Pengertian dan Penjelasan Tentang Remunerasi, Apa Tujuannya?

remunerasi Aug 18, 2022

Dalam dunia kerja, remunerasi menjadi salah satu hal yang cukup familiar, khususnya bagi karyawan yang bekerja di suatu perusahaan. Remunerasi juga dikenal sebagai istilah untuk imbalan atau kompensasi yang diterima karyawan.

Biasanya, remunerasi diberikan ke karyawan atas partisipasi dan kontribusinya dalam kemajuan perusahaan. Maka tak heran jika remunerasi seringkali disamakan dengan penghargaan atas prestasi atau pencapaian kerja karyawan.

Untuk mengetahui lebih dalam apa itu remunerasi, tujuan pemberian remunerasi, contoh remunerasi, dan perbedaannya dengan gaji, yuk simak pemaparan lengkapnya berikut ini.

Pengertian Remunerasi

Remunerasi merupakan istilah untuk kompensasi moneter dan non finansial yang diperoleh karyawan. Pemberian remunerasi oleh perusahaan atau pemberi kerja dapat diwujudkan dalam berbagai bentuk, mulai dari gaji tetap, komisi, bonus, uang lembur, hingga pembiayaan ketika karyawan sakit.

Remunerasi juga mencakup segala bentuk manfaat finansial yang bisa dinikmati oleh karyawan sebagai hasil pekerjaan yang telah diselesaikannya. Bahkan beberapa orang menyebut remunerasi sebagai penghargaan atau pemberian balas jasa atau hadiah khusus atas kontribusi yang dilakukan karyawan terhadap perusahaan.

Tujuan Remunerasi

Pemberian remunerasi tentunya dilakukan dengan tujuan tertentu. Baik perusahaan swasta maupun instansi pemerintahan memberlakukan pemberian remunerasi dengan tujuan khusus, yaitu bagi kemajuan perusahaan. Berikut sederet tujuan remunerasi yang diberikan perusahaan bagi karyawan:

1. Meningkatkan Kesejahteraan Karyawan

Pemberian remunerasi pada karyawan yang paling utama adalah meningkatkan kesejahteraan karyawan. Dengan pemberian remunerasi yang sesuai, karyawan akan lebih totalitas dalam menyelesaikan pekerjaannya serta disisi lain karyawan tersebut pun akan semakin merasa nyaman dan bisa fokus dalam bekerja.

2. Meningkatkan Produktivitas Karyawan

Dengan kesejahteraan karyawan yang meningkat, pemberian remunerasi juga berpengaruh pada peningkatan produktivitas karyawan. Berkat performa karyawan yang berkualitas, tujuan yang diinginkan perusahaan juga dapat dicapai dengan lebih mudah.

3. Menjaga Kualitas Performa Karyawan

Saat produktivitas karyawan mengalami peningkatan, pemberian remunerasi dapat membuat karyawan lebih betah bekerja dan terus memberikan performa yang lebih baik. Dengan begitu, perusahaan akan tetap memiliki karyawan berkualitas. Bahkan pemberian remunerasi juga dapat meminimalisir kemungkinan terjadinya KKN dalam perusahaan karena penghasilannya tercukupi.

Contoh Remunerasi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, remunerasi bisa diberikan dalam berbagai bentuk. Berikut beberapa contoh remunerasi yang diberikan perusahaan bagi karyawan:

1. Pemberian Uang Jaminan Kesehatan

Remunerasi dalam bentuk uang jaminan kesehatan dapat diberikan sebagai bentuk perhatian perusahaan pada karyawan yang sakit. Pemberian remunerasi ini dapat diwujudkan dalam bentuk reimburse biaya pengobatan saat karyawan sakit.

2. Memberikan Bonus untuk Karyawan Berprestasi

Remunerasi juga bisa berbentuk bonus atau gaji tambahan yang diberikan perusahaan untuk karyawan yang memiliki prestasi atau pencapaian yang berpengaruh terhadap kemajuan perusahaan. Untuk pemberian remunerasi yang sesuai, perusahaan perlu melakukan penilaian dalam kurun waktu tertentu guna menentukan karyawan yang berhak menerima bonus.

3. Kenaikan Gaji Secara Berkala

Pemberian remunerasi ini umumnya dilakukan perusahaan bagi karyawan yang telah berkontribusi bagi perusahaan dalam jangka waktu tertentu. Pemberian remunerasi ini juga perlu dilakukan secara berkala agar loyalitas karyawan tetap terjaga.

Perbedaan Remunerasi dan Gaji

Masih banyak kalangan yang menganggap remunerasi dan gaji merupakan dua hal yang sama. Namun remunerasi mencakup hal yang lebih luas lagi, mulai dari bonus, uang lembur, uang jaminan kesehatan, insentif, dan masih banyak lagi bentuk kompensasi lainnya yang diberikan dalam jangka waktu tertentu.

Hal tersebut berbeda dengan gaji, karena gaji diberikan dalam jumlah yang tetap dan dilakukan secara rutin sesuai dengan kontrak yang telah disetujui antara pihak karyawan dan perusahaan.

Itu dia penjelasan singkat mengenai pengertian remunerasi lengkap dengan contoh, tujuan pemberian, dan perbedaan remunerasi dengan gaji yang diterima karyawan.

Kalau kamu termasuk karyawan yang menerima remunerasi serta ingin transfer uang tersebut ke luar negeri dengan mudah, aman, dan cepat, kamu bisa percayakan ke Topremit. Dengan Topremit, uang yang kamu transfer ke rekening luar negeri bisa langsung sampai dengan waktu mulai dari 5 menit saja. Tenang saja, Topremit juga telah diawasi Bank Indonesia, sehingga keamanan transaksi kamu terjamin. Tunggu apa lagi, selalu pilih Topremit untuk transfer uang hingga ke 60 negara di dunia.

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.