Trik Mengatur Keuangan untuk Mahasiswa yang Kuliah di Luar Negeri

Jun 23, 2020

Jauh dari orang tua dan rumah, tentu membuat kamu yang tinggal sendiri di luar negeri sedikit kebingungan. Biasanya, semua udah siap di rumah.

Dari mulai baju yang rapi tinggal pakai hingga makan yang selalu siap di meja makan. Nah, ketika kamu hidup sendiri di perantauan, tentu semuanya harus kamu urus sendiri.

Tapi, ada hal yang paling penting harus kamu urus sendiri ketika sekolah di luar negeri.

Uang bulanan! Biasanya nih, kalau di rumah, uang jajan kurang tinggal minta. Nah, sekarang gak segampang itu.

On the bright side, hidup sendiri bisa buat kamu terbiasa buat atur keuangan loh.

Nah, berikut ada tiga tips buat kalian yang hidup sendiri di luar negeri:

Buat Daftar Pemasukan

Langkah paling mudah yang harus kalian lakuin adalah buat daftar pemasukan kalian. Misalnya, pemasukan kalian dari orang tua.

Tulis berapa jumlah yang kalian terima per bulan. Nah, kalau ada tambahan dari kerja sampingan, harus kalian masukan juga ya.

Pokoknya, semua pemasukan harus kalian catat tanpa terkecuali.

Buat Daftar Pengeluaran

Setelah buat daftar pemasukan, langkah berikutnya adalah daftar pengeluaran.

Bagian ini mungkin sedikit ribet. Kamu harus merinci pengeluaran kamu ke dalam beberapa bagian, seperti pengeluaran wajib, pengeluaran tambahan hingga pengeluaran dadakan.

Pengeluaran kamu untuk uang sekolah, sewa tempat tinggal, listrik, air, makanan dan transportasi. Pengeluaran tambahan seperti membeli buku atau keperluan sekolah.

Pengeluaran dadakan bisa juga kamu masukan uang kongkow atau uang nonton bioskop. Sesekali gapapa loh buat hiburan di tengah kepenatan sekolah.

Hitung Alokasi Pengeluaran Per Pekan

Setelah punya daftar pemasukan dan pengeluaran, kamu bisa buat daftar alokasi pengeluaran per pekan. Kenapa harus per pekan?

Supaya kamu tau batasan uang yang boleh dihabiskan dalam satu pekan. Nah, supaya keuangan kamu tetap aman dan sehat, kamu harus patuh loh sama budget yang udah kamu susun.

Disiplin itu jadi kunci penting selama kamu hidup sendiri di luar negeri. Sekali dua kali disiplin, pasti gampang deh buat lanjutin kebiasaan disiplin seterusnya.

Gampang kan? Selama mencoba ya!