Apa Itu Branch Code? - Pengertian Lengkap dan Contohnya

Keuangan Feb 24, 2022

Branch code, branch clearing code, atau kode kliring kerap diminta ketika kamu akan bertransaksi secara internasional. Untuk kamu yang masih belum tahu apa itu branch code, Topremit akan memberikan ulasan singkat beserta contohnya agar kamu tidak bingung lagi. Mari kita simak penjelasannya di bawah ini!

Pengertian Branch Code

Branch code disebut juga sebagai kode cabang. Kode ini merupakan pengenal unik cabang bank di setiap daerah. Fungsinya untuk mengenali tempat kamu membuka rekening. Branch code juga diperlukan untuk meminimalisir kesalahan transfer ke akun rekening lain.

Untuk itu, setiap bank cabang memiliki branch code masing-masing. Jumlahnya tentu banyak sekali, sehingga kamu tak harus mengingat branch code setiap bank cabang. Kamu hanya perlu mencari tahunya terlebih dahulu sebelum melakukan transaksi.

Namun, masalahnya adalah tidak setiap daerah punya informasi yang dapat dicari di internet. Misalnya, daerah pelosok yang jarang diketahui banyak orang. Kalau kamu tidak menemukannya, bisa langsung menelepon bank cabang untuk menyebutkan branch code atau kode kliringnya.

Contoh Branch Code

Kode kliring terdiri dari 7 angka yang merupakan kombinasi antara kode bank dan kode cabangnya. Tiga angka di bagian depan merupakan kode bank, sementara 4 angka di belakangnya adalah kode cabang. Rata-rata semua bank memiliki 7 digit kode kliring untuk diisi ketika melakukan transaksi internasional secara elektronik.

Contoh paling umum dalam menggunakan branch code dan kode kliring adalah ketika membuat akun di Payoneer. Saat kamu mengisi formulir data, ada bagian yang mengharuskan kamu mengisi branch clearing code. Untuk melengkapi bagian tersebut, kamu perlu memasukkan 4 digit branch code.

Sedangkan contoh dari branch code, anggaplah kamu membuka rekening di BRI Kantor Cabang Pasuruan (Jawa Timur). Cabang bank ini memiliki kode kliring 0020938. Maka 002 adalah kode Bank BRI, sedangkan 4 digit terakhir yakni 0938 adalah branch clearing code-nya (kode kliring cabang/branch code). Nah, 4 digit angka terakhir itulah yang dimasukkan ketika kamu diminta mengisinya di Payoneer.

Sudah jelas kan, apa itu branch code, fungsi, serta contohnya. Semoga kamu tidak terkendala lagi ketika bertransaksi ke luar negeri. Untuk pengiriman uang ke luar negeri yang aman dan cepat, percayakan saja pada Torpemit.

Topremit sudah lebih dari 10 tahun melayani transfer uang ke berbagai negara di dunia loh! Layanan remitansi dari Topremit menjangkau lebih dari 70 negara. Selain itu, layanan remitansi dari Topremit resmi, dan mengantongi izin dari Bank Indonesia.

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.