11 Universitas / Kampus Terbaik yang Ada di Korea Selatan

Kuliah di luar negeri Dec 13, 2021

Korea Selatan dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki cukup banyak peminat untuk melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi. Di Negeri Gingseng ini rupanya tersedia banyak sekali universitas dengan fasilitas yang cukup lengkap, khususnya bagi mahasiswa internasional.

Untuk kamu yang bercita-cita melanjutkan pendidikan tinggi ke Korea Selatan, kamu bisa mempertimbangkan beberapa universitas terbaik yang ada di Korea Selatan yang sudah disajikan secara lengkap dalam artikel ini. Yuk, langsung kita simak!

Universitas Terbaik Di Korea Selatan

1. Seoul National University (SNU)

Universitas yang dikenal dengan sebutan SNU ini merupakan universitas nasional pertama di Korea Selatan. Universitas ini termasuk ke dalam jajaran universitas dengan fasilitas kampus terbesar di Korea Selatan. SNU cukup terkenal sebagai universitas favorit di Korea Selatan dengan beragam fasilitas pendukung mulai dari dukungan karir, bimbingan konseling, bantuan keuangan, bahkan dukungan bahasa bagi mahasiswa internasional.

2. Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST)

Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) adalah institusi penelitian sains dan teknik pertama di Korea Selatan. Sejak didirikan pada tahun 1966, universitas yang didanai pemerintah ini memiliki fokus dalam bidang penelitian dan pengembangan. Universitas ini menawarkan beragam program kuliah dengan pengantar bahasa Inggris.

Jurusan yang tersedia antara lain kimia, biologi, teknik biomedis, neurosains, dan robotik. KAIST juga memiliki fasilitas pendukung yang cukup lengkap seperti asuransi kesehatan, tempat tinggal bagi mahasiswa internasional, hingga beasiswa untuk mahasiswa. KAIST telah bekerjasama dengan banyak institut teknik ternama di dunia. Tak hanya itu, KAIST juga memiliki beberapa kampus di luar negeri, termasuk di Eropa.

3. Korea University

Universitas yang didirikan pada tahun 1905 ini rupanya termasuk ke dalam salah satu jajaran universitas tertua di Korea Selatan. Universitas ini juga menawarkan sejumlah program kuliah dengan pengantar perkuliahan dalam bahasa Inggris. Korea University juga bekerjasama dengan banyak institusi pendidikan ternama di dunia. Universitas ini juga termasuk universitas yang cukup ramah bagi mahasiswa internasional loh, karena fasilitasnya yang sangat lengkap. Misalnya, tempat tinggal dan layanan konseling yang tersedia bagi mahasiswa internasional.

4. Ulsan National Institute of Science and Technology (UNIST)

Menjadi salah satu dari empat universitas negeri di Korea Selatan yang didedikasikan untuk penelitian di bidang sains dan teknologi, bersama dengan KAIST, GIST, dan DGIST, UNIST dikenal sebagai universitas favorit dengan fasilitas pendidikan yang cukup lengkap. Meski terbilang baru, UNIST memiliki kualitas pendidikan yang tak kalah bagus dibanding universitas lainnya yang ada di Korea Selatan.

5. Hanyang University

Berlokasi di Seoul, Hanyang University menjadi salah satu universitas swasta yang cukup terkenal di Korea Selatan, dengan fasilitas yang cukup lengkap dan ramah bagi mahasiswa internasional. Hanyang University cukup menjadi favorit bagi para calon mahasiswa baik di Korea Selatan maupun di luar Korea Selatan. Universitas ini juga telah terakreditasi dan diakui oleh menteri pendidikan Korea Selatan.

Hanyang University termasuk ke dalam salah satu jajaran universitas dengan mahasiswa internasional yang cukup banyak dan juga fasilitas yang cukup lengkap. Tak hanya itu, karena berlokasi di pusat kota, Hanyang University memudahkan mahasiswa untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, khususnya bagi mahasiswa pendatang.

Bagi kamu yang ingin meneruskan kuliah di Negeri Gingseng, kamu nggak perlu bingung bagaimana memenuhi kebutuhan hidupmu. Dengan Topremit, kamu bisa mendapatkan kiriman uang dari Indonesia ke Korea Selatan dengan cepat dan aman, Topremit juga sudah memiliki perizinan dari Bank Indonesia dan melayani pengiriman uang ke Korea Selatan lebih dari 10 tahun. Kamu langsung bisa menggunakan uang kiriman dari orang tuamu misalnya, untuk membeli kebutuhan sehari-hari selama berkuliah di Korea Selatan.

6. Pusan National University

Berlokasi di Busan, universitas negeri ini memiliki program-program kuliah yang telah terakreditasi dan diakui oleh menteri pendidikan Korea Selatan. Tak hanya itu, Pusan National University juga memiliki fasilitas yang lengkap beserta beasiswa dan bantuan keuangan bagi mahasiswa internasional yang lulus ujian masuk.

7. Yonsei University

Dikenal sebagai salah satu dari institusi pendidikan tertua dan ternama di Korea Selatan, Yonsei University menawarkan program-program kuliah dengan pengantar bahasa Inggris untuk berbagai jenjang perkuliahan mulai dari tingkat S1 (di Underwood International College (UIC)), S2 (Graduate School of International Studies (GSIS)), hingga MBA. Yonsei University yang berlokasi di Seoul ini merupakan universitas kristen swasta favorit yang menyediakan fasilitas pendidikan yang cukup lengkap, khususnya bagi mahasiswa internasional.

8. EWHA Womans University

EWHA Womans University adalah institusi pendidikan modern pertama yang dibangun khusus untuk wanita. Universitas ini menyediakan berbagai program kuliah seperti program S2 dengan bahasa pengantar dalam bahasa Inggris untuk beberapa jurusan seperti jurusan kesejahteraan sosial, studi kewanitaan, ilmu informasi, hingga jurusan hukum. Universitas ini sudah bekerjasama dengan berbagai institusi pendidikan di dunia dan menawarkan beragam beasiswa, khususnya bagi mahasiswi internasional.

9. Pohang University Of Science And Technology (POSTECH)

Berlokasi di Pohang, Provinsi Gyeongbuk, Pohang University of Science and Technology atau yang populer dengan sebutan POSTECH ini dikenal sebagai universitas yang memiliki fasilitas penelitian canggih dan cukup lengkap. Di universitas ini, kamu bisa memilih berbagai program kuliah yang disampaikan dengan bahasa pengantar dalam bahasa Inggris, seperti jurusan matematika, teknik mekanik, ilmu komputer, dan juga teknik elektro.

10. Sungkyunkwan University (SKKU)

Menjadi universitas tertua di Asia Timur, Sungkyunkwan University (SKKU) dikenal sebagai universitas dengan fasilitas yang cukup lengkap. Universitas ini memiliki dua kampus utama yang dibagi menjadi kampus untuk sastra dan ilmu sosial, dan kampus lainnya untuk ilmu alam. Sungkyunkwan University menyediakan program kuliah yang disampaikan dalam bahasa Inggris untuk jenjang pendidikan S1 dan S2. Universitas ini juga dikenal sebagai universitas favorit khususnya bagi mahasiswa internasional karena universitas ini menawarkan berbagai program beasiswa yang disediakan bagi mahasiswa internasional.

11. Chung-Ang University

Universitas yang berlokasi di Seoul ini termasuk universitas yang telah menerima akreditasi dan pengakuan dari menteri pendidikan Korea. Bagi mahasiswa internasional yang ingin menjadi mahasiswa Chung-Ang University, perlu mengikuti ujian masuk khusus. Tak hanya itu, universitas ini juga menyediakan berbagai program pendidikan dengan gelar S1 hingga S3. Universitas ini juga menawarkan program kuliah ke luar negeri dan pertukaran mahasiswa.

Itu dia 11 kampus terbaik di Korea Selatan yang bisa kamu jadikan sebagai referensi universitas tujuan untuk meneruskan pendidikan tinggi. Yuk, persiapkan diri lebih matang agar kamu bisa meraih impian untuk berkuliah di Negeri Gingseng!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.