Ingin Jadi Eksportir atau Importir? Kenali Terlebih Dahulu Tentang Freight Forwarding

Ekspor Impor Indonesia May 15, 2023

Dalam bidang ekspor impor, jasa pengiriman barang memegang peranan yang begitu penting. Bagaimana tidak, barang yang dibeli dari luar negeri atau barang yang dijual ke luar negeri membutuhkan jasa ekspedisi sebagai perantara antara pihak penjual dan pembeli.

Salah satu pihak yang menyediakan jasa terkait dengan pengiriman barang adalah freight forwarding. Freight forwarding adalah jasa yang melayani penataan gudang dan pengiriman barang sebagai wakil pengirim. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai freight forwarding, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Apa Itu Jasa Freight Forwarding?

Freight Forwarder merupakan istilah yang digunakan untuk suatu perusahaan jasa yang bergerak dalam bidang keagenan. Perusahaan ini menyediakan layanan pengiriman dan penerimaan barang, baik ekspor maupun impor.

Lain dengan layanan ekspedisi pada umumnya, freight forwarder menawarkan layanan pengiriman yang jauh lebih lengkap dan lebih bervariasi. Pengiriman barang yang diimpor maupun diekspor dapat dilakukan lewat jalur transportasi darat, laut maupun udara.

Dengan menggunakan jasa freight forwarding, kamu akan mendapatkan keuntungan tambahan lho. Apa saja keuntungan menggunakan jasa freight forwarding?

Keuntungan Menggunakan Jasa Freight Forwarding

1. Mengirim Barang dengan Lebih Mudah

Kemudahan mengirim barang ke luar negeri bisa kamu rasakan dengan menggunakan layanan freight forwarding. Dengan freight forwarding, kamu akan mendapatkan pelayanan lengkap untuk proses pengiriman barang hingga sampai di tujuan konsumen. Sebab, freight forwarder menyediakan layanan untuk menyiapkan dokumen, transportasi, hingga jasa pengiriman yang bisa kamu gunakan untuk melangsungkan bisnis ekspor/impor. Dengan begitu, barang yang kamu kirimkan akan segera sampai tanpa perlu khawatir.

2. Dapat Memilih Pengiriman Sesuai Kebutuhan

Penggunaan jasa freight forwarding untuk pengiriman barang ke luar negeri bisa menghemat biaya pengiriman. Perusahaan freight forwarding akan menyesuaikan segala hal terkait pengiriman, sesuai dengan jumlah barang yang kamu kirim tanpa perlu khawatir mengeluarkan budget yang banyak hanya untuk pengiriman barang dalam jumlah sedikit.

3. Menghemat Waktu

Keuntungan lainnya yang bisa kamu dapatkan dari penggunaan layanan freight forwarding adalah menghemat banyak waktu. Dengan layanan pengurusan pengiriman yang ditangani secara penuh oleh jasa freight forwarder, membuat kamu nggak perlu repot membuang banyak waktu untuk mengatur berkas dan dokumen pengiriman barang. Selain itu, dengan layanan freight forwarding, kamu juga bisa menghemat waktu pengiriman. Efisiensi yang dilakukan freight forwarder dalam pemilihan jasa logistik dapat membantu barang lebih cepat dikirim dengan biaya yang terjangkau.

Itu dia sederet keuntungan yang bisa kamu peroleh jika mengirim barang ke luar negeri dengan layanan freight forwarding. Buat kamu yang tertarik menggunakan layanan ini, yuk kenali bagaimana mekanisme pengiriman barang melalui freight forwarder berikut ini.

Mekanisme Pengiriman Barang Melalui Freight Forwarder

Pengiriman barang melalui freight forwarder dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Jenis pertama adalah pengiriman berdasarkan alamat pengiriman. Pengiriman barang dengan freight forwarder bisa kamu lakukan dengan cara DD (Door to Door), DP (Door to Port), PD (Port to Door), dan PO (Port to Port).

Tak hanya itu, mekanisme pengiriman barang melalui freight forwarder juga bisa dibedakan berdasarkan sistem kirimnya, antara lain LCL (Less Container Loaded) yang menyediakan kapasitas pengiriman barang dengan jumlah di bawah standar kapasitas muat container, dan FCL (Full Container Loaded) yang menyediakan pengiriman barang dalam satu kontainer penuh secara khusus.

Mekanisme layanan freight forwarder juga dapat dibedakan berdasarkan tempat kontainernya, yaitu dry container yang merupakan kontainer standar dan umum dipergunakan untuk mengirim barang-barang yang tidak berbahaya. Sedangkan reefer container merupakan jenis container yang dilengkapi dengan pengatur suhu. Biasanya, jenis pengiriman ini dilakukan untuk pengiriman bahan makanan segar.

Untuk mekanisme pengiriman dengan Open Top Container, biasanya dilakukan untuk pengiriman barang dengan tinggi yang melebihi standar Dry Container. Untuk pengiriman dengan Flat Rack Container, kamu bisa mengirim container datar yang terbuka pada seluruh bagiannya untuk pengiriman barang dengan lebar yang melebihi standar Dry Container.

Itu dia sederet penjelasan singkat mengenai jasa freight forwarder yang bisa kamu gunakan untuk ekspor barang atau mengirim barang ke luar negeri. Nah, kalau kamu punya keperluan untuk kirim uang ke luar negeri, kamu bisa mengandalkan Topremit.Dengan Topremit kamu bisa transfer uang hingga ke 60 negara di dunia dengan mudah dan cepat. Selalu percayakan Topremit untuk mengirim uang dengan mudah dan aman ya!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.