Ingin Belanja di Jepang? Ini E-Wallet yang Cocok Digunakan

Keuangan Jan 31, 2022

Belanja oleh-oleh saat berlibur ke Jepang tentu menjadi hal yang tak boleh kamu lewatkan. Agar kamu nyaman saat berbelanja, kamu perlu mempertimbangkan penggunaan E-Wallet sebagai alat pembayaran yang mudah dan praktis. Sebab, pada umumnya penduduk Jepang menggunakan IC Card atau E-Wallet khusus untuk memudahkan transaksi.

Bagi kamu yang ingin mencoba E-Wallet untuk berbelanja di Jepang, yuk kita simak apa saja  E-Wallet di Jepang yang sering digunakan untuk berbelanja dalam artikel berikut ini.

E-Wallet Di Jepang Yang Sering Digunakan

1. Apple Pay Dan Google Pay

Apple Pay dan Google Pay merupakan E-Wallet yang berlaku untuk berbagai macam transaksi di Jepang. Untuk menggunakan layanan E-Wallet ini, kamu bisa mengunduh aplikasi sesuai dengan jenis smartphone yang kamu gunakan. E-Wallet ini dapat kamu gunakan lebih fleksibel dengan menambahkan Suica ke Apple Pay atau Google Pay yang kamu gunakan. Selanjutnya, kamu perlu menambahkan uang ke Suica dengan kartu pembayaran Apple Pay atau Google Pay dari negara asal kamu. Terdapat beberapa toko, restoran, hingga tempat wisata yang menerima pembayaran jenis ini. Mulai dari Lawson, McDonald’s, Tsutaya, bahkan Tokyo Disneyland.

2.Suica

E-wallet Suica merupakan E-Wallet yang cukup populer dan banyak digunakan oleh penduduk Jepang, khususnya Tokyo. Cara menggunakannya pun relatif lebih mudah. Setelah menginstall aplikasinya, kamu hanya perlu mengisi saldo Suica untuk dapat menggunakannya sebagai alat transaksi, termasuk membayar belanjaanmu. Kamu bisa mendapatkan Suica di stasiun JR mana pun di Tokyo dan daerah sekitarnya. Jangan khawatir, Suica tidak membutuhkan biaya atau deposito awal agar dapat digunakan.

3. LINE Pay

LINE Pay berasal dari aplikasi pesan singkat Line ini dikenal sebagai salah satu E-Wallet yang mudah digunakan untuk melakukan transaksi dan juga mengisi ulang saldo. Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu menghubungkan LINE Pay dengan rekening bank yang kamu miliki. Kamu juga bisa membayar tunai di konbini/toserba ternama. LINE Pay cukup menarik bagi penduduk Jepang karena fiturnya yang lengkap. Mulai dari fitur “Auto Deposit” dan juga split bills untuk membagi tagihan dengan teman-teman.

4. PayPay

E-wallet satu ini cukup dikenal sebagai salah satu dari jajaran E-Wallet yang banyak digunakan. Meski terbilang baru, PayPay berkembang cepat menjadi aplikasi pembayaran nontunai populer di Jepang. Pembayaran dengan PayPay juga tersedia di lebih dari 32.000 toko di seluruh Jepang. Dengan PayPay, kamu bisa mengirim uang ke teman atau keluarga, hingga melakukan pembagian tagihan saat makan bersama. Namun PayPay belum tersedia dalam bahasa Inggris sehingga sulit digunakan bagi turis yang belum memahami betul bahasa Jepang.

Kamu hanya perlu waktu mulai dari 5 menit saja untuk dapat melakukan transfer uang hingga sampai ke rekening tujuan di Jepang atau negara lainnya. Topremit juga telah diakui dan tercatat secara resmi di Bank Indonesia sehingga keamanan dan kualitasnya pun terjamin. Tunggu apa lagi? Selalu percayakan Topremit untuk transfer uang ke luar negeri dengan aman dan cepat, ya!

5. R Pay dari Rakuten

R Pay merupakan salah satu penyedia pembayaran nontunai terbesar di Jepang. E-wallet ini dikenal sangat ramah turis. Hal ini karena R Pay menyediakan dukungan bahasa Inggris di situs webnya, bahkan menawarkan beberapa keuntungan yang lebih menggiurkan dibandingkan dengan para pesaingnya.

6. Rakuten Edy

Selain R Pay, Rakuten juga menawarkan satu pilihan untuk pembayaran dan transaksi non tunai. Rakuten Edy memiliki kelebihan yang dapat dimanfaatkan penggunanya. Kelebihan Rakuten Edy ini dapat digunakan secara luas di berbagai wilayah Jepang. Fungsinya hampir mirip dengan layanan R Pay. E-Wallet dari Rakuten ini juga lebih sederhana tanpa perlu membuat akun. Sangat mudah bukan?

7. Origami Pay

E-wallet yang berlaku di Jepang selanjutnya adalah Origami Play. E-Wallet ini bekerja sama dengan sejumlah bidang usaha kecil bahkan terus bertambah hingga mencapai 1,45 juta bisnis kecil yang terletak di pinggir jalan kota dan tersebar di daerah pedesaan Jepang. Aplikasi E-Wallet ini juga ramah turis karena sudah mendukung bahasa Inggris. Tak hanya itu, Origami Pay juga tak jarang memberikan berbagai jenis penawaran seperti potongan harga hingga 50%. Kamu bisa menggunakan Origami Pay untuk membayar makanan di toko dan restoran seperti Yoshinoya dan Matsuya.

8. WAON

WAON merupakan E-Wallet khusus yang banyak digunakan untuk bertransaksi di AEON. Penggunaan WAON sebagai alat pembayaran tidak hanya terbatas pada pembayaran belanja bahan makanan di AEON, tetapi juga dapat dipakai untuk pembelian di salah satu dari sekian banyak toko ritel yang terdapat di dalam pusat perbelanjaan besar di Jepang. Tak hanya itu, WAON juga dapat digunakan di FamilyMart, Lawson, dan Ministop.

9. Nanaco

Bagi kamu yang masih mencari alternatif pembayaran yang praktis, Nanaco bisa menjadi solusi yang tepat untuk memudahkan kamu berbelanja di Jepang. Nanaco berhasil mendapat peringkat tertinggi sebagai salah satu kartu yang paling banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu mengajukan secara online atau mengambil formulir aplikasi di 7-Eleven dan toko yang berafiliasi dengan Nanaco lainnya.

Wah banyak juga ya E-Wallet yang populer digunakan di Jepang. Masing-masing E-Wallet yang tersedia tersebut bisa dipilih sesuai dengan fitur dan kebutuhan yang kamu miliki selama berada di negeri Sakura tersebut. Kira-kira E-Wallet apa nih yang akan menjadi favorit kamu?

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.