Jelajahi Kelezatan Makanan Korea Berkuah yang Menggugah Selera

korea Aug 15, 2023

Ketika berbicara mengenai kuliner dari Korea, sayang sekali kalau kamu melewatkan lezatnya makanan berkuah yang menjadi ikon masakan tradisional Korea. Visual menarik dan kombinasi cita rasa yang menggoda dapat membuat siapa saja berkeinginan untuk memakannya. Makanan-makanan berkuah Korea ini tidak hanya jadi favorit di negara asalnya saja tetapi juga banyak diminati oleh orang-orang dari luar negeri. Penasaran? Ini ulasannya!

Ramyeon

Ramyeon

Siapa yang tidak mengenal ramyeon? Makanan ini jadi salah satu makanan sehari-hari masyarakat Korea dan semakin terkenal di berbagai negara karena kerap muncul di drama Korea. Ramyeon adalah hidangan mie ala Korea yang biasanya berkuah dan memiliki cita rasa pedas.

Saat ini di negara asalnya sendiri, ramyeon dikenal sebagai makanan instan yang hanya perlu dimasak dengan direbus dalam waktu singkat. Ramyeon juga dilengkapi dengan bumbu. Bahan-bahan yang biasa ditambahkan dalam ramyeon adalah gochujang (pasta cabai), kimchi, daging atau seafood, sayuran, rumput laut, hingga keju.

Kimchi Jjigae

Kimchi Jjigae

Makanan satu ini juga cukup sering muncul di drama Korea. Seperti namanya, kimchi jjigae terbuat dari rebusan kimchi, berwarna merah, memiliki cita rasa gurih, pedas, dan menyegarkan dengan kuah yang lebih kental dibanding sup biasanya. Bahan-bahan yang sering ditambahkan ketika membuat kimchi jjigae yaitu tahu, sawi putih, tauge, jamur, hingga berbagai jenis daging.

Kimchi jjigae sering dipakai sebagai teman makan nasi dan dihidangkan dalam panci berukuran cukup besar sehingga dapat dimakan bersama-sama.

Miyeok Guk

Miyeok Guk

Secara harfiah, kata miyeok berarti rumput laut, dan guk berarti sup. Miyeok guk atau sup rumput laut memang dibuat dari rumput laut kering yang sebelumnya sudah direndam terlebih dahulu agar teksturnya menjadi lunak dan diberi kaldu sapi sebagai kuahnya. Miyeok guk sebagai hidangan pendamping juga jadi salah satu makanan favorit untuk disantap bersama keluarga karena rasanya yang lezat dan dapat menghangatkan badan, khususnya ketika musim dingin.

Selain itu, terdapat tradisi unik mengenai miyeok guk, yaitu setiap orang yang berulang tahun dianjurkan memakan miyeok guk sebagai perwujudan rasa terima kasih kepada ibu yang telah mengandung selama 9 bulan. Hal ini dikarenakan mayoritas masyarakat Korea banyak mengkonsumsi rumput laut selama hamil karena diyakini memiliki khasiat yang baik untuk bayi.

Naengmyeon

Naengmyeon

Naengmyeon adalah mie dari tepung soba dan tepung kentang yang disajikan dalam keadaan dingin. Oleh sebab itu, naengmyeon biasa dinikmati saat musim panas karena menyegarkan. Hidangan ini biasa disajikan dengan lobak putih, kaldu kimchi, daun bawang, pir, telur rebus, dan cabai hijau. Tidak jarang naengmyeon juga dihidangkan bersamaan dengan daging sapi.

Terdapat dua jenis naengmyeon, yaitu mul naengmyeon dan bibim naengmyeon. Mul naengmyeon adalah naengmyeon yang disajikan dengan kaldu sapi dingin, sedangkan bibim naengmyeon adalah mie dingin yang dicampur merata dengan gochujang sebelum dinikmati.

Jjampong

Jjampong

Jjampong merupakan mi bercita rasa pedas yang disajikan dengan kuah kaldu seafood dan daging. Tekstur mienya lembut dan sedikit kenyal dengan ukuran tidak terlalu lebar yang cenderung tipis. Popularitas jjampong di Korea disebut-sebut sejajar dengan jjajangmyeon (mi dengan pasta kacang hitam).

Saat ini ada banyak varian jjampong yang bisa kamu pilih, misalnya jjampong dengan berbagai macam isian seafood berbeda dan beragam level pedas. Bagi kamu yang tidak menyukai makanan pedas, saat ini sudah banyak tersedia varian jjampong yang dapat jadi pilihan.

Galbitang

Galbitang

Galbitang adalah makanan yang biasa dikonsumsi saat musim dingin dan terbuat dari iga sapi yang dimasak dengan bumbu seperti bawang putih, jahe, serta kecap asin. Iga sapi dan bumbu-bumbu tersebut dimasak bersamaan selama beberapa jam untuk mendapatkan tekstur daging yang lembut dan rasa kaldu sapi yang autentik. Untuk penyajiannya, galbitang juga sering ditemani daun bawang serta sayuran, misalnya wortel.

Galbitang merupakan salah satu hidangan yang digemari di Korea karena dianggap menyehatkan dan bergizi. Di zaman dahulu, galbitang biasa disuguhkan kepada tamu yang sedang berkunjung, namun saat ini galbitang dapat ditemukan di restoran sebagai pengganti hidangan mi.

Sundubu Jjigae

Sundubu Jjigae

Dilihat dari namanya, sebenarnya sudah terlihat jelas apa yang menjadi bahan utama hidangan ini. Sundubu berarti tahu halus atau tahu sutera, sedangkan jjigae berarti sup. Sundubu jjigae adalah makanan berbahan dasar tahu halus yang biasanya dihidangkan di dalam ttukbaegi atau pot keramik berwarna hitam dengan didampingi kimchi dan nasi.

Bahan utama yang tidak boleh dilewatkan ketika membuat sundubu jjigae adalah gochugaru atau bubuk cabai yang membuat sup satu ini punya warna merah yang menggoda. Untuk bahan tambahan lainnya antara lain kerang, jamur, jeotgal dan telur. Sundubu jjigae banyak digemari oleh orang tua karena tekstur tahu sutera yang lembut membuatnya tidak sulit untuk dikunyah.

Itulah beberapa makanan Korea berkuah yang lezat dan wajib kamu coba. Kalau dinikmati saat hujan, wah tambah mantap!

By the way, mengenai Korea, jika kamu butuh kirim uang ke Korea untuk beragam keperluan, bisa banget pakai Topremit. dengan biaya transfer mulai dari IDR 55K aja, uang kamu bisa sampai ke rekening penerima dalam hitungan menit. Kamu juga bisa bertransaksi kapanpun dan di manapun dari smartphone tanpa harus repot ke luar rumah. Yuk, cobain Topremit sekarang!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.