Daftar Kampus Terbaik yang Ada di Amerika Serikat (US)

Kuliah di luar negeri Jan 12, 2022

Amerika jadi salah satu negara tujuan kuliah bagi para calon mahasiswa asal Indonesia. Meski biaya kuliah di sana tergolong tinggi, namun tak sedikit orang Indonesia yang berkuliah di Negeri Paman Sam tersebut. Mereka juga kuliah di Amerika dengan mendapatkan beasiswa di kampus impian.

Pendidikan di Amerika memang lebih maju dibanding negara lainnya. Hal ini dapat terlihat dari sebagian besar kampusnya yang masuk dalam daftar kampus terbaik dunia. Beberapa CEO atau pendiri perusahaan global pun sebagian besar berkuliah di Amerika Serikat. Kalau kamu punya minat kuliah di sana, berikut ini daftar rekomendasi kampusnya.

Kampus Terbaik Yang Ada Di Amerika Serikat

1. Massachusetts Institute of Technology (MIT)

Kampus swasta yang telah berdiri sejak 1861 ini terdiri dari 30 departemen yang terbagi dalam 5 schools dan 1 college. Kampus ini memiliki 11.520 mahasiswa terdiri dari 4.530 berada di tingkat undergraduate dan sisanya berada di tingkat postgraduate. Sekitar 30% dari total siswa keseluruhan adalah pelajar internasional. MIT saat ini menduduki peringkat pertama kampus terbaik di dunia versi QS World University Rankings.

2. California Institute of Technology (Caltech)

Dahulu kampus ini bernama Throop University di Pasadena. Namun, sejak tahun 1920 berubah menjadi California Institute of Technology atau disebut Caltech. Kampus ini berfokus pada bidang sains dan teknik dengan jurusan yaitu biology & biological engineering, chemistry & chemical engineering, engineering & applied science, geological & planetary sciences, humanities & social sciences, dan physics, mathematics & astronomy.

3. Princeton University

Princeton University termasuk kampus yang punya banyak bidang akademik terdiri dari 36 departemen akademik, 55 program sertifikat interdisipliner, 42 program dan departemen doktorat, 33 program doktorat interdisipliner, dan 18 program gelar master. Soal penelitian, Princeton University punya bidang unggulan seperti teknik dan ilmu terapan, humaniora, ilmu alam, dan ilmu sosial.  

4. Stanford University

Kampus ini terkenal soal risetnya. Adapun fakultas di kampus ini terdiri dari business, Earth, energy & environmental sciences, education, engineering, humanities & sciences, law, dan medicine. Sebagai salah satu kampus terbaik, Stanford University menduduki peringkat kedua dunia versi QS World University Rankings. Jumlah mahasiswa internasional di kampus ini sekitar 22% dari total 16.424 mahasiswa.

5. Harvard University

Kampus terbaik ketiga di dunia ini sudah berdiri sejak tahun 1636. Bahkan 8 mantan presiden Amerika kuliah di kampus ini. Afiliasi universitas ini pun telah mendapatkan banyak penghargaan termasuk penghargaan Nobel. Dari sekitar 20 ribu mahasiswa, sekitar seperempatnya merupakan siswa internasional.  

6. University of Chicago

Universitas swasta ini telah banyak mencetak alumni yang banyak berjasa di bidang bisnis, politik, seni, dan lain-lain. Tak heran hingga 2019, University of Chicago telah mendapatkan 100 penghargaan Nobel. Fakultas di kampus ini pun tergolong lengkap mulai dari kedokteran, bisnis, hukum, administrasi layanan sosial, dan lain-lain. Selain itu, kampus ini juga sudah berumur panjang, yakni sejak tahun 1890.

7. Cornell University

Untuk kamu yang ingin tinggal dan kuliah di New York, Cornell University mungkin bisa jadi pilihannya. Kampus ini berada di urutan ke-18 di antara kampus terbaik di dunia. Kampus ini menawarkan program yang dibagi dalam college & school. Bidang yang ditawarkan antara lain adalah agrikultur, arsitektur, seni, bisnis, dan teknik. Hingga tahun 2019, sudah ada 59 penghargaan nobel baik untuk afiliasi, pelajar, staf pengajar maupun peneliti.

8. Yale University

Yale University merupakan salah satu kampus tertua di Amerika Serikat. Kampus ini didirikan pada tahun 1701 yang tergolong dalam 9 Colonial College, yakni kampus sudah ada sebelum revolusi Amerika. Mantan presiden Amerika Serikat George H.W Bush, dan politisi terkenal Hillary Clinton merupakan alumni dari kampus ini. Kampus ini pun menawarkan pilihan program baik di tingkat sarjana, pascasarjana, serta profesional.

9. Columbia University

Kampus ini berada di peringkat 19 dunia dan masuk dalam jajaran top 10 kampus terbaik di Amerika Serikat. Kampus ini bahkan disebut memiliki angka penerimaan mahasiswa yang rendah karena persaingannya kompetitif. Columbia University jadi salah satu pilihan kampus terfavorit bagi kamu yang ingin tinggal di Kota New York.

10. University of Pennsylvania

Kampus ini didirikan oleh Benjamin Franklin, tokoh ilmuwan asal Amerika Serikat di banyak bidang. Ia juga mantan Presiden negara bagian Pennsylvania pada tahun 1785-1788. University of Pennsylvania berada di urutan 16 sebagai kampus terbaik di dunia. Alumni terkenal dari kampus ini antara lain Elon Musk, John Legend, Elizabeth Banks, dan Ivanka Trump.

Itulah daftar kampus terbaik di Amerika Serikat yang bisa kamu pilih untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri. Kuliah di beda negara tentunya butuh biaya yang tidak sedikit. Untuk mempermudah pengirimannya, kamu bisa pilih Topremit yang sudah berpengalaman lebih 10 tahun dalam mengirimkan uang ke luar negeri. Topremit sudah menjangkau hingga lebih dari 60 negara di dunia. Kirim uang ke luar negeri menggunakan Topremit cepat dan aman karena sudah mendapat izin dari Bank Indonesia.

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.