4 Cara Handphone Bisa Membantu Kamu Mengatur Keuangan

tips keuangan Jun 2, 2023

Pengelolaan uang bukanlah tugas yang mudah. Merencanakan segala kemungkinan tidaklah mungkin, dan biaya tak terduga selalu mengintai. Oleh karena itu, banyak dari kita sering tergoda untuk menganggap bahwa sumber daya kita terbatas dan kita tidak akan mampu menabung uang. Namun, apakah benar seperti itu?

Sebenarnya, ada satu alat yang sangat mudah diakses dan praktis untuk digunakan, sehingga tidak ada alasan untuk tidak memanfaatkannya, terutama ketika manfaatnya sangat besar bagi keuangan pribadi kita. Alat tersebut bahkan mungkin sedang kamu gunakan untuk membaca artikel ini! Ya, alat tersebut adalah handphone kamu sendiri.

Bagaimana Handphone Dapat Membantu Mengelola Keuangan kamu?

Terdengar mudah bukan? Bahkan ada kemungkinan besar kamu sudah memiliki aplikasi yang memungkinkan kamu untuk mengelola uang, baik itu untuk pembayaran nontunai atau pengiriman uang. Itu sudah langkah pertama yang bagus, tetapi sebenarnya masih banyak hal lain yang dapat kamu lakukan dengan handphone untuk mengelola keuangan kamu dengan baik!

Mari kita lihat bagaimana handphone kamu dapat digunakan untuk membantu mengelola dana mulai dari penganggaran hingga menabung.

1.  Penganggaran

Membuat anggaran adalah langkah paling penting yang harus diambil saat ingin mengelola uang, terutama di era digital di mana pengeluaran berlebihan sangat mudah dilakukan. Tanpa melacak pengeluaran dengan baik, kamu tidak akan benar-benar memahami kemana uang itu pergi, bagaimana kebiasaan pengeluaran kamu berdampak dari waktu ke waktu, dan di mana kamu dapat mengurangi pengeluaran.

Namun, membuat anggaran tidak perlu menjadi tugas yang menakutkan. Tidak perlu menggunakan spreadsheet yang membosankan atau perangkat lunak yang membingungkan ketika kamu dapat menggunakan opsi sederhana dan efektif yang tersedia di handphone kamu. Ada banyak aplikasi yang menawarkan alat yang tepat untuk memprediksi pengeluaran kamu di bulan berikutnya. Beberapa aplikasi populer yang dapat digunakan antara lain NerdWallet dan Goodbudget. Aplikasi-aplikasi ini memungkinkan kamu melacak dan mengkategorikan pengeluaran, membuat riwayat transaksi, mengelompokkan pengeluaran, mengatur tagihan, dan melacak skor kredit.

Mungkin kamu ingin mencoba tip umum yang disarankan yaitu aturan "50/30/20": alokasikan 50% dari penghasilan bersih kamu untuk kebutuhan, 30% untuk keinginan, dan sisanya 20% untuk ditabung. Aturan ini dapat menjadi titik awal yang baik, yang dapat kamu sesuaikan sesuai dengan gaji, gaya hidup, dan perubahan yang tak terduga.

2. Menabung

Berbicara tentang persentase, apakah menyimpan 20% dari penghasilan kamu terdengar dapat dilakukan? Tidak jika kamu menunggu sampai akhir bulan sebelum menyimpannya dengan aman di rekening tabungan kamu. Tahu trik cerdik? kamu tidak dapat menghabiskan uang yang tidak dapat kamu akses, yang berarti kamu harus menyimpan uang yang ingin kamu tabung segera setelah kamu menerima gaji. Untuk membuat proses ini lebih mudah dan menghindari godaan untuk menghabiskan gaji kamu disaat itu juga, ayo manfaatkan handphone kamu. Aplikasi perbankan seluler dapat mentransfer uang kamu langsung ke rekening tabungan setiap bulan – kamu hanya perlu mengatur jumlah yang ingin di tabung dan tanggal tetap untuk memindahkan uang setiap bulan. Setelah mengatur detail ini, alat virtual akan secara otomatis menyimpan uang setiap awal bulan, seperti celengan virtual!

3. Pembayaran

Pembayaran nontunai melalui dompet seluler telah menjadi alat yang semakin umum digunakan. Salah satu keuntungan utama pembayaran seluler adalah aksesibilitasnya, yang telah membuat dompet seluler semakin sukses di negara-negara berkembang, berkontribusi pada inklusi keuangan dan membantu mengatasi tantangan pembangunan utama bagi masyarakat di pedesaan atau yang tidak dapat menggunakan alat keuangan tradisional.

Ada banyak penyedia layanan pembayaran yang menawarkan kemungkinan pembayaran dengan handphone, dan kamu dapat dengan mudah memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu.

Pembayaran secara digital daripada menggunakan uang tunai juga dapat membantu melacak pengeluaran kamu. Dengan melihat riwayat pengeluaran, kamu dapat dengan mudah memeriksa tren pengeluaran dan tahu dengan pasti ke mana uang kamu pergi. Dan tentu saja, ada aplikasi untuk itu juga. Banyak aplikasi perbankan dan dompet seluler bahkan menawarkan grafik yang memecah pengeluaran berdasarkan kategori, untuk membantu kamu melihat berapa banyak yang kamu habiskan untuk makan di luar, hiburan, atau barang lain yang dapat kamu kurangi untuk menabung lebih banyak.

4. Peringatan dan Batas Pengeluaran

Apakah kamu benar-benar menghabiskan terlalu banyak uang untuk secangkir kopi favorit? Apakah pengiriman makanan benar-benar menghabiskan sebagian besar penghasilan bulanan? Setelah memeriksa pengeluaran dan mengatur anggaran, kamu dapat fokus pada mengelola uang dengan benar dan mengatur batas pengeluaran agar nanti ada notifikasi peringatan. Apakah ada jumlah maksimum uang yang ingin kamu habiskan setiap minggu? Ponsel kamu dapat memberitahu jika telah melebihi batas tersebut dengan peringatan. kamu bahkan dapat meminta akun kamu memblokir pengeluaran setelah mencapai batas pengeluaran yang ditetapkan. Tentu saja, kamu selalu memiliki kemampuan untuk mengubah batas dan peringatan, tetapi memiliki mereka dapat membantu mengelola uang kamu dengan lebih baik dan hati-hati sejak awal.

Nah berbicara soal menabung, dengan Topremit kamu bisa lebih berhemat ketika mau kirim uang ke luar negeri karena biaya transfernya flat mulai dari IDR 45K aja! Jadi lebihnya bisa langsung kamu tabung deh untuk hal-hal lainnya. Gak hanya itu lho, dengan Topremit uang yang kamu kirim bisa sampai ke rekening tujuan di luar negeri dalam hitungan menit aja dan kamu bahkan bisa kirim uang ke 68 negara di seluruh dunia.

Tunggu apalagi? Cobain Topremit sekarang yuk!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.