Hati-Hati! Jangan Sepelekan 5 Tips Belanja Online Ini

Belanja Online Mar 27, 2024

Belanja online bukanlah sesuatu yang asing bagi masyarakat yang hidup di era digital. Barang-barang yang dibeli juga beragam, seperti produk fashion, kecantikan, kebutuhan rumah tangga, hingga barang-barang modal untuk bisnis. Tapi kemudahan yang ditawarkan platform belanja online dapat memberikan dampak positif sekaligus negatif, misalnya sangat praktis namun rentan terjadi scam.

Nah berikut 5 tips belanja online yang tidak boleh kamu sepelekan agar terhindar dari berbagai peluang scam yang muncul terjadi.

Bedakan Keinginan dan Kebutuhan

Pengguna platform belanja online bisa mendapatkan barang-barang secara online dengan mudah namun ini juga bisa memicu pengguna menjadi cenderung tidak dapat membedakan kebutuhan serta keinginan mereka.

Kebutuhan harus didahulukan dibanding keinginan karena jika kebutuhan tidak dapat dipenuhi maka akan menyebabkan terganggunya aktivitas kamu. Sedangkan keinginan sendiri dapat ditunda atau tidak dipenuhi jika dana tidak tersedia. Dengan mengetahui hal-hal yang termasuk kebutuhan atau keinginan, kamu dapat membuat skala prioritas barang yang harus dibeli dan tidak dibeli secara lebih mudah.

Riset Produk Adalah Hal Wajib!

Sebelum menentukan produk yang akan dibeli, kamu harus mengetahui terlebih dahulu fitur, harga, dan detail produk. Biasakan diri kamu untuk selalu membaca deskripsi produk yang tersedia untuk memastikan manfaat yang diberikan sesuai dengan harga yang dibayarkan.

Selain mengenai produk, kamu juga harus memperhatikan toko yang menjual barang tersebut. Pastikan toko yang kamu pilih memang kredibel dan bukan scam dengan cara melihat rating toko yang biasanya tersedia di platform e-commerce.

Jangan Skip Ulasan Pembeli

Ulasan pembeli merupakan salah satu hal penting yang harus dipertimbangkan karena kamu dapat melihat bagaimana bentuk asli produk yang akan dibeli serta pendapat orang-orang yang telah membeli sebelumnya. Namun perlu diketahui  bahwa ada beberapa toko yang melakukan scam dengan membuat ulasan palsu, jadi kamu juga harus jeli ya. Pastikan pembeli yang memberikan ulasan tidak mencurigakan, misalnya membuat ulasan berulang atau menggunakan bahasa yang terlalu kaku.

Cari Tahu Detail Pengiriman

Belanja online tentu berkaitan erat dengan pengiriman barang melalui ekspedisi. Saat ini, di Indonesia sendiri sudah tersedia berbagai macam ekspedisi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan biaya pengiriman yang kamu mau. Oiya, ada juga sistem pembayaran Cash On Delivery (COD) dimana kamu bisa melakukan pembayaran saat barang sudah kamu terima ya.

Jangan Asal Pilih Metode Pembayaran

Tips terakhir. Jangan asal memilih metode pembayaran ya, apa lagi jika kamu berbelanja online dari toko atau supplier yang berada di luar negeri. Metode pembayaran yang dipilih harus bisa menjamin transaksi kamu aman dan uang dapat sampai ke rekening tujuan dengan cepat.

Nah untuk transfer ke supplier luar negeri, kamu gak perlu bingung lagi cari alternatifnya karena ada Topremit. Dengan Topremit, kirim uang ke 70+ negara di dunia jadi lebih mudah karena dapat dilakukan secara online lewat aplikasi. Udah gitu uang yang dikirim bisa sampai ke rekening penerima hanya dalam 5 menit dengan biaya transfer flat, mulai dari IDR 45K aja lho!

Soal keamanan, gak perlu ragu karena Topremit menawarkan garansi uang kembali, plus udah dilisensi oleh Bank Indonesia lagi, jadi pastinya 100% aman ya. Penasaran sama Topremit? Cobain Topremit sekarang yuk!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.