Yakin Udah Tau? Ini Perbedaan Kartu Debit dan Kredit

Dunia Perbankan Dec 13, 2023

Penggemar transaksi non-tunai pasti tidak asing lagi dengan kartu debit dan kredit kan? Dua alat pembayaran ini masih eksis dan banyak digunakan masyarakat di tengah maraknya perkembangan e-wallet. Tapi apa kamu udah tau perbedaan antara kartu debit dan kredit, penggunaan, serta jenisnya? Yuk simak informasinya berikut!

Definisi Kartu Debit dan Kredit

Kartu Debit

Kartu debit adalah kartu yang diterbitkan oleh bank sebagai fasilitas bagi nasabah yang sumber dananya berasal dari tabungan, simpanan, atau pendapatan. Kartu debit juga dapat digunakan untuk tarik tunai di mesin ATM dan membayar belanjaan di toko yang memiliki mesin EDC (Electronic Data Capture).

Kartu Kredit

Kartu kredit adalah kartu yang dikeluarkan oleh bank dan dapat digunakan sebagai alat pembayaran non-tunai oleh para pemegang kartu. Kartu kredit juga menawarkan banyak promo lho, sebut saja diskon, cashback, hingga bunga cicilan 0%.

Perbedaan Kartu Debit dan Kredit

Terdapat beberapa perbedaan lain antara kartu kredit dan debit, yaitu:

Sumber Dana

Perbedaan utama kartu debit dan kredit adalah sumber dana yang digunakan. Sumber dana untuk pembayaran dari kartu debit adalah dana milik nasabah di rekening pribadi mereka sedangkan sumber dana kartu kredit dibayarkan oleh bank di awal dan nasabah wajib melunasinya ketika tanggal jatuh tempo tiba.

Bentuk Fisik

Meskipun tidak memiliki perbedaan yang mencolok, namun tampilan kartu kredit biasanya terlihat lebih mewah dibanding kartu debit, apalagi yang berada pada level Gold atau Platinum. Pada kartu kredit, nama pemegang kartu, batas masa berlaku, dan 16 digit angka kartu kredit dicetak timbul (embossed).

Sedangkan untuk kartu debit, nama pemegang kartu atau pemilik rekening tidak selalu ada karena dianggap kurang relevan ketika melakukan transaksi. Selain itu, 16 digit angka kartu debit dan tanggal kadaluarsa tidak dicetak timbul.

Limit Penggunaan

Kartu debit tidak memiliki limit tertentu karena bergantung pada saldo yang ada di rekening kamu. Jadi selama saldo masih mencukupi, kartu dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan. Namun untuk penarikan uang tunai di ATM, kartu debit memiliki limit tertentu tergantung pada jenisnya.

Untuk kartu kredit sendiri, limit penggunaan terbatas dan bergantung pada jenis kartu kredit yang kamu punya serta kebijakan bank masing-masing. Berdasarkan limitnya, kartu kredit dibagi menjadi:

Kartu Kredit Silver

Limit kartu kredit Silver adalah yang paling rendah, yaitu Rp4-7 juta per bulan. Kartu kredit jenis ini cocok untuk kamu yang punya penghasilan minimal Rp3 juta per bulan.

Kartu Kredit Gold

Kartu kredit Gold memiliki limit Rp10-40 juta per bulan dan bisa diajukan oleh nasabah dengan penghasilan Rp5-10 juta per bulan.

Kartu Kredit Platinum

Kartu kredit Platinum cocok digunakan oleh kamu yang memiliki penghasilan Rp180 juta per bulan. Dengan ketentuan tersebut limit yang ditawarkan yaitu mulai dari Rp40 juta hingga Rp1 miliar per bulan, lho.

Kartu Kredit Titanium

Jenis kartu kredit satu ini berbeda dengan lainnya karena bersifat eksklusif, hanya ditawarkan oleh bank kepada nasabah-nasabah tertentu saja. Inilah kenapa persyaratan untuk mendapat Kartu Kredit Titanium tidak diketahui secara pasti. Namun bisa diperkirakan bahwa salah satu kriterianya adalah nasabah yang memiliki penghasilan sangat tinggi.

Kepemilikan Kartu

Dari segi kepemilikan, kartu debit dan kredit juga punya perbedaan nih. Kartu debit dikeluarkan oleh bank untuk para pemegang rekening bank atau giro. Artinya jika kamu ingin punya lebih dari satu kartu debit, kamu harus membuka rekening lain ya.

Untuk kartu kredit sendiri juga diterbitkan oleh bank namun para pemegang kartunya tidak diwajibkan untuk mempunyai rekening bank atau giro. Inilah sebabnya banyak orang yang punya kartu kredit lebih dari satu tanpa harus memiliki rekening yang tercatat di bank tertentu.

Biaya Tambahan dan Bunga

Biasanya transaksi pembayaran dengan kartu debit tidak dikenakan biaya tambahan, kamu cukup membayar barang yang dibeli atau layanan yang digunakan. Tapi ada kemungkinan akan ada biaya bulanan yang ditetapkan oleh masing-masing bank.

Beda halnya dengan kartu kredit karena kebanyakan cenderung memiliki biaya tahunan. Selanjutnya, jika kamu membayar tagihan melewati tanggal jatuh tempo, maka akan ada bunga pada saldo tertunggak yang juga harus dibayarkan. Selain itu, terdapat biaya tambahan lain ketika kamu menggunakan kartu kredit sebagai alat transfer dan tarik tunai.

Keamanan

Keamanan kartu debit menggunakan PIN, jadi ketika bertransaksi dengan kartu debit kamu perlu memasukkan PIN untuk keperluan autentikasi. Sedangkan autentikasi pembayaran dengan kartu kredit menggunakan nomor CVV, yaitu tiga atau empat digit terakhir angka yang berada di bagian belakang kartu.

Kartu Debit dan Kredit untuk Transaksi di Luar Negeri

Saat ini, banyak orang yang menggunakan kartu debit dan kredit untuk bertransaksi di luar negeri, misalnya untuk membayar hotel, belanjaan, maupun tiket transportasi. Namun perlu diingat bahwa kartu yang harus dipilih adalah kartu dengan logo VISA, PLUS, Mastercard, dan Cirrus.

Selain itu, terdapat beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum menggunakan kartu debit dan kredit di luar negeri, seperti kurs, biaya transaksi luar negeri, dan limit transaksi. Kamu juga perlu berkonsultasi dengan bank dan melaporkan rencana perjalananmu untuk mencegah adanya penolakan transaksi saat kartu digunakan.

Alternatif Pembayaran di Luar Negeri

Jika sedang mencari cara lebih simpel untuk bayar belanjaan atau hotel di luar negeri, Topremit hadir untukmu, nih. Kamu bisa kirim uang langsung ke lebih dari 70 negara di dunia hanya lewat satu aplikasi di smartphone, lho.

Biaya transfernya juga gak pakai mahal karena bersifat flat artinya berapapun jumlah uang yang dikirim, biaya transfer yang dikenakan akan tetap sama tergantung negara tujuan. Udah gitu prosesnya cuma dalam hitungan menit dan tanpa biaya tersembunyi, jadi uang akan diterima dalam full amount karena semua detail transaksi dapat kamu lihat secara transparan. Nah, kalau mau transaksi di luar negeri, pakai Topremit aja!

Itulah hal-hal mengenai kartu debit dan kredit yang harus kamu tau. Semoga informasinya bermanfaat.

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.