Europe Map

Udah Tau Belum? Ini 7 Negara Terbesar di Eropa

eropa Oct 23, 2023

Kamu tau ga sih kalau Eropa ternyata merupakan benua kedua paling kecil di dunia? Nah, mengejutkan banget kan kalau mengingat bahwa ada banyak negara terkenal seperti Inggris, Portugal, Spanyol, Italia, Belgia dan masih banyak lainnya yang berasal dari si benua mungil ini.

Ternyata, memang negara di benua Eropa Memiliki luas wilayah yang dapat dibilang cukup kecil jika dibandingkan dengan negara-negara di benua lainnya. Namun meskipun di daftar 10 negara terbesar di dunia hanya ada 1 negara Eropa, lebih mengejutkannya lagi negara tersebut menempati peringkat pertama dengan luas wilayah hampir dua kali lipat jika dibandingkan dengan negara China yang berada di peringkat kedua!

Penasaran ga sih jadinya sama negara-negara terbesar yang ada di benua Eropa ini? Yuk simak daftar berikut sampai habis ya!

Eksplorasi Urutan Negara Terbesar di Eropa

Berdasarkan data dari disdikbud.subang.go.id, luas benua Eropa mencapai 10.355.000 km² sehingga jika dibandingkan dengan luas Indonesia yang sebesar 1.905.000 km² berarti luas 1 benua Eropa sama dengan luas Indonesia di kali lima lho, berarti udah lumayan banget kan namun si doi malah masih benua kedua paling kecil nih.

Nah, secara geografis Eropa berbatasan dengan Samudra Arktik di utara, Laut Tengah di selatan, Samudra Atlantik di barat, serta Benua Asia di timur.

1. Rusia

Russia Kremlin

Rusia merupakan negara terbesar di Eropa dan juga negara terluas di dunia. Luas wilayahnya bahkan hampir mencakup seperempat daratan dunia, bisa dibilang sebagian besar luas wilayah Eropa ini datang dari Negara Beruang Merah tersebut. Rusia sendiri memiliki banyak tempat ikonik seperti Basil's Cathedral di Moskow dan Istana Musim Dingin di St. Petersburg.

Wilayah Rusia juga sangat didominasi oleh hutan, dengan hampir 60% wilayahnya terdiri dari hutan, terutama di Siberia yang luas. Menakjubkannya lagi, dengan lebih dari 800 juta hektar hutan, sekitar 20% dari total luas hutan di dunia berada di dunia, dan separuh dari hutan ini tetap alami tanpa penduduk.

Rusia juga memiliki keragaman budaya unik, di mana budaya Eropa Timur dan Asia bergabung, menciptakan lanskap budaya yang menarik. Selain itu, Rusia memiliki sistem pendidikan yang maju dan gratis, serta merupakan negara dengan jumlah penduduk terbanyak ke-9 di dunia pada tahun 2022. Tidak ketinggalan, Rusia juga terkenal dengan Trans-Siberian Railway, jalur kereta terpanjang di dunia yang menghubungkan Moskow dengan Vladivostok, menghadirkan prestasi teknik yang luar biasa dan akses transportasi penting di wilayah yang luas ini.

2. Ukraina

Ukraine

Ukraina adalah negara terbesar kedua di Eropa setelah Rusia. Lanskapnya yang indah mencakup Pegunungan Carpathian, sungai-sungai yang melintasi negara ini, dan Laut Hitam yang membatasi Ukraina di sebelah selatan.

Nah, selain dikenal sebagai negara yang pernah menjadi tempat tragedi Chernobyl pada 1986, Ukraina juga masih memiliki pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di Eropa, meskipun bayangan Chernobyl selalu mengintai. Di tengah perubahan dinamis di Ukraina, wilayah-wilayah seperti Donetsk dan Luhansk menjadi zona konflik dan pengaruh kelompok separatis yang diakui oleh Rusia, berpotensi memicu perang lebih besar. Selain itu, Kyiv, ibu kota dan kota terbesar di Ukraina, berada dalam sorotan serangan bersenjata Rusia.

Di sisi lain, kota Sevastopol di Krimea, yang merupakan pelabuhan terbesar di Laut Hitam, telah dianeksasi oleh Rusia setelah krisis Krimea pada tahun 2014, meskipun kawasan ini sebelumnya diakui sebagai bagian Ukraina. Dengan semua perubahan dan ketegangan, situasi di Ukraina tetap menjadi titik fokus perhatian dunia.

3. Prancis

Eiffel Tower

Meskipun Prancis merupakan negara terbesar di Uni Eropa, jika dibandingkan dengan Rusia dan Ukraina ia harus berpuas dengan posisi ketiga paling besar di benua Eropa. Nah, menariknya nih sekitar sepertiga wilayahnya adalah hutan, sehingga menjadikannya negara dengan hutan terluas keempat di Uni Eropa. Di sisi lain, Prancis juga merupakan tujuan wisata yang sangat populer. Paris, ibu kota negaranya, adalah kota ketiga paling sering dikunjungi di dunia. Selain keindahan alamnya, Prancis juga terkenal sebagai gudang pemenang Nobel Prize di bidang literatur, serta memiliki museum paling populer di dunia, Louvre, yang menjadi rumah bagi sejumlah besar karya seni terkenal.

Oiya, Prancis bukan hanya tentang keindahan alam dan pariwisata lho, tetapi juga menjadi tempat yang ideal banget untuk melanjutkan studi kamu. Negara ini menawarkan pendidikan tinggi berkualitas dan merupakan rumah bagi banyak penulis terkenal yang telah memenangkan Nobel Prize di bidang literatur. Prancis juga memiliki museum paling banyak dikunjungi di dunia, Louvre, yang menampilkan karya seni ikonik seperti Mona Lisa dan Venus de Milo.

4. Spanyol

Ibiza Spain

Siapa yang tidak kenal dengan negara pemenang Piala Dunia 2010 ini, yang menjadi rumah dari tim-tim super Barcelona dan Real Madrid. Tapi apa kamu tau bahwa Spanyol juga merupakan negara terbesar keempat di Eropa?

Iya bener banget, Negeri Matador ini merupakan negara dengan luas wilayah terbesar nomor empat jika dibandingkan dengan semua negara Eropa lainnya. Nah, gak cuma luas wilayah aja yang keren namun negara asal tim Los Blancos ini juga memiliki keberagaman sejarah menarik yang tercermin dalam arsitektur Moorish di Granada, katedral-katedral megah di Barcelona, dan bahkan pesta Corrida di Seville.

5. Swedia

Sweden

Swedia adalah negara terbesar kelima di Eropa. Keindahan alamnya termasuk ribuan pulau di sepanjang pantai timurnya dan hutan-hutan luas di utara. Swedia juga dikenal sebagai rumah bagi merek-merek ikonik seperti IKEA dan Volvo.

Swedia juga merupakan negara dengan sejarah panjang yang dimulai pada 9000 SM, mencakup era Viking dan era kekuasaan Baltik. Pada tahun 1523, Swedia merdeka dan sejak itu menjadi monarki konstitusional. Swedia juga dikenal karena kebijakan netralitasnya selama Perang Dunia. Negara ini memiliki keanekaragaman etnis dengan imigrasi dari seluruh dunia.

Swedia juga dikenal karena hutan yang luas, industri kehutanan yang berkelanjutan, taman nasional, dan danau yang indah, seperti Danau Vänern. Masakan tradisional Swedia menampilkan hidangan seperti bakso köttbullar dan camilan berupa roti dan kue kering. Swedia adalah destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam dan warisan budaya yang kaya dalam sejarah yang panjang.

6. Jerman

Germany

Jerman adalah negara terbesar keenam di Eropa. Negara ini membanggakan sejarahnya yang kaya, dengan Situs Warisan Dunia seperti Tembok Berlin, Kastil Neuschwanstein, dan Gerbang Brandenburg.

Jerman juga terkenal karena banyak hal unik seperti Johannes Gutenberg yang mencetak buku pertama di dunia di Mainz, Oktoberfest yang merupakan festival bir terbesar di Eropa dan juga balapan perahu labu. Orang Jerman bahkan memiliki tradisi tidur atau hibernasi pada hari Minggu, vending machine sosis yang unik bisa ditemukan di mana-mana dan mereka juga memiliki hobi bermain gulat jari.

7. Finlandia

Finland Northern Lights

Finlandia merupakan negara terbesar ketujuh di Eropa. Keindahan alamnya mencakup ribuan danau, hutan yang luas, dan fenomena cahaya utara Aurora Borealis. Finlandia juga terkenal sebagai tempat kelahiran perusahaan telekomunikasi terkemuka, Nokia.

Itulah tujuh negara terbesar di Eropa yang menawarkan pesona yang berbeda-beda, mulai dari kekayaan budaya hingga keindahan alam.

Jika kamu tertarik mengunjungi negara-negara Eropa di atas ini tentunya kamu membutuhkan sebuah alternatif untuk melakukan pembayaran jika kebetulan cash yang dibawa tidak cukup karena limit maksimal dari bea cukai.

Jangan khawatir! Kenalin Topremit, aplikasi kirim uang ke luar negeri yang bisa membantu kamu melakukan transfer secara online ke 40 negara yang ada di benua Eropa. Dengan Topremit biaya flat IDR 100K, uang kamu bisa langsung tiba ke rekening bank penerima yang ada di negara Eropa dalam waktu 20 menit doang. Jadi mudah banget kan buat kamu dapat dana tambahan dari keluarga di Indonesia selama liburan atau pun melakukan pembayaran dalam jumlah besar di luar negeri. Yuk cobain Topremit sekarang!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.