang ditransfer sampai ke rekening tujuan. Sangat mudah dan cepat, kan? Selalu gunakan Topremit untuk pengiriman uang yang dijamin aman dan mudah ke lebih dari 60 negara di dunia, ya!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.