11 Universitas / Kampus Terbaik yang Ada di Belanda

Kuliah di luar negeri Dec 21, 2021

Belanda dikenal sebagai salah satu negara di Eropa yang menjadi negara tujuan bagi calon mahasiswa untuk mencapai mimpinya. Bagi kamu yang berkesempatan untuk menimba ilmu di salah satu universitas bergengsi di Belanda, yuk simak 11 universitas terbaik yang ada di Belanda berikut ini.

Kampus Terbaik Yang Ada Di Belanda

1. Delft University of Technology

Delft University of Technology merupakan salah satu universitas yang didirikan sebagai akademi untuk insinyur sipil. Universitas yang berbasis di Mekelpark ini memiliki lingkungan yang sangat mendukung untuk kegiatan perkuliahan. Delft University of Technology juga terbilang ramah bagi mahasiswa internasional.

2. University of Twente

Universitas teknik negeri yang berlokasi Enschede, Belanda ini dikenal sebagai universitas yang menawarkan program kuliah yang lengkap dan berkualitas, bahkan menghasilkan lulusan yang siap kerja. Terdapat beberapa fakultas yang ada di University of Twente, antara lain fakultas teknologi biomedis dan kesehatan, fakultas teknik, fakultas administrasi publik Eropa, fakultas teknologi informasi, fakultas administrasi bisnis internasional, fakultas ilmu tingkah laku, dan fakultas sains dan teknologi. Universitas ini juga disebut sebagai kampus yang ramah, khususnya bagi mahasiswa internasional karena bahasa pengantar utama yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar adalah bahasa Inggris.

3. Wageningen University

Dikenal sebagai universitas yang memiliki fokus khusus pada ilmu pertanian dan lingkungan, membuat Wageningen University menjadi salah satu universitas terbaik di dunia untuk sains dan ilmu sosial. Universitas ini menyediakan 20 macam program sarjana yang berbeda-beda dan 29 program master. Lokasi kampusnya juga cukup dekat dari Amsterdam dan juga perbatasan Jerman.

4. University of Amsterdam

Berdiri sejak 1632, menjadikan University of Amsterdam (UvA) sebagai universitas tertua ketiga di Belanda. Berada dalam peringkat 50 besar universitas dunia, UvA menjadi pilihan tepat untuk kamu yang ingin meneruskan pendidikan tinggi khususnya di jurusan seni, humaniora, dan ilmu sosial. Universitas ini juga banyak dipilih oleh mahasiswa internasional karena memiliki fasilitas dan program pendidikan yang cukup lengkap dan juga ramah bagi mahasiswa internasional.

5. University of Groningen

University of Groningen yang merupakan universitas tertua kedua di Belanda ini telah berdiri sejak tahun 1614. Universitas yang berlokasi di Kota Groningen yang dikenal sebagai salah satu kota pelajar di Belanda ini, menjadikan University of Groningen sebagai universitas yang paling nyaman untuk kamu yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi di Belanda. Selain universitasnya yang memiliki fasilitas dan program pendidikan yang beragam, suasana kota Groningen juga sangat mendukung kegiatan pembelajaran bagi mahasiswa di sana.

Tak hanya itu, banyaknya tempat wisata, museum, festival musik dan seni, serta destinasi kuliner dapat kamu temukan dengan mudah di Groningen. Di sini, mahasiswa juga dapat menikmati fasilitas yang mudah dan lengkap untuk menunjang kehidupannya selama berkuliah, termasuk fasilitas untuk mengirim uang. Kamu juga bisa gunakan layanan remitansi Topremit untuk berkirim uang antar negara. Dengan Topremit, kamu bisa menerima kiriman uang dari orang tua di Indonesia ke Belanda dengan mudah dan cepat. Mulai dari 5 menit saja, kamu langsung bisa menggunakan uang yang dikirimkan orang tua kamu untuk memenuhi kebutuhan hidup di Belanda. Sangat praktis, bukan?

6. Leiden University

Dikenal sebagai universitas tertua di Belanda, Leiden University memiliki reputasi yang cukup terpandang di antara universitas lainnya di Belanda. Sejak didirikan pada tahun 1575, Leiden University telah meluluskan para politisi, pemimpin, cendekiawan, hingga budayawan terkemuka di dunia. Tak hanya itu, para filsuf seperti Spinoza dan Descartes bahkan berkuliah di Leiden selama zaman keemasan Belanda. Universitas ini juga telah menghasilkan 16 alumni penerima hadiah Nobel termasuk Albert Einstein dan Enrico Fermi.

7. Utrecht University

Berlokasi di Utrecht, Belanda, universitas negeri ini rupanya termasuk ke dalam jajaran universitas favorit di kalangan pelajar internasional. Di universitas ini tersedia berbagai program-program pendidikan dengan bahasa pengantar bahasa Inggris, maka dari itu universitas ini banyak dipilih oleh para pelajar internasional untuk melanjutkan pendidikan tingginya. Fakultas yang cukup terkenal di Utrecht University adalah Faculty of Social and Behavioural Sciences yang menyediakan enam disiplin ilmu seperti ilmu sosial interdisipliner, antropologi budaya, ilmu pendidikan, ilmu pedagogik, psikologi, dan juga sosiologi.

8. Eindhoven University of Technology

Eindhoven University of Technology merupakan universitas yang berlokasi di Eindhoven. Universitas ini disebut-sebut sebagai salah satu universitas berbasis teknik terbaik di Belanda. Universitas ini juga memiliki sistem perkuliahan yang berbeda dari universitas biasanya karena kamu dapat mengatur struktur perkuliahan kamu sendiri sesuai dengan kebutuhanmu.

9. Erasmus University Rotterdam

Universitas negeri bergengsi di Belanda ini berlokasi di Rotterdam, Belanda. Nama Erasmus University Rotterdam ini diambil dari seorang teolog bernama Desiderius Erasmus Roterodamus. Universitas ini memiliki tujuh fakultas yang fokus pada empat bidang, yaitu: kesehatan, keuangan, tata kelola, dan budaya.

10. Wittenborg University of Applied Sciences

Wittenborg University of Applied Sciences merupakan universitas yang memiliki kampus utama yang berbasis di Apeldoorn. Program yang ditawarkan oleh universitas ini berfokus pada bidang bisnis dan perhotelan dan juga beberapa jurusan bisnis.

11. Breda University of Applied Sciences

Universitas yang didirikan pada 1966 ini menawarkan pendidikan dalam ilmu pariwisata dan rekreasi. Breda University of Applied Sciences menawarkan program sarjana dan magister di tingkat profesional dan akademik dalam berbagai bidang seperti media, hotel, fasilitas, logistik, dan hiburan.

Itu dia 11 universitas terbaik yang ada di Belanda yang dapat kamu pilih untuk melanjutkan pendidikan tinggi di Belanda. Kamu juga perlu mempersiapkan berkas dan dokumen penting sebagai persyaratan penerimaan mahasiswa baru di universitas impianmu di Belanda.

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.