Tradisi Valentine Unik di Berbagai Negara di Dunia

holiday Feb 8, 2022

Valentine atau Hari Kasih Sayang banyak dirayakan oleh masyarakat dunia, termasuk Indonesia. Pada momen ini, sepasang kekasih biasanya akan bertukar kado atau saling memberikan cokelat, bunga mawar, perhiasan, atau benda lainnya, yang mengekspresikan kasih sayang kepada pasangan.

Di dunia, hari Valentine dirayakan dengan cara berbeda-beda. Mereka merayakan Hari Kasih Sayang dengan kebiasaan yang unik, mulai dari mengirim simbol babi, memasang gembok, hingga mengadakan acara pencarian jodoh. Kalau kamu penasaran seperti apa tradisi unik di berbagai belahan dunia dalam merayakan Valentine, simak ulasannya di bawah ini, yuk!

Tradisi Valentine Di Berbagai Negara

1. Inggris

Kebiasaan unik ketika Valentine di Inggris dilakukan oleh para wanita di sana. Pada malam Hari Kasih Sayang, mereka akan menaruh 5 lembar daun salam di bantal mereka. Masing-masing daun diletakkan di setiap sudut kamar, sedangkan satu daun lainnya ditaruh di tengah kamar atau di kasur. Cara ini mereka lakukan demi mewujudkan pria idaman.

2. Italia

Di Italia, kaum hawa memiliki kepercayaan bahwa bangun sebelum fajar akan memiliki kesempatan baik untuk menemukan jodoh mereka. Mereka berkeyakinan bahwa pria yang dilihat pertama kali pada hari Valentine adalah jodoh yang akan dinikahinya pada tahun itu atau mirip dengan pria yang akan dinikahinya.

3. Jerman

Kalau kamu di Jerman, jangan sakit hati ketika ada seseorang mengirimkan simbol babi. Di momen Hari Kasih Sayang, para pria di Jerman akan mengirimkan simbol babi sebagai ungkapan kasih sayangnya. Babi dianggap sebagai pembawa keberuntungan dan pembawa gairah. Maka dari itu orang-orang di sana akan saling bertukar benda yang berbentuk babi.

4. Afrika Selatan

Tradisi Lupercalia lazim dilakukan di Afrika Selatan ketika Valentine tiba. Dalam tradisi ini, para wanita akan menyematkan nama pria yang dicintainya di lengan baju. Momen ini menjadi kesempatan untuk para pria mengetahui siapa pengagum rahasianya. Banyak pria dan wanita akhirnya menjadi sepasang kekasih berkat tradisi ini.

5. Korea Selatan

Perempuan di Korea Selatan akan memberikan coklat kepada pujaan hatinya. Sementara sang pria akan membalas pemberian tersebut sebulan kemudian pada tanggal 14 Maret atau dikenal sebagai White Day. Sementara untuk wanita dan pria yang tidak mendapatkan jodoh, mereka akan membuat acara perkumpulan mengenakan pakaian serba hitam pada tanggal 14 April.

6. Jepang

Mirip dengan di Korea Selatan, wanita Jepang pun punya tradisi mengirimkan coklat kepada pria pujaan hatinya. Sang pria akan membalas pemberian wanita sebulan setelahnya. Cokelat yang diberikan wanita Jepang biasanya ada dua jenis. Choco Giri untuk sahabat, serta Kolega dan Honmei Choco untuk pria idamannya.

7. Denmark

Hal unik yang dilakukan masyarakat Denmark ketika merayakan Valentine adalah mengirim bunga salju atau snow drops. Para pria di sana juga akan memberikan puisi tanpa nama atau disebut Gaekkebrew. Puisi itu diberi tanda titik-titik rahasia. Jika penerima bisa menebak pengirim puisi itu, dia bakal memberikan hadiah berupa telur Paskah.

8. Prancis

Di Prancis, para sejoli akan memasang gembok di jembatan Pont des Arts dan membuang kuncinya ke sungai Seine. Tradisi ini sebagai ungkapan bahwa cinta mereka sejati dan selamanya. Namun sejak tahun 2015 tradisi itu dihilangkan. Sebagai gantinya, beberapa jembatan di Kota Paris boleh dipasangi gembok.

9. Meksiko

Valentine di Meksiko bukan hanya diperingati sebagai hari cinta kasih, melainkan juga sebagai hari pertemanan. Masyarakat yang merayakannya akan mengirimkan balon, bunga, boneka, atau kartu ucapan yang diberikan kepada sahabat atau kekasih.

10. Finlandia dan Estonia

Sama seperti Meksiko, di Finlandia, Valentine juga dirayakan sebagai hari pertemanan. Sehingga perayaan ini lebih meriah karena dirayakan hampir semua lapisan masyarakat. Sedangkan di Estonia, orang-orang yang belum mendapatkan jodoh akan berkumpul di sebuah bus cinta untuk mencari pasangannya.

Itulah beberapa perayaan atau tradisi unik dalam memperingati Hari Valentine di belahan dunia. Selain hadiah berupa barang dan makanan, kamu juga bisa memberikan kado berupa uang kepada sahabat, atau orang terkasih. Untuk orang-orang yang berada di luar negeri, kamu bisa mengirimnya dengan Topremit.

Topremit melayani transfer uang ke luar negeri dengan cepat dan aman karena sudah mendapatkan izin dari Bank Indonesia. Selain itu, layanan remitansi Topremit sudah dipercaya lebih dari 10 tahun. Kirim uang ke lebih dari 60 negara, pakai Topremit aja!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.