Cara Membuka Rekening Bank di Australia Untuk Turis dan Pelajar

Dunia Perbankan Jan 20, 2022

Memiliki rekening bank selama tinggal di Australia menjadi hal penting, baik untuk pelajar maupun turis. Dengan memiliki rekening bank, berbagai transaksi keuangan dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Di Australia, bank tidak hanya berfungsi untuk melakukan simpan pinjam saja. Beberapa pembayaran di Australia juga dilakukan melalui bank loh. Bagi kamu yang memiliki rencana untuk berkunjung ke Australia untuk sementara waktu, kamu perlu mengetahui bagaimana cara buka rekening bank di Australia beserta persyaratan yang perlu kamu penuhi. Penasaran? Yuk langsung simak caranya dalam ulasan lengkap berikut ini!

Cara dan Syarat Buka Rekening di Australia

Untuk dapat membuka rekening bank di Australia, langkah pertama yang perlu kamu persiapkan adalah persyaratan yang penting dan wajib dipenuhi bagi nasabah. Syarat utama yang pasti dibutuhkan adalah data diri berupa paspor dan bukti visa yang valid. Hal ini penting bagi nasabah bank Australia yang berstatus sebagai turis maupun pelajar yang hanya tinggal sementara di Australia.

Selain paspor dan bukti visa yang valid, kamu juga perlu mempersiapkan data diri, mulai dari alamat tempat tinggal di Australia, nomor telepon yang aktif digunakan saat kamu tinggal di Australia, juga alamat email pribadi. Setelah memenuhi kelima syarat tersebut, kamu bisa memilih layanan perbankan yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Khusus bagi kamu yang berstatus pelajar, kamu bisa memilih layanan perbankan yang memberikan bebas biaya administrasi bulanan di bank Australia yang kamu pilih. Layanan ini umumnya disediakan khusus bagi pelajar internasional.

Selama berkuliah di Australia, kamu tetap bisa memenuhi kebutuhan hidup dan juga kebutuhan pendukung kegiatan perkuliahan dengan cara yang mudah menggunakan Topremit. Dengan Topremit, kamu hanya perlu waktu mulai dari 5 menit untuk mendapatkan kiriman uang dari orang tua kamu di Indonesia, uang yang dikirim juga bisa langsung masuk ke rekening bank kamu yang ada di Australia Tak hanya itu, Topremit ini juga sudah terdaftar secara resmi di Bank Indonesia, sehingga aman kamu gunakan. Selalu percayakan Topremit untuk transfer uang ke luar negeri, ya!

Keuntungan dan Kemudahan Menjadi Nasabah Selama Tinggal di Australia

Ketika kamu memiliki rekening di salah satu bank Australia, kamu akan memperoleh kemudahan akses perbankan di bank Australia yang kamu pilih. Kamu bisa menggunakan rekening untuk transfer uang atau bahkan melakukan berbagai transaksi lainnya.

Namun yang perlu kamu ketahui, membuka rekening di bank Australia memiliki perbedaan dengan di Indonesia. Di Australia, setelah kamu membuka rekening bank, kamu tidak akan diberikan buku tabungan, karena umumnya bank di Australia memberikan layanan dan fasilitas internet banking untuk memudahkan nasabahnya melakukan transaksi dan juga mengecek segala transaksi di tabungan secara praktis tanpa perlu datang ke bank.

Selain adanya fasilitas internet banking, kamu juga bisa memanfaatkan kartu ATM untuk tarik tunai di mesin ATM yang tersebar di seluruh wilayah di Australia. Selain dapat digunakan untuk tarik tunai, kartu ATM juga bisa kamu gunakan sebagai metode pembayaran dan melakukan transaksi .

Di Australia, kamu dapat menemukan jaringan ATM dengan cukup mudah, apalagi jika kamu menggunakan fasilitas bank besar di sana. Umumnya biaya administrasi yang dikenakan antara 0.50 sampai 1 dolar Australia untuk pengecekan saldo di bank lain. Sedangkan untuk tarik tunai di bank lain, kamu dikenakan biaya admin sekitar 2 dolar Australia. Biaya yang dibebankan bagi nasabah ini nantinya akan ditampilkan di layar ATM. Namun jangan khawatir, di Australia terdapat beberapa bank besar yang bekerja sama, sehingga kamu dapat menggunakan kartu ATM bank tersebut tanpa dikenai biaya administrasi.

Itu dia sederet cara buka rekening di Australia, lengkap dengan persyaratan yang perlu kamu persiapkan. Jangan lupa pastikan kembali berkas dan dokumen yang dibutuhkan untuk membuka rekening bank, agar proses pembukaan rekening bank dapat berjalan dengan lancar tanpa kendala. Jangan lupa gunakan rekening untuk menabung, ya!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.