Wajib Tahu! Ini Definisi, Fungsi, dan Cara Kerja SWIFT

SWIFT Aug 30, 2023

Jika kamu adalah orang yang familiar dengan dunia transaksi keuangan, khususnya ke luar negeri, mungkin saja kamu sudah pernah mendengar atau menemukan istilah SWIFT. Saat ini SWIFT banyak sekali digunakan untuk mendukung perdagangan global dan transaksi internasional yang melibatkan berbagai negara. Lalu apakah kamu sudah mengetahui definisi, fungsi, maupun cara kerjanya? Nah, berikut informasinya.

Definisi SWIFT

SWIFT atau Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunications sebenarnya adalah organisasi yang dibentuk pada tahun 1973 di Brussel, Belgia, dan bertugas menetapkan beberapa proses serta standar umum transaksi keuangan. Organisasi inilah yang memiliki jaringan SWIFT.

Jaringan SWIFT merupakan jaringan yang dibutuhkan oleh lembaga keuangan untuk berkirim pesan maupun bertukar informasi keuangan secara global. Jaringan SWIFT ini dibutuhkan karena bank juga membutuhkan cara yang universal dan konsisten untuk menerima serta mengirim uang dalam bentuk Dolar Amerika (USD) dari negara satu ke negara yang lain.

Hingga 2021, diketahui bahwa anggota global SWIFT berjumlah lebih dari 11.000 lembaga keuangan (bank, perusahaan sekuritas, perusahaan manajemen aset, hingga bursa saham dunia) yang berasal dari 200 negara di dunia.

Sebelum jaringan SWIFT terbentuk, transaksi keuangan antar negara menggunakan Telex. Meski Telex cukup membantu, namun ada beberapa kekurangan dan permasalahan terkait Telex yaitu waktu eksekusi dan tingkat keamanan transaksi. SWIFT bisa menjadi solusi atas permasalahan Telex sehingga wajar jika saat ini, melalui SWIFT, triliunan dolar dikirim setiap harinya.

Cara Kerja SWIFT

Jika transaksi dilakukan melalui SWIFT, uang yang dikirim akan berpindah dari negara satu ke negara lain dengan melibatkan bank perantara atau yang disebut sebagai koresponden. Hal inilah yang menyebabkan transaksi dengan SWIFT dikenakan biaya koresponden. Perlu kamu ketahui bahwa jaringan SWIFT bukan bertugas mengirimkan dana melainkan mengirim perintah pembayaran antar rekening dengan menggunakan kode SWIFT.

Kode SWIFT

Lantas, apa lagi yang disebut sebagai kode SWIFT? Kode SWIFT adalah kode standar yang ditetapkan oleh SWIFT dan digunakan sebagai identitas bank atau lembaga keuangan yang menjadi tujuan pengiriman uang dalam skala internasional. Adanya kode SWIFT memungkinkan pendeteksian tujuan pengiriman uang dengan cepat dan mengirim pembayaran ke tujuan tersebut dengan aman.

Kode SWIFT juga dikenal sebagai Bank Identification Code (BIC), ID SWIFT, atau ISO 9362. Biasanya kode ini berjumlah 8-11 karakter yang terdiri atas kode institusi, kode negara, kode kota, dan kode cabang bank maupun lembaga keuangan tujuan kamu.

Kirim Uang ke Luar Negeri dengan SWIFT

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, SWIFT memang digunakan untuk pengiriman uang ke berbagai negara di dunia. Namun transaksi dengan SWIFT kadang menemui beberapa hal yang kurang menguntungkan, misalnya biaya terlalu mahal karena bergantung pada jumlah transaksi, pengiriman cukup memakan waktu, kurs tidak pasti, dan rendahnya batasan jumlah transaksi. Tapi buat kamu yang mau kirim uang ke luar negeri dengan SWIFT kini tak perlu khawatir lagi karena Topremit bisa mengatasi masalah-masalah tersebut.

Layanan SWIFT Topremit bisa digunakan kapanpun dan di manapun dari smartphone kamu untuk kirim uang ke 70+ negara di dunia dengan biaya flat sebesar IDR 405K. Berapapun jumlah yang kamu kirim, biaya transfernya akan tetap sama jadi kamu tidak perlu memperhitungkan berbagai biaya tambahan lain. Uang yang kamu kirim bisa diterima di hari yang sama jika pembayaran transaksi diselesaikan sebelum pukul 12.00 WIB (GMT+7) sehingga kamu akan terhindar dari menunggu waktu pengiriman yang lama. Selain itu, di Topremit kamu juga bisa mengetahui secara pasti kurs yang berlaku, lho!

Makanya, yuk download Topremit sekarang untuk merasakan mudah, murah, dan cepatnya kirim uang ke luar negeri melalui SWIFT. Untuk detailnya, bisa kamu lihat di sini, ya!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.