5 Universitas Terbaik Taiwan 2023

Taiwan Sep 15, 2023

Taiwan adalah salah satu negara yang sangat ramah pada mahasiswa dari negara-negara lain. Di tahun 2020, pemerintah Taiwan menargetkan 150.000 mahasiswa internasional untuk dapat menimba ilmu di negara dengan julukan Naga Kecil Asia ini. Selain itu, beasiswa untuk jenjang sarjana dan pascasarjana juga banyak tersedia. Kualitas perguruan tinggi yang ada di Taiwan pun tidak perlu diragukan lagi karena reputasinya sudah diakui secara global. Berikut rekomendasi 5 universitas terbaik Taiwan tahun 2023 yang bisa kamu jadikan pilihan untuk melanjutkan studi.

National Taiwan University (NTU)

National Taiwan University (NTU)

National Taiwan University terletak di Da’an, Taipei, dan merupakan universitas paling bergengsi di Taiwan. Didirikan pada 1928, universitas ini terdiri atas 11 fakultas, 56 jurusan, 112 institusi pascasarjana, dan 4 pusat penelitian. Berdasarkan QS World University Rankings 2023, NTU berada di jajaran universitas terbaik di dunia pada peringkat 187. Alumni-alumni yang dihasilkan pun banyak menjadi tokoh-tokoh berpengaruh, misalnya Tsai Ing-Wen yang kini menjabat sebagai Presiden Taiwan dan Min Kao yang merupakan pendiri perusahaan GPS dunia, yaitu Garmin.

NTU menyediakan beragam fasilitas terbaik yang bisa digunakan mahasiswa, dosen berkualitas, hingga lingkungan hijau yang damai. Beberapa jurusan yang banyak diminati di sini di antaranya adalah manajemen, ilmu sosial, hukum kesehatan masyarakat, teknik elektro, serta bioresource dan pertanian.

National Cheng Kung University (NCKU)

National Cheng Kung University (NCKU)

Universitas negeri terbaik kedua di Taiwan pada 2018 ini berlokasi di Distrik Timur, Tainan Taiwan. NCKU memiliki 9 fakultas, 43 jurusan, dan 39 institusi. Dilansir dari  QS World University Rankings 2022, universitas ini berada di peringkat 252 dunia. Tak kalah dengan universitas papan atas lain, NKCU pun memiliki alumni-alumni berpengaruh yang kini menjabat sebagai menteri, profesor, dan ilmuwan.

NKCU merupakan salah satu universitas yang disegani karena lingkungan belajarnya yang terbuka untuk mahasiswa dari berbagai negara dan kualitas penelitian berskala internasional. Fakultas-fakultas yang tersedia di NKCU adalah Fakultas Seni, Sains, Teknik Elektro, Ilmu Komputer, Perencanaan dan Desain, Kedokteran, Biosains dan Bioteknologi, Ilmu Sosial, dan Manajemen.

National Chiao Tung University (NCTU)

National Chiao Tung University (NCTU)

NCTU adalah salah satu universitas terbaik di Hsinchu, Taiwan, yang menduduki peringkat 579 dunia versi Best Global Universities. Berdiri pada 1896 dengan nama Nanyang Public School, kini NCTU sudah memiliki 14 ribu orang mahasiswa yang tersebar di 9 fakultas dengan lebih dari 100 program gelar. Alumni-alumni terkenal dari universitas ini adalah Jack Kilby sang pendiri ACER Group dan Edward Yang, seorang sutradara film Taiwan.

NCTU mempelopori terlaksananya penelitian publik, oleh karena itu sekarang mereka memiliki tujuh pusat penelitian nasional yang berfokus pada Bio-Inspired Information and Communication Technology (BIO-ICT), Internet of Things (IoT), Green Energy, Biomedical Technologies, Artificial Intelligence (AI), Hospital Intelligent dan lain-lain. Juruan-jurusan terbaik di sini yaitu Kimia Aplikatif, Bisnis dan Manajemen, Ilmu Komputer, dan Teknik Elektro.

National Tsing Hua University (NTHU)

National Tsing Hua University (NTHU)

Berlokasi di Hsinchu, Taiwan, universitas peringkat 177 dunia versi QS World University Rankings 2023 ini unggul dalam berbagai bidang, misalnya sains dan teknologi, ilmu sosial, serta humaniora yang telah diakui secara internasional. Di NTHU salah satu fakultas yang terkenal adalah Fakultas Ilmu Nuklir yang fokusnya ada pada aplikasi tenaga nuklir secara bijak dan aman.

Selain Ilmu Nuklir, jurusan-jurusan populer lain yang dapat kamu jadikan pilihan adalah Teknik Kimia, Ilmu dan Teknik Material, Manajemen Bisnis, Administrasi Bisnis, serta Sistem dan Aplikasi informasi. Untuk kamu si pemburu beasiswa, jangan khawatir karena setiap tahunnya NTHU memberikan bantuan pendidikan dan penelitian kepada ribuan mahasiswanya.

National Taiwan Normal University (NTNU)

National Taiwan Normal University (NTNU)

NTNU adalah universitas yang berfokus pada bidang pendidikan, humaniora, sains, sosial, dan seni. Perguruan tinggi dengan peringkat 322 dunia versi QS World University Rankings 2023 ini terletak di Taipei dan terdiri atas tiga kampus, yaitu Kampus Da’an yang merupakan kampus utama tempat pusat administrasi, perpustakaan pusat, gedung pertunjukan musik dan sastra, gedung bahasa, dan pusat atletik, Kampus Gongguan sebagai pusat kampus ilmu sains, serta Kampus Linkou dan kampus perpustakaan universitas untuk jenjang pascasarjana dan doktor.

Di sini tersedia fasilitas-fasilitas mumpuni yang bisa dinikmati oleh civitas akademika, misalnya laboratorium ilmiah dan komputer, ruang seni dan teater, koleksi buku, dan pusat studi mandiri. Beberapa jurusan yang populer di NTNU adalah Psikologi Pendidikan dan Konseling, Teknik Mekatronika, Ilmu Komputer dan Teknik Informasi , Pengembangan Sumber Daya Manusia, dan Geografi.

Itulah rekomendasi 5 universitas terbaik di Taiwan untuk tempat melanjutkan studi kamu. Sebelum merantau ke Taiwan untuk pendidikan, pastikan untuk menyiapkan beberapa hal seperti dokumen-dokumen untuk urusan administrasi, kesehatan mental, hingga hal-hal yang berhubungan dengan finansial, misalnya biaya hidup dan biaya kuliah.

Nah bagi kamu yang mau bayar biaya kuliah ke universitas di Taiwan tanpa khawatir, kini tersedia opsi yang mudah, murah, dan cepat, yaitu layanan SWIFT dari Topremit. Dengan menggunakan layanan ini, bayar uang kuliahmu tanpa ribet karena transaksi cukup dilakukan secara online menggunakan smartphone. Selain itu, kursnya juga kompetitif, lho!

Takut lama nunggu? Jangan cemas, uang yang dikirim dengan layanan SWIFT Topremit akan sampai ke rekening bank penerima cuma dalam 1 hari kerja bank aja. Keren banget kan? Informasi lengkap layanan ini bisa kamu temukan dengan klik di sini, ya.

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.