Jurusan Favorit Kuliah di Oxford University

Kuliah di luar negeri Jan 5, 2022

Oxford University dikenal sebagai salah satu universitas kelas dunia dengan fasilitas pendidikan terbaik. Universitas tertua di dunia yang berlokasi di Inggris ini juga memiliki sederet jurusan pendidikan yang sangat lengkap.

Bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan di Universitas Oxford dan mencoba jurusan favorit yang banyak diminati mahasiswa, yuk simak jurusan kuliah di Oxford yang terfavorit dalam artikel berikut ini!

Jurusan Favorit Kuliah Di Universitas Oxford

Faculty of Philosophy

Jika kamu sangat menyukai dunia filsafat dan ingin mencoba memperdalamnya, kamu bisa mencoba jurusan filsafat di Oxford University. Jurusan ini sangat cocok untuk kamu yang suka berpikir keras tentang segala sesuatu di sekitar kamu dan sangat menyukai hal yang detail. Setelah lulus dari jurusan ini, kamu berkesempatan menjadi akademisi seperti dosen atau guru, jurnalis, bahkan pengamat politik.  

Department of Economics

Jurusan ekonomi di Oxford University ini merupakan jurusan yang mengkaji bagaimana perilaku manusia untuk mencapai kesejahteraan hidupnya. Jurusan ini juga membahas ekonomi baik mikro maupun ekonomi makro. Setelah lulus dari jurusan ekonomi di Oxford ini, kamu bisa menjadi ekonom, risk analyst, ahli perpajakan, credit analyst, riset pasar, aktuaris, analis keuangan dan konsultan manajemen, hingga penasihat keuangan.

School of Geography

Dikenal sebagai salah satu jurusan terbaik dan juga terfavorit di Oxford, jurusan geografi rupanya bagian dari divisi ilmu sosial dalam program pendidikan universitas. Jurusan ini terletak di pusat lingkungan Universitas Oxford, tepatnya di South Parks Road.

Faculty of Classic

Seperti namanya, jurusan ini mempelajari tentang bahasa, kesusastraan, hingga budaya dari peradaban kuno. Umumnya, jurusan ini mengkaji secara khusus tentang bagaimana hasil karya Romawi kuno berupa arsitektur, hasil pekerjaan pembangunan kota, kode-kode legal, prinsip pemerintahan, serta pencapaian Romawi yang telah membentuk peradaban barat. Lulus dari jurusan ini, kamu bisa mencoba berkarir di bidang jurnalisme, pemerintahan, museum guide, komputer, maupun kementerian.

English Language and Literature

Salah satu jurusan terfavorit di Oxford ini memiliki kajian ilmu yang mempelajari tentang bahasa inggris dari sisi linguistik dan sastra secara mendalam. Setelah kamu mempelajari sastra dan bahasa inggris pada jurusan ini, kamu bisa bekerja sebagai content writer, copywriter, manajer sosial media, editor artikel, jurnalis, penulis buku, penerjemah, hingga guru bahasa Inggris. Banyak sekali, kan?

Department of Statistics

Jurusan yang merupakan perpanjangan dari jurusan matematika ini mengkaji ilmu matematika dengan fokus ke bidang pengolahan data. Kamu dapat mempelajari bagaimana cara mengumpulkan, menganalisis, dan menyajikan data agar lebih mudah dibaca atau dipahami oleh orang banyak. Bidang ilmu ini diaplikasikan dalam berbagai seluk beluk kehidupan. Lulus dari jurusan ini, kamu bisa mencoba berkarir sebagai data scientist, data analyst, konsultan, dosen, hingga aktuaris.

Faculty of Music

Jika kamu memiliki ketertarikan yang tinggi terhadap dunia musik, jurusan ini menjadi pilihan yang tepat untuk kamu memperdalam ilmu dan pengetahuanmu tentang musik. Kamu akan mempelajari berbagai teori musik dan keterampilan praktisnya seperti vokal, komposisi, instrumen, serta menyajikan musik secara kreatif. Tak hanya itu, kamu juga bisa mempelajari musik dari berbagai genre, mulai dari jazz, pop, rock, hingga musik tradisional.

Untuk mengasah kemampuan kamu selama berkuliah di sana, akan lebih baik jika kamu juga memiliki alat musik sendiri di asrama kamu saat berkuliah di Oxford University. Kamu tak perlu khawatir kehabisan uang untuk memenuhi kebutuhan pendukung kuliah kamu selama berkuliah di Oxford. Dengan Topremit, kamu bisa langsung menerima uang yang telah ditransfer orang tua kamu di Indonesia. Mulai dari 5 menit saja, kamu bisa langsung menggunakannya untuk memenuhi kebutuhan hidup dan juga membeli peralatan pendukung perkuliahan.

Theology and Religion

Menyandang status sebagai program studi terlama di Universitas Oxford di jurusan ini kamu akan mempelajari sejarah, teologi, antropologi, dan sosiologi dari agama yang dapat kamu pilih untuk dipelajari. Tak hanya itu, kamu juga akan mendapatkan pelajaran tentang sejarah-sejarah peperangan serta pengajaran tentang kitab-kitab dalam agama yang dipilih. Sangat menarik, bukan?

Department of Chemistry

Sejak pertama kali resmi sebagai disiplin ilmu terpisah di Universitas Oxford pada tahun 1860, jurusan ini mengkaji ilmu tentang tentang struktur, komposisi dan sifat materi dari skala atom hingga molekul dan bagaimana interaksi keduanya dalam kehidupan sehari-hari. Jurusan ini juga dilengkapi dengan laboratorium yang terhubung dengan museum sejarah alam.

Department of Computer Sciences

Sebagai salah satu jurusan ilmu komputer paling lama berdiri, jurusan ini mengkaji ilmu tentang komputasi, perangkat keras (hardware), dan perangkat lunak (software). Tak hanya itu, kamu juga bisa mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan komputer, analisa abstrak algoritma, hingga pemrograman. Prospek karir jurusan ini sangat beragam, mulai dari perancang web, insinyur aplikasi, konsultan IT, hingga game creator.

Department of Earth Science

Seperti namanya, program kuliah ini mempelajari tentang bumi, komposisinya, struktur, sifat-sifat fisik, sejarah, dan proses pembentukannya. Ilmu ini memberikan solusi bagi masalah-masalah bumi seperti sumber daya yang terus berkurang. Maka dari itu, jurusan ini mulai memiliki banyak peminat hingga saat ini, bahkan menjadi favorit bagi calon mahasiswa baik mahasiswa dalam maupun luar negeri.

Department of Physics

Jurusan fisika di Universitas Oxford mempelajari tentang materi dalam berbagai waktu dan ruang. Tak hanya itu, mahasiswa jurusan Fisika di Oxford juga meneliti tentang dasar dari hukum alam yang akhirnya membentuk materi. Mahasiswa juga akan diajarkan fisika secara fundamental dan modern. Prospek kerja bagi lulusan jurusan ini cukup banyak dan luas, contohnya seperti bekerja di bidang telekomunikasi, teknologi informasi, manufaktur, dan institusi pendidikan.

Faculty of Law

Fakultas hukum terbesar di Inggris ini merupakan federasi dari tiga puluh sekolah hukum perguruan tinggi di dunia. Jika kamu berminat untuk memperdalam ilmu hukum di Oxford University, kamu akan mempelajari tentang hukum di dunia baik secara teori dan praktik. Program karir yang dapat diambil setelah lulus dari jurusan ini cukup banyak, mulai dari pengacara, notaris, hakim, hingga jaksa.

Itu dia sederet jurusan kuliah di Oxford yang cukup memiliki banyak peminat dan juga menjadi jurusan terfavorit di Oxford University. Kamu bisa memilih salah satu program pendidikan di Oxford untuk memperdalam ilmu yang ingin kamu ketahui. Jadi jurusan apa yang akan kamu pilih?


Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.