Panduan Jadi Jastip Jepang, Cara Jadi Jastip dan Produk Terbaik

Jastip Nov 18, 2021

Jasa titip atau jastip barang dari luar negeri ke Indonesia saat ini sudah banyak dilakoni oleh banyak orang. Jasa ini bahkan sudah menjadi sumber pendapatan dengan keuntungan menjanjikan. Keuntungan yang didapat dengan membuka jastip adalah kamu bisa liburan ke luar negeri sembari menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Jepang merupakan salah satu negara dengan permintaan jastip terbanyak. Banyak masyarakat Indonesia yang memang menyukai atau mempercayai kualitas dari barang atau produk-produk Jepang, misalnya jam tangan, game konsol, atau action figure. Untuk itu, kalau kamu ada kesempatan pergi ke negerinya Doraemon dan Nobita tersebut bisa membuka jasa penitipan.

Kamu tidak perlu modal baku untuk membuka jastip, sehingga bisa, sehingga bisa disesuaikan dengan kemampuan keuangan kamu. Kamu juga bisa berlakukan setiap pembelian ditanggung oleh konsumen yang menitip. Jasa ini biasanya menggunakan sistem pre-order.

Panduan dan Tips Buka Jastip ke Jepang

Buat kamu yang mau buka jastip ke Jepang, Topremit ada tips yang bisa kamu perhatikan. Jangan sampai ketika kamu melayani titipan konsumen, ternyata tanpa disadari kamu sudah melanggar aturan di sana.

Taat Aturan

Hal pertama yang sudah pasti wajib kamu ikuti adalah menaati peraturan di sana. Kamu harus memahami dasar hukum terkait barang bawaan penumpang ke luar Jepang. Kamu sebaiknya memahami perlakuan barang jastip dari Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, yaitu terhadap barang yang dibawa oleh jastip harus dikategorikan sebagai barang dagangan (bukan barang pribadi). Barang impor tersebut diselesaikan dengan menggunakan dokumen Pemberitahuan Impor Barang Khusus (PIBK)–BC 2.1.

Batas Aman Bea Cukai

Tidak seperti di dalam negeri yang bebas membawa oleh-oleh dari kota mana pun, ketika kamu belanja barang atau produk di luar negeri, terdapat batasan barang pribadi yang dikenakan pajak bea cukai. Jumlah barang yang bebas dari bea cukai adalah senilai US$500. Kalau barang yang kamu bawa melebihi nilai tersebut maka kamu akan dikenakan pajak bea masuk.

Promosi di Medsos

Kalau kamu ingin jastipmu banyak menghasilkan tambahan uang, maka sebaiknya promosikan secara masif. Salah satu tempat promosi yang efektif saat ini adalah media sosial. Kamu bisa mencoba mempromosikannya di Instagram, Twitter, hingga Facebook secara kreatif.

Sistem Jastip

Untuk menghindari pembatalan dari konsumen, kamu bisa gunakan sistem PO atau pre-order. Dengan begitu, kamu jadi tidak rugi apabila sudah belanja, tapi barang yang dibawa tidak cocok dengan minat konsumen. Kamu pun bisa memberi tenggat waktu pembatalan, misalnya sehari sebelum, atau beberapa jam sebelum membeli.

Tentukan Barang yang Akan Di jastip

Kalau kamu tidak ingin mondar-mandir mencari barang yang dipesan konsumen, sebaiknya sedari awal sudah ditentukan apa barang yang ingin dibeli. Dengan begitu kamu bisa mencari informasi toko yang menjualnya di sekitar tempat liburan kamu.

Bangun Kepercayaan dengan Konsumen

Setiap konsumen tentu punya keinginan yang bermacam-macam. Tugas kamu adalah melayaninya dengan baik. Pastikan juga barang yang diinginkan mereka sudah sesuai dan asli. Kalau kamu ragu dengan ketersediaan barangnya, sebaiknya bicarakan dengan konsumen agar mereka tidak terlalu kecewa ketika kamu tidak mendapatkannya.

Tentukan Komisi Sewajarnya

Untuk fee jasa, kamu bisa memasang tarif sesuai keinginan. Namun sebagai contoh, di salah satu jastip mereka mematok harga ¥1,000 jika total harga produk kurang dari ¥10,000 atau 10% jika harga produk di atas ¥10,000. Kamu pun bisa memasang harga lebih murah untuk menarik minat konsumen.

Produk Terbaik yang Dijastip

Kalau kamu tertarik membuka jastip, ada beberapa produk yang bisa kamu tawarkan ke konsumen. Beberapa produk di negara asalnya malahan lebih murah jika dibandingkan dengan di Indonesia. Apa saja? Berikut ini rekomendasinya.

UNIQLO

Kamu mungkin sudah familiar dengan brand fashion satu ini. Di Indonesia UNIQLO, banyak membuka tokonya di mal. Begitu pun di negara asalnya, Yaitu Jepang. Selain punya harga yang lebih murah, produk-produk UNIQLO di Jepang juga beragam. Apalagi kalau kamu berbelanja di hari-hari tertentu yang sedang mengadakan diskon, pasti jauh lebih murah.

Onitsuka Tiger

Toko yang terkenal dengan produk Onitsuka Tiger ada di Shibuya dan Sneaker Shop Kit di Tokyo. Koleksi sepatu Onitsuka Tiger di sana cukup lengkap sehingga kamu bisa punya banyak pilihan. Di Jepang sepatu ini bisa lebih murah hingga 50%, terutama jika sedang ada diskon.

Anello

Kamu bisa mendapatkan tas serbaguna ini di kawasan Shinjuku atau yang lebih lengkap di Shibuya dan Shinsaibashi-Suji. Jika dibandingkan di Indonesia, kamu bisa mendapatkan tas ini dengan selisih 100 ribu hingga 200 ribu. Kalau mau lebih murah, datanglah ketika sedang ada diskon toko.

SEIKO

Kamu juga bisa mendapatkan jam tangan asal Jepang dengan harga lebih murah. Brand SEIKO adalah salah satunya. Beberapa kolektor mungkin akan mencari produk keluaran terbaru yang jarang di pasaran. Dengan pergi langsung ke negara asalnya kamu berpeluang lebih besar bisa mendapatkannya. Kamu pun bisa menemukan jam edisi terbatas dan tidak di jual di negara lain.

G-Shock

Satu lagi merk jam tangan asal Jepang yang populer di Indonesia. Namun beberapa produk mungkin bukan asli dibuat di Negeri Sakura, melainkan China dan Thailand. Produk yang dibuat di Jepang terkenal lebih tangguh dan awet sehingga bernilai lebih tinggi. Meski begitu di negara asalnya kamu malah bisa mendapat dengan harga lebih rendah. Kamu bisa menemukan jam tangan ini di pusat penjualan elektronik di Akihabara.

Nah, sudah tahu kan bagaimana caranya membuka jasa titip atau jastip ke Jepang. Kamu juga sudah tahu barang apa saja yang direkomendasikan buat di jastip. Kalau kamu sedang atau akan membuka jastip pasti perlu transfer uang untuk belanja barang atau produk yang dipesan. Tapi bagaimana kalau kamu di luar negeri dan konsumen berada di Indonesia?

Tenang saja, kamu bisa sarankan menggunakan Topremit yang sudah terdaftar di Bank Indonesia sebagai jasa remitansi terpercaya selama 10 tahun. Topremit juga menjangkau 60 negara di dunia, termasuk Jepang, dengan pengiriman cepat mulai dari 5 menit! Dengan pengalaman jasa kirim uang ke luar negeri selama 10 tahun, Topremit dijamin aman!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.