Mengenal Kode Referral Sebagai Tren Pemasaran, Tertarik Mencoba?

referral Aug 9, 2023

Apa kamu pernah mendengar atau menemukan istilah kode referral? Kira-kira kenapa ya saat ini banyak sekali perusahaan atau brand yang menggunakan kode referral sebagai salah satu strategi pemasaran? Penasaran, kan? Berikut Topremit akan memberikan informasi lengkap mengenai kode referral agar kamu nggak bingung lagi. Simak sampai tuntas, yuk.

Definisi Kode Referral

Dilansir dari Voucherify kode referral adalah gabungan dari angka, huruf, atau keduanya yang digunakan untuk mengidentifikasi orang-orang yang tergabung dalam affiliate marketing. Kode referral juga dipakai untuk mengajak orang lain melakukan pembelian atau bergabung ke suatu platform. Biasanya jika orang lain menggunakan kode referral tersebut, si pemilik atau orang yang membagikan kode referral tadi akan mendapatkan keuntungan, misalnya cashback, komisi, diskon produk, dan lain-lain. Pengguna kode juga bisa mendapat keuntungan, lho. Misalnya memperoleh harga spesial atau diskon tertentu.

Dari sisi perusahaan atau brand, penggunaan kode referral dapat mengundang konsumen dengan lebih efektif. Hal ini disebabkan karena konsumen cenderung lebih yakin untuk menggunakan suatu produk atau layanan ketika mendapat rekomendasi dari orang lain.

Benefit Kode Referral

Setelah mengetahui apa itu kode referral, kamu juga harus mengenal keuntungan penggunaan kode referral, nih. Berikut informasinya.

Bagi Konsumen

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bagi konsumen yang menjadi pemberi kode, penggunaan kode referral oleh orang lain akan memberikan benefit tersendiri. Benefit yang dimaksud dapat berupa diskon spesial, poin, voucher khusus, komisi, dan lainnya, yang bisa didapatkan tanpa harus mengeluarkan modal. Selanjutnya, jika menjadi pemilik kode referral, kamu berpeluang mendapatkan benefit tadi dalam waktu cukup lama karena biasanya kode referral yang didapat dari referral program bersifat jangka panjang.

Bagi Perusahaan atau Brand

Bagi perusahaan atau brand sendiri, penggunaan kode referral memiliki beberapa fungsi. Fungsi-fungsi tersebut di antaranya adalah untuk mendatangkan lebih banyak konsumen dan membangun loyalitas pelanggan.

Cara Kerja Kode Referral

Jika kamu tertarik dan ingin punya kode referral sendiri, kamu juga harus mengenal terlebih dahulu bagaimana cara kerja kode referral.

  1. Buat kode referral yang akan kamu bagikan kepada calon pengguna
  2. Bagikan kode referral tersebut kepada keluarga, teman, orang-orang terdekat, maupun secara luas di media sosial yang kamu miliki
  3. Setelah calon pengguna mendapatkan kode referral kamu, arahkan mereka untuk melakukan redeem atau menggunakannya, ya
  4. Klaim benefitmu setelah calon pengguna berhasil melakukan redeem code.

Program Referral

Jika kamu berminat untuk bergabung di program referral, maka salah satu yang bisa jadi pilihanmu adalah milik Topremit. Program referral dari Topremit memungkinkan kamu dan pengguna referral link untuk mendapatkan voucher senilai IDR 120K yang bisa dipakai ketika ingin mengirim uang ke luar negeri.

Cara dapetinnya juga mudah, lho, cuma 4 langkah aja.

  1. Bagikan referral link  dari akun Topremit kamu.
  2. Ajak keluarga, teman, serta orang-orang terdekat untuk mendaftarkan diri di Topremit dengan referral link tersebut.
  3. Orang yang mendaftar dengan referral link kamu akan langsung mendapatkan voucher  senilai IDR 120K yang bisa dipakai untuk pengiriman uang ke luar negeri.
  4. Kamu juga bisa mendapatkan voucher senilai IDR 120K yang sama setelah pengguna referral link menyelesaikan transaksi kirim uang ke luar negeri pertamanya

Nah kalau tertarik untuk ikutan program referral Topremit, kamu bisa cek di sini untuk informasi detailnya, ya! Tunggu apa lagi? Ajak keluarga, teman, serta orang-orang terdekat kamu pakai Topremit dan dapatkan vouchernya!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.