10 Sekolah Jurusan Kedokteran Terbaik di Dunia

Kuliah di luar negeri Mar 4, 2022

Bukan rahasia lagi jika sekolah jurusan kedokteran menjadi salah satu lembaga pendidikan tinggi yang banyak diimpikan, khususnya bagi kamu yang bercita-cita menjadi dokter profesional. Di sekolah kedokteran, nantinya setiap siswa akan mendapatkan pengetahuan tentang penyakit dan anatomi tubuh manusia secara khusus. Tak hanya itu, tentu masih banyak lagi materi yang dikaji di sekolah kedokteran.

Bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi ke sekolah kedokteran, kamu bisa mencoba peruntungan di 10 sekolah kedokteran terbaik di dunia dengan tenaga pengajar dan kurikulum kelas dunia. Apa saja sekolah kedokteran yang masuk ke dalam daftar 10 sekolah kedokteran terbaik kali ini? Yuk kita simak langsung!

Sekolah Jurusan Kedokteran Terbaik Di Dunia

1. Harvard University

Dikenal sebagai universitas urutan ke-6 terbaik di dunia, Harvard University memiliki program pendidikan untuk sekolah kedokteran terbaik di dunia. Ini dibuktikan dengan keberhasilan Harvard memuncaki penelitian dan penemuan medis di dunia. Tingkat penerimaan di sekolah kedokteran Harvard ini cukup ketat. Dari setiap 100 calon mahasiswa pendaftar, hanya 3 di antaranya yang diterima untuk menjadi mahasiswa.

2. University of Oxford

Universitas tertua dunia ini juga menyediakan program perkuliahan dengan jurusan kedokteran terbaik kedua di dunia. Di Oxford University, mahasiswa dibekali dengan dua metode pengajaran, yaitu pengajaran secara teori dan sedikit kontak pasien. Di tingkat akhir perkuliahan, nantinya mahasiswa akan beralih ke fase klinis dan menerima banyak pelajaran di rumah sakit John Radcliffe.

3. University of Cambridge

Sekolah kedokteran University of Cambridge yang berada di peringkat ketiga terbaik di dunia ini memberikan mahasiswanya pelayanan pendidikan dan kurikulum kelas dunia. Di sini, tiap mahasiswa akan melalui enam tahun masa belajar yang terdiri dari tiga tahun fase pra-klinis dan tiga tahun di fase klinis.

Sama seperti mahasiswa jurusan lainnya, bagi kamu yang berkesempatan untuk mengenyam pendidikan dokter di University of Cambridge juga membutuhkan beragam keperluan pendukung kuliah. Tak hanya itu, setiap mahasiswa juga tentu membutuhkan dana yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup selama berkuliah di negeri orang.

Jangan khawatir, kamu bisa mengandalkan Topremit sebagai solusi jitu. Dengan Topremit, kamu bisa menerima dana uang saku yang dikirim orang tua kamu di Indonesia dengan mudah dan cepat. Mulai dalam waktu 5 menit saja, kamu sudah bisa langsung mencairkan uang sakumu untuk membayar kebutuhan harian.

4. Stanford University

Salah satu universitas yang masuk ke dalam jajaran universitas terbaik dunia ini memiliki sekolah kedokteran terbaik yang menempati urutan keempat terbaik di dunia. Para peneliti di sekolah kedokteran Stanford University melakukan penelitian penting di beberapa bidang, mulai dari kanker, imunologi, genetika, hingga ilmu saraf. Sekolah kedokteran di universitas ini mengintegrasikan ilmu pengetahuan dan pengalaman klinis dengan penelitian mendalam.

5. John Hopkins University

Universitas yang menduduki peringkat kelima sebagai universitas dengan sekolah kedokteran terbaik di dunia ini rupanya sudah berdiri sejak tahun 1893. Universitas yang berlokasi di Baltimore ini berhasil meraih beberapa pencapaian tinggi yang memiliki dampak besar dalam dunia kesehatan, mulai dari penemuan pengobatan efektif pertama untuk bentuk parah penyakit sel sabit, hingga pengembangan pengobatan biologis pertama.

6. Yale University

Sejak pertama didirikan pada tahun 1810, sekolah kedokteran di Yale University memiliki tujuh program medis. Sebagai salah satu sekolah kedokteran terbaik di dunia, Yale University memiliki pencapaian penting seperti identifikasi dasar molekuler untuk nyeri setelah cedera saraf, hingga penelitian pertama tentang transplantasi pembentuk mielin.

7. Karolinska Institute

Sekolah kedokteran terbaik di dunia dari Swedia ini merupakan salah satu sekolah kedokteran yang menyediakan program utama di bidang medis dan kesehatan, termasuk kedokteran gigi hingga optometri. Bahasa pengantar yang digunakan dalam kegiatan  perkuliahan adalah bahasa Swedia, namun untuk beberapa program perkuliahan khususnya untuk mahasiswa internasional, Karolinska Institute juga menyediakan bahasa pengantar dengan bahasa Inggris.

8. University of Sydney

Didirikan sejak tahun 2016, sekolah kedokteran di University of Sydney memiliki beberapa rumah sakit pendidikan yang tersebar di seluruh New South Wales. Mahasiswa yang berkesempatan belajar di sini dapat terlibat dalam pengalaman klinis baik di pedesaan dan perkotaan. Kamu memerlukan waktu selama dua tahun pertama di kampus, lalu tahun ketiga dan keempat dalam fase pengaturan klinis.

9. University of Toronto

Didirikan pada tahun 1843, sekolah Kedokteran di University of Toronto mengelola 26 departemen seperti patologi wicara dan bahasa, ilmu okupasi dan terapi okupasi, hingga kedokteran keluarga dan komunitas. Sekolah kedokteran di University of Toronto termasuk ke dalam salah satu jajaran sekolah kedokteran tertua dengan kualitas pendidikan dan kurikulum terbaik kelas dunia.

10. University College London

Menjadi salah satu universitas yang menempati jajaran sekolah kedokteran terbaik di dunia, University College London berhasil meluluskan alumni-alumni terbaik yang berperan besar dalam kemajuan kedokteran di dunia. Untuk menyelesaikan pendidikan di sekolah kedokteran ini, umumnya mahasiswa membutuhkan waktu enam tahun.

Itu dia sederet sekolah kedokteran terbaik di dunia yang bisa kamu pilih sesuai dengan cita-citamu. Kamu juga bisa menjadikan universitas dengan sekolah dokter terbaik di dunia dari daftar di atas untuk melanjutkan program pendidikan spesialis yang tentu lebih spesifik. Semoga berhasil, ya!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.