Melakukan Pembayaran di Alibaba? Ini dia 4 Caranya!

alibaba Jul 14, 2023

Alibaba merupakan salah satu platform perdagangan elektronik terbesar di dunia. Kepopulerannya didukung oleh kemudahan berbelanja online berbagai produk menarik dari China. Namun, berbeda dari platform jual-beli online pada umumnya, Alibaba sendiri berfokus pada sektor B2B sehingga kamu tidak akan bisa membeli produk secara satuan atau retail. Layanan Alibaba diperuntukkan untuk perusahaan atau bisnis supplier yang memerlukan barang dengan jumlah besar.

Alibaba sendiri sebenarnya merupakan induk perusahaan dari berbagai macam e-commerce yang telah menjangkau lebih dari 200 negara. E-commerce yang berada di bawah Alibaba antara lain taobao.com, tmall.com, juhuasuan.com, aliexpress.com, 1688.com dan masih banyak lagi.

Produk Apa Saja Yang Ada di Alibaba?

Di Alibaba, kamu bisa menemukan berbagai macam jenis produk untuk berbagai macam keperluan, mulai dari barang siap guna seperti pakaian, kosmetik, sampai makanan dan minuman. Kamu juga bisa menemukan produk bahan baik industri seperti mesin produksi, bahan bangunan, bahan kimia, dll.

Tapi jangan sampai kamu terbuai dengan produk-produk tersebut sebelum memahami cara melakukan pembayaran di Alibaba agar transaksi kamu bisa berjalan lancar. Tidak perlu khawatir karena kamu bisa melakukan pembayaran di Alibaba dengan menggunakan uang rupiah.

4 Cara Pembayaran di Alibaba:

Terdapat berbagai cara yang bisa kamu manfaatkan untuk melakukan pembayaran di Alibaba. Simak penjelasan masing-masing cara untuk melakukan pembayaran yang bisa digunakan:

1. Menggunakan kartu kredit/debit

Cara pertama yang paling umum digunakan adalah menggunakan kartu kredit/debit. Alibaba mendukung pembayaran dengan kartu kredit/debit seperti Visa, Mastercard, dan American Express. Kamu dapat memasukkan detail kartu kredit/debitmu saat proses checkout dan pembayaran akan diproses secara online. Namun, perlu diperhatikan bahwa penggunaan kartu kredit/debit akan dikenai biaya administrasi serta biaya konversi mata uang. Fee pembayaran saat menggunakan kartu kredit/debit untuk pembelian produk dari Alibaba saat ini sebesar 2.99% dari total transaksi.

2. Menggunakan Apple Pay

Cara kedua adalah menggunakan Apple Pay. Alibaba merupakan salah satu platform perdagangan elektronik yang mendukung pembayaran melalui Apple Pay. Kamu dapat dengan mudah menghubungkan kartu kredit/debit ke akun Apple Paymu dan memilih metode pembayaran ini saat melakukan checkout. Pembayaran dengan Apple Pay sangat praktis dan dapat dilakukan langsung dari perangkat seluler. Seperti penggunaan kartu kredit/debit, pembayaran melalui Apple Pay juga akan dikenakan biaya pemrosesan sebesar 2.99% dari total pembayaran. Namun sayangnya pembayaran dengan metode ini belum tersedia di Indonesia untuk saat ini.

3. Menggunakan wire transfer via SWIFT

Cara ketiga adalah menggunakan wire transfer melalui layanan SWIFT yang disediakan oleh Topremit. Dengan metode ini, kamu dapat mengirim uang secara langsung ke rekening bank Alibaba melalui layanan transfer internasional, jadi mau itu untuk pembayaran ke JP Morgan Hong Kong, Citibank Hong Kong, JP Morgan Singapura, Citibank Singapura ataupun bank tujuan lainnya untuk pembayaran di Alibaba semua bisa pakai layanan SWIFT ya!

Berikut beberapa informasi akun penerima yang kamu perlukan agar bisa melakukan pembayaran menggunakan metode ini:

  • Nama lengkap penerima
  • Alamat penerima
  • Nomor rekening penerima
  • Kode SWIFT
  • Negara tujuan

Biaya transfer yang akan dikenakan saat kamu menggunakan layanan ini terbilang murah, hanya IDR 75,000 doang namun tentunya nanti akan dikenakan biaya bank koresponden sebesar IDR 330,000 dimana biaya koresponden ini wajib dibayarkan ketika melakukan transfer via SWIFT lewat layanan apapun.

4. Langsung transfer ke rekening supplier pakai layanan Bank Transfer

Mau metode pembayaran yang biayanya flat dan lebih ekonomis? Nah, ada rahasia khusus buat kamu nih! Jika kamu sudah mengenal supplier dengan baik dan dapat melakukan pembayaran di luar dari sistem Alibaba, langsung aja buat kesepakatan untuk transfer pembayaran ke rekening bank supplier tanpa membutuhkan perantara. Dengan begini, kamu tetap bisa mendapatkan barang berkualitas namun dengan biaya transfer yang jauh lebih murah, ini caranya:

  1. Tentukan barang atau produk yang diinginkan, lalu kontak supplier dengan mengirimkan pesan pada kolom di bawah produk. Jangan lupa untuk tanyakan pada supplier mengenai informasi penting berkaitan dengan transaksi, misalnya harga dan jasa pengiriman yang digunakan. Tentunya, komunikasi pesannya memakai bahasa Inggris atau Mandarin.
  2. Disarankan juga untuk mencantumkan nomor kontak seperti WhatsApp agar supplier bisa langsung menghubungi kamu di luar sistem Alibaba.
  3. Setelah mencapai deal transaksi, buat kesepakatan dengan penjual untuk melakukan pembayaran langsung ke rekening supplier di luar dari sistem Alibaba sebab fee yang dikenakan ketika pembayaran dilakukan lewat platform tersebut dapat terbilang lumayan mahal. Kamu hanya perlu meminta detail supplier agar nantinya pembayaran dapat kamu lakukan lewat Topremit.
  4. Dengan ini, kedepannya layanan Alibaba masih dapat kamu gunakan sebagai sarana untuk melakukan proses browsing produk serta membangun hubungan baik dengan supplier. Namun, proses pembayaran kamu akan terjamin jadi jauh lebih murah, mudah, dan cepat karena menggunakan layanan Topremit.

Mudah banget kan? Nah, cobain langsung dengan dua layanan alternatif dari Topremit yang dapat digunakan untuk menyelesaikan pembayaran transaksi Alibaba kamu. Layanan pertama memungkinkan uang diterima dalam USD dan layanan kedua memungkinkan uang diterima dalam Yuan:

a. China Bank Transfer USD

Layanan ini khusus buat kamu yang perlu melakukan pembayaran ke supplier dalam mata uang USD, karena tidak semua merchant menerima pembayaran dalam mata uang lokal. Tapi jangan lupa untuk memastikan bahwa rekening bank penerima dapat menerima uang dalam USD sebelum melakukan transfer. Metode ini tentunya jauh lebih murah daripada SWIFT karena hanya dikenakan biaya transfer sebesar IDR 285.000 lho!

b. China Bank Transfer Yuan

Bagaimana jika supplier membutuhkan pembayaran dalam mata uang lokal? Jangan khawatir, berikut adalah opsi yang dapat kamu gunakan untuk menyelesaikan pembayaran Alibabamu dalam Yuan menggunakan Topremit: "Bank Transfer Normal Speed"! Dengan metode ini, kamu dapat menikmati biaya transfer paling murah hanya sebesar IDR 100K! Terjangkau banget kan? Tentu saja, ini jauh lebih baik daripada menggunakan metode lain dan harus membayar biaya transfer progresif!

Itulah beberapa cara kamu dapat menyelesaikan pembayaran untuk transaksi lewat platform Alibaba. Tapi Topremit tidak hanya membantu kamu untuk kirim uang ke China lho, sebab pakai Topremit kamu bisa kirim uang hingga ke lebih dari 70 negara di dunia. Sehingga jika nanti kamu ingin membeli barang dari negara-negara lain seperti Jepang, Amerika Serikat atau pun dari beberapa negara Eropa. Topremit bisa jadi solusi terbaik buat kamu!

Dapatkan Voucher Diskon 50% Khusus Untuk Pembayaran Alibaba

Yuk jangan lewatin kesempatan istimewa ini! Download aplikasi Topremit sekarang dan pastikan kamu mendaftar dengan menggunakan kode referral "ALIBABA2024" saat melakukan pendaftaran. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan voucher diskon biaya transfer sebesar 50% untuk pembayaran ke Alibaba menggunakan Topremit. Jadi lebih cuan banget kan!

Nah, kalau kamu kebetulan belum ada keperluan untuk melakukan pembayaran ke Alibaba sekarang, kamu tetap bisa daftar dulu lho buat dapetin vouchernya. Jadi bisa langsung digunakan ketika nanti kamu membutuhkannya. Promo ini berlaku hingga tanggal 31 Desember 2024. Jadi, jangan sampai kelewatan!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.