5 Stadion di Spanyol Paling Megah dan Ikonik

spanyol Sep 27, 2023

Selain kehidupan dan budaya yang unik, Spanyol juga terkenal dengan olahraga yang paling banyak digemari di dunia, sepak bola. Banyak klub bola dari negara tersebut yang sudah mendunia sejak bertahun-tahun lalu melalui Liga Spanyol, sebut saja Real Madrid, FC Barcelona, Sevilla FC, hingga Valencia CF. Oleh karena itu, di berbagai kota di Spanyol terdapat stadion sebagai rumah sekaligus simbol kejayaan masing-masing klub yang dibangun dengan megah, ikonik, dan bersejarah hingga tak jarang menjadi destinasi wisata para pecinta bola. Buat kamu si penggemar Liga Spanyol, berikut 5 stadion di Spanyol paling populer dan wajib kamu kunjungi.

Stadion Anoeta

Anoeta Stadium

Stadion Anoeta atau juga dikenal sebagai Reale Arena pertama kali dibuka pada 1993. Memiliki kapasitas 40 ribu kursi, stadion ini berlokasi di Basque Country dan menjadi kandang bagi Real Sociedad. Beberapa tahun terakhir, Stadion Anoeta mengalami berbagai proses renovasi untuk peningkatan fasilitas pelatihan, fasilitas VIP, dan jumlah tempat duduk.

Stadion Anoeta memiliki atap melengkung yang ikonik tanpa lintasan atletik. Hal ini berperan untuk membuat suporter merasa lebih dekat dengan para pemain sekaligus membentuk atmosfer yang lebih meriah.

Stadion Ramón Sánchez Pizjuán

Ramón Sánchez Pizjuán

Stadion Ramón Sánchez Pizjuán memiliki kapasitas 43,883 kursi dan berlokasi di Kota Sevilla, Spanyol. Tempat ini dibuka pada 1958 sebagai markas bagi salah satu klub tersukses di Liga Eropa, Sevilla FC, sekaligus stadion paling ikonik yang namanya berasal dari presiden klub bola tersebut selama 17 tahun, Ramón Sánchez Pizjuan. Stadion ini adalah saksi dari berbagai momen bersejarah Sevilla FC dalam memperoleh gelar domestik maupun internasional, salah satunya yaitu kemenangan mereka atas Espanyol di final UEFA 2007/2008.

Dari segi tampilan, Stadion Ramón Sánchez Pizjuán adalah kombinasi arsitektur khas Spanyol dengan gaya modern. Memiliki atap di tribun utama yang dapat melindungi dari teriknya cuaca Kota Sevilla, tempat ini menawarkan fasilitas modern dan atmosfer unik bagi kamu, para pecinta sepak bola atau suporter Sevilla FC.

Stadion Mestalla

Stadion Mestalla atau Estadio de Mestalla terletak di Avenida Suécia s/n, 46010 Valencia, Spanyol, dan merupakan rumah bagi klub bola Valencia CF. Dibuka pada 1923, stadion ini menyimpan cerita sejarah berbagai peristiwa termasuk berlangsungnya Piala Dunia 1982. Sejak awal berdiri, Mestalla sempat mengalami beberapa proses renovasi sebelum menjadi seperti sekarang.

Sebagai stadion terbesar ke-7 di Spanyol, Mestalla berkapasitas hingga 55 ribu penonton dan dikenal memiliki tribun berbentuk terasering dengan sudut tajam. Selain itu, terdapat dua menara khas di luar stadion yang dapat membuat pengunjung tetap mengingat sejarah panjang Stadion Mestalla.

Stadion Santiago Bernabéu

Santiago Bernabéu

Stadion Santiago Bernabéu adalah lambang kejayaan Real Madrid yang telah dibuka sejak 1947. Stadion ini berkapasitas 81 ribu kursi dan terletak di Madrid, Spanyol. Arsitektur megah hingga fasilitas mewah, termasuk lounge VIP dan restoran eksklusif, menjadikan Santiago Bernabéu sebagai stadion paling terkenal di dunia. Untuk kamu yang mau jalan-jalan ke sini, tak perlu khawatir akan kebingungan karena terdapat tur interaktif yang akan mengajak kamu melihat sejarah stadion dari sudut pandang yang berbeda. Di sini juga terdapat Museum Real Madrid, tempat perjalanan dan prestasi klub tersebut dipamerkan.

Stadion Camp Nou

Camp Nou Stadium

Stadion terakhir yang harus kamu kunjungi adalah Camp Nou. Stadion berkapasitas lebih dari 99 ribu kursi ini telah dibuka sejak 1957 dan merupakan rumah bagi klub raksasa Liga Spanyol, FC Barcelona. Saat ini Camp Nou masih dalam proses renovasi yang diestimasi akan selesai pada 2025 dan akan berganti nama menjadi Spotify Camp Nou. Lewat proses renovasi tersebut kapasitas stadion akan ditambah menjadi 105 ribu kursi dengan fasilitas-fasilitas baru yang modern untuk pemain maupun penggemar.

Itulah 5 stadion megah dan ikonik milik klub-klub raksasa Liga Spanyol. Oh iya, ngomongin tentang Spanyol, kamu bisa pakai Topremit untuk kirim uang ke Negeri Matador ini secara mudah lewat handphone, lho. Kamu juga akan tetap hemat saat kirim uang ke Spanyol karena biaya transfernya flat, mulai dari IDR 75K dan uang akan sampai mulai dalam 20 menit.

Gimana? Tertarik untuk cobain Topremit?  Yuk, klik tombol di bawah untuk cari tahu lebih lanjut.

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.