Daftar Kampus/Universitas Terbaik yang Ada di Filipina

Jan 27, 2022

Filipina bisa menjadi salah satu negara tujuan pendidikan bagi yang ingin melanjutkan ke bangku perguruan tinggi. Sebagai negara yang masih terbilang dekat dengan Indonesia, Filipina menghadirkan pendidikan yang berkualitas. Banyak dari para lulusannya yang berkontribusi bagi negara dan dunia.

Lulusan dari universitas di Filipina telah berhasil kerja di organisasi internasional seperti PBB, lembaga perbankan internasional, pemerintah, dan lembaga lokal lainnya. Bahkan Baldomero Olivera (lahir 1941) adalah seorang ahli kimia dari Filipina yang dikenal karena penemuan banyak racun siput kerucut yang penting bagi ilmu saraf.

Untuk kamu yang tertarik kuliah di Filipina, ada beberapa universitas yang bergengsi dan dikenal sebagai pencetak lulusan terbaik. Apa saja kampusnya? Berikut ini daftar rekomendasinya.

Kampus Terbaik di Filipina

1. Universitas Filipina

Kampus dengan nama lengkap Universitas Diliman Filipina ini didirikan pada tahun 1908. Kampus ini terdiri dari 7 universitas konstituen, total 15 kampus di seluruh negeri, dan 1,531 fakultas. Beberapa programnya antara lain pra-sarjana, gelar sarjana, dan gelar master di beberapa bidang studi.

2. Universitas Ateneo de Manila

Universitas ini awalnya merupakan lembaga penelitian pada 1859. Adapun program studinya terdiri dari sarjana dan pascasarjana yang dikelompokkan di bawah fakultas akademik. Kampus ini pun termasuk dalam 200 universitas terbaik di dunia untuk jurusan bahasa dan sastra Inggris. Fakultas humanioranya juga masuk dalam daftar 350 teratas di dunia.

3. Universitas De La Salle

Kalau kamu tertarik pada kampus ini, ada beberapa program karir dan penelitian termasuk kedokteran, seni & humaniora, psikologi, biologi, kimia, biokimia, dan banyak lainnya. Peringkat kampus ini di dunia berada di urutan 701-750. Sementara dalam daftar Peringkat Universitas QS Asia posisinya di urutan ke 134.

4. Universitas Santo Tomas

Dikenal juga sebagai Universitas Kepausan dan Kerajaan Santo Tomas, universitas ini didirikan pada tahun 1611. Kamu bisa menimba ilmu di kampus ini untuk beberapa gelar seperti sarjana, master, dan doktor di beberapa bidang studi. Adapun program sarjana dan pascasarjana meliputi ilmu komputer, manajemen & administrasi, pendidikan, ilmu kesehatan, liberal dan seni rupa.

5. Universitas Silliman

Silliman adalah lembaga swasta nirlaba. Kampus ini punya kebijakan penerimaan yang selektif berdasarkan catatan dan nilai akademik masa lalu siswa. Adapun program pendidikan yang tersedia yakni 13 program sarjana, dan beberapa program pascasarjana dan kursus. Kampus ini juga salah satu sekolah terbaik untuk siswa internasional.

6. Universitas Mapúa

Universitas Mapúa memiliki fasilitas yang modern dan instruktur berkualitas. Selain menyediakan program sarjana dan magister gelar ganda seperti BS teknik Kimia, BS-MS teknik biologi, BS-MS kimia, dan banyak lagi, kampus ini juga memiliki program sertifikat yang terbuka untuk semua orang.

7. Universitas Filipina Los Baños

Untuk bisa diterima di universitas ini kamu harus memiliki nilai yang tinggi. Pasalnya tingkat penerimaan di Universitas Filipina Los Baños hanya 10% saja. Kampus ini menawarkan berbagai gelar seperti pra-sarjana, sarjana, magister, dan doktor di beberapa bidang studi. Untuk menggelar pendidikan yang berkualitas, lembaga ini juga bekerja sama dengan lebih dari 100 institusi asing.

8. Universitas San Carlos

Pada dasarnya, universitas ini adalah lembaga akademik yang punya misi memberdayakan siswa dan melatih mereka untuk mencapai realisasi diri mereka. Kamu dapat memilih dari 57 program sarjana dan 74 program pascasarjana yang relevan dan responsif terhadap tuntutan bisnis dan industri serta peka terhadap kebutuhan sosial.

9. Universitas Saint Louis, Kota Baguio

Kampus ini memiliki berbagai perguruan tinggi termasuk sekolah teknik dan arsitektur, pendidikan guru & seni liberal, hukum, kedokteran, ilmu pengetahuan alam, dan keperawatan. Lembaga pendidikan ini pun termasuk yang bersejarah karena didirikan pada tahun 1911 dan saat ini memiliki total siswa 29.999.

10. Universitas San Jose-Recoletos

University of San Jose-Recoletos atau disingkat USJ-R memiliki 12 departemen akademik dan perguruan tinggi, menampilkan dan memiliki 5 pusat keunggulan dan pengembangan. Program-program tersebut untuk gelar pendidikan tinggi seperti magister dan doktor di beberapa bidang studi. Sedangkan untuk sarjana, siswa dapat memilih jurusan dalam segala hal, mulai dari bisnis dan akuntansi hingga ilmu komputer.

Itulah beberapa kampus yang direkomendasikan sebagai tujuan kuliah di Filipina. Kamu bisa memilih salah satu dari beberapa universitas tersebut karena memiliki kualitas pendidikan yang sudah terkenal di negaranya dan di dunia.

Kamu pun tak perlu khawatir kekurangan uang ketika kuliah di luar negeri. Kamu bisa andalkan Topremit yang sudah berpengalaman mengirim uang ke luar negeri. Sarankan Topremit kepada kerabat atau keluarga karena Topremit bisa kirim uang ke lebih dari 60 negara. Transfer uang ke luar negeri cepat dan aman karena sudah mengantongi izin dari Bank Indonesia.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.