Aplikasi Wajib untuk Mahasiswa di Jerman

jerman Oct 10, 2023

Menjalani pendidikan tinggi di tempat yang jauh dari rumah adalah langkah berani yang memerlukan pengorbanan. Namun, ini tentunya adalah hal yang harus diambil untuk memastikan bahwa pendidikan yang kamu peroleh mencapai standar tertinggi.

Nah, dimana lagi yang lebih keren daripada Jerman. Negara yang berada di Eropa ini bahkan menjadi pilihan pak B. J. Habibie untuk menyelesaikan studinya, dan beliau benar-benar merupakan salah satu individu paling cemerlang di sejarah bangsa Indonesia.

Jika kebetulan kamu juga lagi menempuh pendidikan tinggi di Jerman atau berencana untuk melanjutkan pendidikan ke sana, langsung aja simak daftar beberapa aplikasi wajib buat kamu miliki saat sedang melanjutkan studi di Jerman berikut ini!

Berpergian: Aplikasi Navigasi Terbaik di Jerman

Baik untuk menaiki bus di Cologne atau metro di Munich, menavigasi transportasi di Jerman bisa menjadi hal yang rumit. Apalagi kalau kamu tidak percaya diri dengan kemampuan berbahasa Jerman yang kamu miliki.

Untungnya, ada aplikasi yang bisa banget membantu kamu untuk sampai ke tujuan tanpa harus susah bertanya-tanya atau tersesat kesana kemari.

DB Navigator

Untuk membantu kamu berada di jalur yang benar, unduh aplikasi DB Navigator ketika tiba di Jerman. Dibuat oleh operator kereta nasional Deutsche Bahn, aplikasi ini memberikan semua opsi transportasi yang tersedia di Jerman beserta rutenya, dan lebih mantepnya lagi nih aplikasi ini menggunakan bahasa Inggris jadi kamu gak bakal kebingungan dengan instruksi yang diberikan.

Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk menemukan lokasi stasiun kereta atau bus terdekat, membeli tiket, memeriksa nomor platform, dan bahkan mengetahui seberapa ramai stasiun yang akan kamu kunjungi tersebut. Jadi ke mana pun kamu mau pergi di Jerman, mudahkan perjalanannya dengan aplikasi DB Navigator.

Hiburan: Aplikasi Entertainment Terbaik

Sebagai seorang mahasiswa, tentunya kamu pasti ingin menghilangkan penat setelah mengikuti kelas-kelas yang mungkin cukup berat sepanjang hari. Nah pas banget nih, ada aplikasi yang menayangkan semua stasiun TV yang tersedia di Jerman. Mau itu tayangan olahraga, berita, atau drama terbaru, semuanya tersedia dan ini juga bisa banget menjadi cara terbaik untuk bersantai sambil memperbaiki kemampuan berbahasa Jerman kamu.

ARD Mediathek

ARD Mediathek adalah pilihan terbaik untuk mengakses semua saluran TV di Jerman. Sebagai salah satu penyiar terbesar di Jerman, mereka memiliki beragam daftar acara yang bisa kamu pilih sesuai tontonan yang sedang kamu cari. Dengan berita harian, film, serial, dan acara langsung, semuanya dalam satu tempat dan bisa didapatkan secara gratis.

Keuangan: Aplikasi Budgeting Terbaik

Salah satu hal pertama yang perlu kamu lakukan ketika mulai tinggal di Jerman adalah membuka rekening bank lokal. Mungkin terdengar seperti tugas administrasi yang tidak diperlukan, tetapi memiliki rekening lokal akan membuat hidup kamu jauh lebih mudah.

Tidak hanya untuk memudahkan kamu melakukan pembayaran penting seperti tagihan tempat tinggal/asrama, tetapi kamu juga bakal lebih nyaman saat berbelanja kebutuhan sehari-hari. Untuk memulai perjalanan perbankan mereka, banyak mahasiswa beserta ekspatriat dan bahkan penduduk lokal di Jerman beralih ke berbagai aplikasi perbankan digital yang memudahkan semua transaksi mereka.

N26

Jika ini terdengar seperti sesuatu hal yang kamu butuhkan, jangan lupa untuk mengunduh aplikasi N26. Dengan aplikasi ini, kamu dapat mengajukan pembukaan rekening dalam hitungan menit dan mendapatkan akses ke berbagai produk keuangan yang tersedia di Jerman. Ini termasuk pembukaan rekening, pembayaran digital, dan bahkan banyak produk perbankan lainnya. Aplikasi ini bahkan menawarkan wawasan sederhana tentang kebiasaan pengeluaran kamu, untuk membantu pengelolaan uang dan budgeting kamu jadi semakin baik lagi.

Berita: Aplikasi Breaking News Terbaik

Sebagai seorang mahasiswa yang sedang berkuliah di luar negeri, mengetahui apa yang sedang terjadi di negara asal tentunya tetap menjadi hal yang ingin kamu ketahui.

Nah sayangnya, kamu bakal menemukan bahwa sebagian besar situs web berita lokal, dengan alasan yang sudah pasti dapat kamu tebak, semuanya dalam bahasa Jerman dan meskipun Google Translate dapat membantu kamu memahami beberapa kata-kata dasar, terkadang lebih baik jika kamu dapat mengakses berita dalam bahasa Inggris. Untungnya ada aplikasi yang bisa bantu kamu!

DW

Bagi mahasiswa asing yang sedang berkuliah di Jerman, salah satu sumber berita dan informasi paling populer dapat ditemukan di DW. Dari penyiar publik Jerman Deutsche Welle, aplikasi ini menawarkan konten dalam 30 bahasa. Ini memungkinkan kamu untuk mengakses semua berita terbaru dari Jerman dan luar negeri, melalui laporan berita, wawancara di studio, klip audio, dan lainnya.

Makanan: Aplikasi Pemesanan & Pengiriman Terbaik

Sebagai seorang mahasiswa yang sedang berkuliah di luar negeri, tidak ada cara yang lebih baik untuk menjelajahi negara yang sedang kamu tempati daripada mencicipi makanan khas yang tersedia di negara tersebut.

Nah, mungkin sehari-hari kamu akan memasak sendiri namun tentunya pasti akan ada kalanya kamu ingin merasakan sesuatu yang baru dan menikmati budaya Jerman. Pas banget nih, karena ada aplikasi yang bisa membantu kamu menjelajahi semua masakan khas Jerman dengan mudah.

Lieferando

Dengan Lieferando, kamu bisa memesan makanan lezat dari berbagai restoran dan kafe di daerah sekitar kamu. Bahkan, aplikasi ini dapat digunakan untuk mencari masakan favorit kamu - baik itu khas Jerman atau pun masakan khas Indonesia - lalu tinggal pesan dan pengiriman akan dilakukan sesegera mungkin. Dengan lebih dari 29.000 restoran yang menggunakan Layanan Lieferando, kamu tidak akan pernah kelaparan.

Belajar Bahasa Jerman

Belajar bahasa Jerman adalah cara yang bagus untuk membuat kamu merasa seperti di rumah. Tidak hanya agar kamu bisa lebih mudah membaca semua dokumen resmi yang masuk ke kotak surat, tetapi kamu juga akan dapat memahami apa yang sedang diucapkan oleh orang di sekitar dengan lebih mudah. Baik ketika berbelanja di tempat lokal dekat asrama kamu atau pun saat berkenalan dengan penduduk setempat, penting untuk memiliki pemahaman dasar tentang bahasa lokal.

Babbel

Babbel adalah aplikasi pembelajaran bahasa yang dapat membantu untuk membuat kemampuan berbahasa Jerman kamu jadi semakin baik lagi. Kursus-kursus yang mudah diakses serta dirancang oleh profesional bahasa, akan membuat pengalaman belajar kamu terasa lebih simpel dan mudah dipahami.

Dengan sedikit latihan menggunakan apliasi Babbel setiap harinya, kamu akan bisa berbicara menggunakan bahasa Jerman dalam waktu yang singkat!

Terima Uang dari Keluarga di Indonesia

Sebagai mahasiswa yang sedang kuliah di luar negeri, tentunya pasti akan ada kalanya dimana kamu membutuhkan bantuan dana biaya hidup dari keluarga di rumah. Entah itu untuk membayar biaya kuliah atau pun untuk biaya hidup sehari-hari selama melanjutkan studi di Jerman. Nah, tentunya untuk hal ini sendiri kamu pasti ingin mencari layanan terbaik untuk menjamin dana yang dikirimkan oleh keluarga kamu sampai dengan aman dan nyaman.

Topremit

Dengan Topremit, keluarga kamu di Indonesia bisa kirim uang ke rekening bank kamu di Jerman dalam waktu 20 menit saja dengan biaya flat IDR 100k doang. Murah dan cepat banget kan, makanya selalu percayakan Topremit untuk urusan kirim uang ke luar negeri dari Indonesia ya!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.