Langkah dan Tips untuk Membuat Visa Amerika Serikat

Visa Amerika Serikat Feb 9, 2024

Amerika menjadi salah satu negara populer untuk tujuan wisata, belajar, maupun bisnis. Namun untuk masuk ke negara ini sebagai seorang WNI, kamu tentunya harus membuat visa terlebih dahulu. Tenang saja, cara apply visa Amerika tidak terlalu sulit kok dan sangat mudah dilakukan.

Asalkan semua syarat dan berkasnya sudah lengkap, kamu bisa dengan mudah mendapatkannya. Selain itu, kamu juga harus memenuhi prosedur yang sudah ditetapkan. Masih penasaran bagaimana cara apply visa Amerika? Simak syarat dan langkah-langkahnya di sini ya!

Cara Mengurus Visa ke Amerika Serikat (USA)

1. Tentukan jenis visa

Terdapat dua macam visa Amerika, yakni imigran dan non-imigran. Jika hendak jalan-jalan, melanjutkan studi atau bahkan berbisnis, yang harus kamu pilih adalah visa non-imigran.

Berdasarkan undang-undang Amerika, pemohon visa non-imigran harus bisa memastikan bahwa mereka tidak akan menetap di Amerika dan kembali ke negara asal seusai masa kunjungan berakhir.

2. Bayar biaya aplikasi visa

Setelah menentukan jenis visa, kamu harus membayar biaya visa lewat Electronic Funds Transfer (EFT) dalam mata uang rupiah. Cek dulu apakah rekening di bank yang kamu punyai bisa melayani pembayaran via EFT atau jika tidak maka kamu bisa mencoba alternatif lain seperti wire transfer melalui Topremit.

Biasanya biaya permohonan visa Amerika sebesar US$ 160. Tapi kamu harus membayarnya dalam rupiah dan biaya ini tak bisa kembali kalau visa ditolak. Kamu juga bisa membayar permohonan untuk lima visa sekaligus, misalnya jika hendak liburan bareng keluarga.

3. Isi formulir

Langkah selanjutnya adalah mengisi formulir pengajuan visa Amerika alias DS-160 secara online. Formulir ini harus diisi dengan benar karena tak bisa diperbaiki. Formulir bisa didapatkan di situs id.usembassy.gov. Nomor formulir DS-160 nantinya juga akan digunakan untuk menjadwalkan wawancara.

4. Bikin profil

Kamu juga harus membuat profil secara online lewat situs resmi pembuatan visa Amerika di cgifederal.secure.force.com. Ikuti petunjuk di sana dan lengkapi semua kolom yang wajib diisi, termasuk:

  • Nomor paspor
  • Bukti pembayaran biaya visa
  • 10 angka barcode atau nomor konfirmasi ¬†formulir DS-160

Setelah semua tahap itu dilewati, kamu baru bisa meneruskan langkah selanjutnya hingga membuat jadwal wawancara.

5. Lakukan wawancara

Setelah memilih waktu wawancara, datang ke lokasi sesuai dengan jadwal. Kamu bisa memilih Kedutaan Besar di Jakarta atau Konsulat Jenderal di Surabaya. Dalam tahap ini, kamu harus membawa berkas dokumen syarat visa Amerika, seperti:

  • Paspor dengan masa berlaku 6 bulan setelah kunjungan ke Amerika
  • Satu foto ukuran 5 x 5 cm dengan latar putih yang diambil maksimal 6 bulan terakhir
  • Bukti pembayaran biaya visa
  • Nomor konfirmasi ¬†formulir DS-160 yang dicetak dalam kertas ukuran A4
  • Bukti penghasilan
  • Surat keterangan pegawai kalau ada
  • Rencana perjalanan selama di Amerika

Tiga dokumen terakhir itu tidak wajib, tapi bisa membantu pengurusan visa Amerika lebih cepat oleh petugas pemeriksa.

6. Menerima visa

Wawancara menjadi tahap penentu terakhir apakah permohonan visa kamu diterima atau ditolak. Ada ketentuan khusus untuk wawancara di Kedutaan Besar, yakni kedatangan pemohon visa paling cepat 30 menit sebelum dan paling lama 30 menit sesudah jadwal wawancara. Adapun pemohon di Konsulat Jenderal bisa datang pada pukul 07.45 WIB. Bila datang lebih dari pukul 09.30 WIB, wawancara harus dijadwalkan ulang.

Seusai wawancara, kamu akan menerima dokumen yang menerangkan hasil wawancara sebagai berikut:

  • Putih: permohonan visa disetujui dan dijelaskan cara mengambil paspor dengan visa Amerika
  • Hijau: pemohon diminta memberi informasi tambahan sebelum keputusan final bisa diambil
  • Kuning: permohonan membutuhkan proses tambahan dalam beberapa hari hingga beberapa bulan, biasanya paling lama 60 hari
  • Merah muda: permohonan ditolak
  • Biru: berkas permohonan belum lengkap, harus dilengkapi dulu untuk diproses

Itulah tahap membuat visa sendiri tanpa calo. Lebih murah dan simpel. Menurut Kedutaan Besar Amerika di Indonesia, sebanyak 90 persen pemohon visa Amerika disetujui. Jadi kesempatan itu sangat besar. Yang terpenting, lengkapi syarat dan jangan gugup saat wawancara ya.

Nah, kalau nantinya kamu membutuhkan cara mudah untuk melakukan pembayaran pengurusan visa Amerika Serikat, langsung aja cobain Topremit yang bisa membantu segala kebutuhan kirim uang ke luar negeri kamu!

Dengan Topremit, kirim uang ke Amerika Serikat biayanya terjangkau banget mulai dari IDR 75K doang dan waktu pengirimannya juga cepat, hanya dalam 2 hari kerja aja uang udah bisa langsung di rekening penerima lho. Tunggu apalagi? Cobain Topremit sekarang yuk!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.