Tips Traveling Sendiri untuk Pengalaman yang Aman dan Menyenangkan

Travelling Jun 20, 2023

Kadangkala, terdapat saat-saat ketika seseorang merasa jenuh dengan aktivitasnya dan membutuhkan waktu liburan seorang diri tanpa teman. Traveling sendiri bahkan sering dianggap sebagai salah satu kegiatan yang menyenangkan dan tidak merepotkan. Jika kamu ingin mencoba traveling sendiri namun masih merasa ragu, ada baiknya untuk mencoba beberapa tempat wisata di Indonesia terlebih dahulu. Berikut ini adalah beberapa tips traveling sendiri untuk pemula yang bisa banget kamu cobain ketika ingin me time sekaligus liburan.

Tips Traveling Jitu Saat Berpergian Sendiri

1. Membuat Rencana Perjalanan yang Jelas dan Teratur

Salah satu tips penting dalam traveling sendiri adalah membuat rencana perjalanan yang jelas sebelum berangkat. Kamu perlu mencatat semua barang yang akan dibawa ke tempat wisata yang akan dikunjungi, termasuk pakaian yang akan digunakan selama berada di sana. Hal ini akan sangat membantu ketika kamu berpergian sendirian. Jangan lupa mengkategorikan barang bawaan agar memudahkan dalam mencari mereka.

2. Belajar Cara Mengemas Barang dengan Ringan

Saat traveling sendiri, kamu pasti tidak ingin membawa terlalu banyak barang yang berat, terutama ketika berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Seringkali kita membawa barang yang sebenarnya tidak terlalu diperlukan. Oleh karena itu, penting untuk belajar cara mengemas barang dengan efisien sehingga kamu dapat menyesuaikan kebutuhan dengan baik dan barang-barangmu tetap teratur sehingga mudah untuk dikelola.

3. Jaga Kerahasiaan Informasi Pribadi selama Perjalanan

Hal yang perlu diingat dalam tips traveling sendiri adalah untuk tidak memberitahu orang asing bahwa kamu sedang berpergian sendirian. Hal ini dapat berpotensi menghadirkan bahaya karena tidak semua orang yang kamu temui dalam perjalanan adalah orang yang baik. Selalu berhati-hati terhadap orang yang baru kamu kenal saat solo traveling, karena kamu tidak mengetahui latar belakang mereka. Meskipun tidak semua orang jahat, tetapi tindakan ini akan membantu menjaga keamananmu dan membuat liburanmu menjadi pengalaman yang menyenangkan.

4. Pelajari Kalimat-kalimat Umum dalam Bahasa Lokal untuk Membantu Komunikasi

Disarankan untuk mempelajari beberapa kalimat penting dalam bahasa lokal yang mungkin akan sangat membantu selama perjalanan. Mengetahui beberapa ungkapan penting seperti "tolong," "di mana," dan "berapa," akan sangat membantu ketika berkomunikasi dengan penduduk setempat. Hal ini tidak hanya berlaku di luar negeri, tetapi juga saat mengunjungi kota-kota di Indonesia yang memiliki bahasa lokal yang berbeda. Mungkin kamu akan bertemu orang-orang yang tidak fasih berbahasa Indonesia dan hal ini akan mempersulit ketika ingin menanyakan sesuatu.

5. Persiapkan Buku Favorit atau Game di Handphone untuk Menghilangkan Kebosanan saat Perjalanan

Saat traveling sendiri, kamu tentunya tidak akan memiliki teman untuk diajak berbincang selama di perjalanan, yang bisa membuatmu merasa bosan. Jika perjalananmu cukup lama, disarankan untuk membawa buku, game, atau barang lain yang dapat menghilangkan kejenuhan selama berada di dalam kendaraan. Pastikan untuk memilih buku yang ringan agar tidak memberatkan barang bawaanmu, sehingga perjalananmu akan lebih nyaman dan aman.

6. Simpan Salinan Elektronik dan Fisik Dokumen Penting

Saat traveling sendirian, sangat penting untuk memiliki salinan elektronik dan fisik dokumen penting seperti KTP dan tanda pengenal lainnya. Unggah salinan elektronik dokumen-dokumen tersebut ke cloud atau tempat penyimpanan lain yang memungkinkan akses kapan pun diperlukan. Hal ini bertujuan untuk berjaga-jaga, sehingga jika terjadi kehilangan dompet atau kejadian tidak diinginkan lainnya, kamu masih memiliki salinan dokumen penting sebagai cadangan.

7. Selalu Bawa Powerbank untuk Menghindari Kehabisan Baterai di Perjalanan

Ketika sedang berkemas, jangan lupa untuk selalu membawa powerbank di dalam tasmu. Powerbank, meskipun berukuran kecil, dapat sangat berguna selama perjalanan. Jika handphone mati di tengah perjalanan, hal ini dapat membuat liburanmu menjadi kacau karena kamu tidak dapat menggunakan GPS dan mungkin melewatkan momen penting yang ingin direkam melalui handphone. Dengan adanya powerbank, kamu dapat mengisi daya baterai dengan mudah dan menghindari kehabisan daya.

8. Selalu Bawa Tripod untuk Mengambil Foto yang Keren

Seringkali, kesulitan dalam mengambil foto adalah salah satu masalah yang sering dihadapi oleh solo traveler. Oleh karena itu, disarankan untuk selalu membawa tripod agar dapat mengambil foto yang keren dengan mudah tanpa bantuan orang lain.

9. Beri Tahu Orang Terdekat tentang Rencana Perjalananmu saat Solo Traveling

Saat melakukan perjalanan sendirian, selalu ada risiko tertentu yang mungkin terjadi. Oleh karena itu, penting untuk memberi tahu orang terdekat seperti pasangan atau keluarga mengenai rencana perjalananmu. Hal ini dapat menjadi langkah antisipatif jika tiba-tiba terjadi hal yang tidak diinginkan, sehingga orang terdekatmu dapat membantu. Meskipun memberi kabar secara terus-menerus mungkin terasa merepotkan, kamu bisa menggunakan fitur berbagi lokasi saat ini agar keluargamu dapat memantau keberadaanmu.

10. Memperhatikan Aturan Berpakaian yang Berlaku di Tempat Wisata

Setiap daerah memiliki aturan dan adat yang berbeda dalam hal berpakaian. Jika tujuan wisatamu memiliki aturan pakaian khusus, pastikan untuk memperhatikan dengan baik agar tidak keliru dalam berpakaian.

11. Simpan Uang dan Barang Berharga di Tempat yang Berbeda

Disarankan untuk tidak lupa menyimpan barang berharga di tempat yang berbeda agar lebih aman jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Setidaknya, kamu memiliki cadangan uang atau barang berharga untuk pulang atau bertahan hidup jika terjadi situasi darurat di tempat wisata. Kamu dapat membawa tas kecil tambahan untuk menyimpan uang receh atau tempat yang jarang dibuka sehingga risiko kehilangan barang berharga menjadi lebih kecil.

12. Aktif di Sosial Media

Saat melakukan perjalanan sendirian, sebaiknya kamu tetap aktif di media sosial. Ini bukanlah untuk pamer, tetapi untuk memberikan petunjuk kepada keluarga jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Lakukan siaran langsung atau selalu perbarui status di jejaring sosial mengenai kegiatanmu selama melakukan solo traveling. Ini adalah hal yang penting dalam tips traveling sendiri yang memanfaatkan teknologi.

Dengan menerapkan tips-tips traveling sendiri di atas, kamu dapat menjalani perjalanan sendirian tanpa masalah. Selalu waspada dan menjaga diri serta barang bawaan dengan baik, karena di dalam perjalanan selalu ada berbagai risiko yang mengancam.

Nah jika kamu sedang berada di suatu negara selama traveling dan tiba-tiba membutuhkan tambahan dana dari keluarga di Indonesia. Topremit bisa banget bantuin kamu!

Dengan Topremit, kirim uang ke 60+ negara di seluruh dunia biayanya mulai dari IDR 45K doang dan uang dijamin sampai dalam hitungan menit. Gak cuma itu, biaya transfernya flat lho yang berarti berapapun yang kamu kirim, biayanya gak akan berubah alias tetap. Tunggu apalagi? Cobain sekarang yuk!

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.