European Football

7 Negara Terkenal yang Pernah Mengadakan Piala Euro

eropa Oct 27, 2023

Siapa yang tidak kenal dengan Piala Eropa atau yang sering disebut dengan Euro? Eits tapi ini bukan soal mata uang ya, melainkan tentang sebuah ajang piala bergengsi yang diadakan setiap empat tahun sekali dan akan mempertandingkan 24 tim terbaik di Eropa dalam pertandingan sepakbola untuk menentukan siapa yang paling hebat.

Kamu tentu tahu juga dong tentang beberapa pemenangnya, seperti di 2020 kemarin ada Italia, 2016 ada Portugal, dan yang udah agak lama nih di 2012 ada Spanyol. Tim-tim ini tentunya juga bertabur bintang-bintang seperti Cristiano Ronaldo, Andrea Pirlo, Andres Iniesta dan banyak yang lainnya.

Tapi kamu penasaran gak sih, selama Piala Eropa yang udah terhitung 16 kali digelar, negara mana aja nih yang udah jadi tuan rumah dari ajang prestisius tersebut? Yuk simak ulasan berikut ini!

Negara-Negara Tuan Rumah Euro

1. Prancis

France World Cup 2022

Nah, negara yang pertama kali menjadi tuan rumah dari ajang Piala Eropa bergengsi ini, tak lain dan tak bukan adalah tim yang beranggotakan Kylian Mbappe, Paul Pogba, Hugo Lloris, dan para juara Piala Dunia 2018 lainnya. Negara yang dijuluki La France ini tentunya merupakan salah satu superpower di dunia sepakbola dan bahkan sudah pernah menjuarai Piala Eropa sebanyak dua kali, yakni di tahun 1984 dan 2000. Udah pasti ingat Zinedine Zidane kan? Si doi ini lah yang merupakan pemain penting dalam tim tahun 2000 yang legendaris tersebut.

Prancis sendiri pernah menjadi tuan rumah Piala Eropa di tahun 1960, 1984 dan juga 2016. Iya, bener banget, mereka udah menjadi pengelola dari perhelatan acara ini sebanyak tiga kali dan tiap mereka menggelar selalu ada juara yang berbeda, seperti di 1960 ada Uni Soviet yang keluar sebagai juara dan 2016 ada Portugal. Meskipun sang mega bintang Cristiano Ronaldo cedera dan terpaksa tidak main di laga final pada tahun tersebut, namun fans Portugal tentu akan selalu mengingat Piala Eropa 2016.

2. Spanyol

Spain Football Team

Negara asal tim Barcelona dan Real Madrid ini tentunya menjadi salah satu favorit banyak penggemar sepakbola di seluruh dunia karena teknik permainan indah mereka yang bahkan diberi nama “Tiki-taka” yakni gaya bermain bola dengan operan-operan pendek antar pemain dan dikondisikan dengan aliran bola secara acak tapi tetap bergerak dengan target mendekati gawang lawan.

Nah, negeri Matador ini pernah menjadi tuan rumah dari Piala Eropa di tahun 1964 dan merupakan negara kedua setelah Prancis yang bertanggung jawab untuk menggelar acara bergengsi ini. Lebih menakjubkannya lagi, Spanyol juga berhasil menjuarai Euro di tahun tersebut dan bahkan menjuarainya dua kali lagi di tahun 2008 dan 2012 secara berturut-turut. Pantas aja negara ini sempat menjadi salah satu tim yang paling ditakuti selama Piala Eropa bergulir.

3. Italia

Italy Football Team

Di nomor ketiga daftar ini ada si juara Piala Eropa tahun 2020 kemarin, yah walaupun doi gagal lolos ke Piala Dunia tahun 2022, tetap aja pencapaiannya yang apik ini akan membuatnya selalu di ingat dalam kisah-kisah tim legendaris di dunia sepakbola.

Tim Italia sendiri sedari dulu selalu terkenal dengan pertahanannya yang rapi dan sulit ditembus. Tak hanya itu, pemain gelandang mereka yang paling legendaris yakni Andrea Pirlo bahkan digadang-gadang sebagai si dewa bola mati karena bisa dengan tepat mengarahkan tendangan bebas dan corner yang didapatnya.

Nah, negara yang menjadi tempat lahirnya spaghetti ini pernah menjadi tuan rumah ajang Piala Eropa pada tahun 1968 dan 1980. Mereka pun turut menjadi juara pada tahun 1968 namun sayangnya harus berpuas dengan gelar juara empat pada tahun 1980 setelah kalah adu penalti di perebutan juara tiga dengan Cekoslovakia.

4. Belgia

Belgium Football Team

Kevin De Bruyne, Romelu Lukaku dan Eden Hazard, siapa sih yang gak kenal tiga pemain yang merupakan pentolan dari negara Belgia ini. Walau dijuluki the golden generation mulai dari tahun 2018 hingga 2022 kemarin, sayangnya tim ini belum pernah merasakan nikmatnya angkat piala dan bahkan di Piala Dunia kemarin mereka harus menelan kekalahan yang memalukan usai tidak bisa lolos dari fase grup dan dinyatakan pulang lebih awal.

Namun meski begitu, negara yang terkenal akan produksi coklatnya ini tetap bisa membanggakan momen-momen dimana mereka menjadi tuan rumah yang baik pada tahun 1972 dan juga tahun 2000 (Mereka melakukan co-hosting dengan Belanda yang berarti Piala Eropa diadakan pada stadium-stadium yang terletak di dua negara ini).

5. Swedia

Sweden Football Team

Zlatan Ibrahimovic, ingat ga tendangan bicycle kick-nya melawan Inggris di tahun 2012? Benar-benar spektakuler kan, sayangnya doi udah pensiun nih dari dunia sepak bola internasional tapi tentunya Swedia masih terus menjadi tim kuat di ranah sepak bola Eropa dong!

Nah, tim yang terkenal dengan warna kuning birunya ini meskipun tidak pernah menjadi juara di piala bergengsi tersebut, namun mereka menjadi tuan rumah dari pergelaran sukses yang diadakan pada tahun 1992 dengan Denmark sebagai pemenangnya. Pantas aja sampai sekarang Swedia terus menganggap Denmark sebagai rival. Mungkin si doi belum rela aja dengan kenangan dimana Denmark mengangkat piala tepat di kampung halaman mereka.

6. Inggris

England Football Team

Negara yang merupakan pencipta sepakbola ini tentunya udah gak menjadi kejutan lagi sih di daftar ini. Mulai dari Alan Shearer, Wayne Rooney, hingga Harry Kane, negara tiga singa ini atau yang lebih populer dengan sebutan “The Three Lions” ini terkenal dengan pemain-pemain bintangnya yang memiliki banyak fans di seluruh dunia.

Sayangnya, tim bertabur bintang ini belum pernah meraih gelar juara di Piala Eropa meskipun mereka hampir saja mencapainya saat kalah di laga final pada tahun 2020 lewat adu penalti dengan Italia.

Nah, tim yang terkenal dengan kemenangan Piala Dunia-nya di kandang sendiri pada tahun 1966 ini pernah menjadi tuan rumah Piala Eropa pada tahun 1996, tepat 30 tahun setelah kemenangan gemilang mereka di kandang namun sayangnya di Piala Eropa 1996 mereka harus kalah di semifinal dan gagal lolos ke perebutan juara dimana akhirnya Jerman lah yang menjadi pemenangnya.

7. Jerman

Germany Football Team

Der Panzer yang artinya mesin tua yang akan selalu panas, merupakan julukan dari timnas Jerman yang diberikan oleh para fansnya dalam harapan bahwa tim mereka akan terus mengganas di setiap kompetisi sepakbola demi kemenangan. Sehingga meskipun belakangan tim ini belum mencapai permainan paling optimal mereka seperti saat menjadi juara dunia di tahun 2014, tim tersebut tetap berjuang dengan baik di tiap kompetisi dan tak pernah absen hadir di kejuaraan Piala Eropa maupun Piala Dunia.

Nah, negara Jerman ini pernah menjadi tuan rumah Piala Eropa pada tahun 1988 yang menampilkan laga final menarik antara Belanda dan Uni Soviet yang berakhir dengan kemenangan 2-0 untuk Belanda di stadion Munich.

Oiya, info paling update-nya nih adalah bahwa Jerman juga sudah terpilih untuk menjadi tuan rumah Piala Eropa di tahun 2024 mendatang ini. Sehingga fans sepakbola di seluruh dunia sudah pastinya akan menikmati pemandangan-pemandangan indah kota Munich, Frankfurt, dan Berlin. Tertarik untuk pergi nonton juga? Simak tips dibawah ini biar kamu bisa aman dan nyaman melakukan pembayaran selama di sana ya!

Aplikasi Kirim Uang ke Jerman

Topremit

Nah, mau mengunjungi beberapa negara diatas? Atau mungkin kamu mau booking hotel untuk penginapan selama di sana tapi pembayaran tidak bisa dilakukan menggunakan mata uang Rupiah?

Eits tenang aja, Topremit ada disini untuk memenuhi kebutuhan kamu! Dengan Topremit kamu bisa kirim uang ke 40 negara di Eropa, mau itu ke Italia, Inggris, Belgia, Prancis, dan ya pastinya Jerman juga dong.

Biayanya? Wah udah pasti murah dong cuma IDR 100K aja dan flat lho, yang berarti kamu mau kirim 10 juta, 50 juta, 100 juta atau pun 1 milyar pun biayanya tetap 100 ribu aja, hemat ga? Ya hemat la!

Tapi cepat gak nih? Wah udah pasti cepat kali lah, dalam 20 menit uang kamu dijamin udah sampai ke rekening penerima di Eropa. Jadi kamu gak harus nunggu-nunggu uang lama sampai lagi ya. Jadi tunggu apalagi, yuk cobain Topremit sekarang!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.